Pengertian Komet, Cirinya, Jenisnya, dan Contohnya Yang Pernah Terlihat

Inilah pengertian komet dan contohnya dilengkapi juga ciri-cirinya yang perlu kamu ketahui. Banyak sekali benda di tata surya, selain matahari sebagai pusatnya, lalu planet, asteoid, ada juga komet yang terlihat indah bercahaya dan seperti memiliki ekor. Sejak dahulu komet sering menjadi objek penelitian para astronom di dunia. Lalu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang komet secara umum, berikut ini pembahasannya.

A. Apa itu komet?

Pengertian Komet adalah benda angkasa yang terang, ditutupi oleh kabut tipis, dan bentuknya menyerupai ekor yang panjang. Komet bergerak mengelilingi matahari, Lintasannya elips dan sangat lonjong sekali tentunya berbeda dari lintasan planet di tata surya. Kata Komet sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Kometes”yang memiliki arti “Rambut Panjang”.

Komet terdiri dari kumpulan partikel debu dan gas yang membeku. Cahaya matahari sering di pantulkan oleh bagian dari komet, sehingga komet terlihat memiliki ekor, panjang ekornya bisa mencapai jutaan km, dan arah ekor komet slalu menjauhi matahari. Cahaya komet sebagian besar merupakan pantulan dari cahaya matahari. Karena komet terlihat seperti memiliki ekor, makan sering disebut dengan bintang berekor.

B. Bagian-Bagian komet

Berikut ini merupalan bagian dari komet, yang diantaranya:

bagian-bagian komet
gambar: pixabay.com

a. Inti

Inti komet sangat padat, diameternya bisa mencapai hingga berkilometer. Terbentuk dari bahan-bahan Es yang menyusun komet, lalu berupah menjadi gas.

b. Koma

Yaitu daerah yang berkabut pada komet, daerah pada sekeliling bagian inti.

c. Lapisan hidrogen

Yaitu lapisan yang membungkus bagian koma, bagian ini tidak akan terlihat oleh mata.  Diameter lapisan hidrogen ini bisa mencapai jutaan kilometer.

d. Ekor

Bagian gas pada komet yang bercahaya jika melewati matahari, dan terlihat sangat panjang sekali bisa mencapai jutaan kilometer.

Dapat disimpulkan bahwa inti dari suatu komet yaitu batu dan es yang padat. Ekor dari komet slalu menjauhi matahari, ekornya bisa terdiri dari dua macam partikel yaitu gas dan debu. Ekor debu akan terlihat seperti lengkungan, sedangkan ekor gas bisa terlihat lurus. Ekor komet terbentuk ketika mendekati matahari, yaitu saat sebagian bagian inti meleleh hingga menjadi gas lalu angin dari matahari akan meniup gas tersebut dan bergerak ke arah belakang komet, sehingga terlihat seperti ekor yang bercahaya. >>Baca Juga: Pengertian Matahari, Manfaat, Karakteristik, dan Bagiannya

C. Ciri-Ciri Komet

Berikut ini ciri-ciri komet yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

  • Komet bukanlah bintang, tapi komet merupakan benda angkasa yang terbentuk dari debu dan es, sebagain besar cahayanya berasal dari matahari.
  • Disebut juga sebagai gas pijar, dengan garis edar yang berbeda-beda.
  • Terlihat memiliki ekor saat mendekati matahari, sehingga sering di sebut bintang berekor.
  • Arah ekor komet selalu menjauhi matahari, dan ekornya sangat panjang bisa mencapai jutaan km.
  • Lintasan komet bentuknya elips dan sangat lonjong, lebih panjang sari pada lintasan planet.

D. Jenis-Jenis Komet

Hingga saat ini terdapat dua jenis komet, jika di lihat dari bentuk maupun panjang lintasannya, diantaranya:

a. Komet Berekor panjang

Merupakan komet yang memiliki lintasan sangat jauh, komet ini akan melalui daerah-daerah di angkasa yang dingin sekali sehingga menyerap gas-gas di daerah yang dilewatinya. Saat komet tersebut mendekati matahari, akan melepaskan gas-gas sehingga membentuk koma dan juga ekor yang sangat panjang sekali. Contoh komet yang memiliki ekor panjang yaitu komet halley yang dapat terlihat sekitar 76 tahunan sekali.

b. Komet berekor pendek

Merupakan komet yang lintasannya penedek, sehingga sedikit sekali menyerap gas-gas pada daerah yang telah di lewatinya di angkasa. Jadi saat mendekati matahari gas-gas yang dilepaskan sedikit sehingga terlihat memiliki ekor yang sangat pendek, dan ada juga yang terlihat hampir tidak memiliki ekor. Contoh komet yang berekor pendek seperti komet Encke yang melintas mendekati matahari sekitar 3,3 tahun sekali.

E. Beberapa Contoh Komet

a. Komet Halley

Merupakan komet yang muncul atau dapat terlihat oleh mata manusia di bumi sekitar 76 tahunan sekali. Komet ini sangat terkenal diantara komet lainnya, komet halley sangat terang dan memiliki ekor yang panjang sehingga dapat terlihat oleh mata manusia tanpa bantuan alat teleskop.

b. Komet Hyakutake

Merupakan komet yang mememiliki ekor sangat penjang di bandingkan komet lainnya, diberinama Hayakute karena komet ini ditemukan oleh astronom asal Jepang, yaitu Yuji Hyakute. Periode orbitnya mencapai 15.000 tahun, tapi karena pengaruh gaya gravitasi planet raksasa di tata sirya priode orbitnya mencapai 72.000 tahu. Jadi untuk melihat lagi komet hayakute diperlukan waktu sekitar 72.000 tahun.

c. Komet Encke

Merupakan komet yang memiliki periode sekitar 3,3 tahun, berekor pendek. Diberinama Komet Encke berdasarkan orang yang melakukan perhitungan terhadap lintasan orbitnya, yaitu Johann Franz Enncke sedangkan yang menemukannya Pierre Mechain.

d. Komet West

Komet ini terlihat pada tahun 1976, komet ini merupakan salah satu komet yang terang saat melintasi tata surya bagian dalam.

e. Komet McNaught

Merupakan komet yang ditemukan tanggal 7 agustus 2006 oleh astronom bernama H. McNaught, jadi komet ini di beri nama sesuai penemunya. Komet McNaught mendekati jarak terdekat dengan matahari (perihelion) tanggal 12 januari 2007, merupakan komet paling terang sejak 40 tahun terakhir dan dapat terlihat oleh mata tanpa bantuan alat teleskop.

f. Komet Hale – Bopp

Merupakan komet yang paling banyak di amati saat abad 20, komet ini termasuk komet yang paling terang dalam sejarah modern dan dapat terlihat oleh mata manusia selama 18 bulan.

Berikut contoh komet lainnya seperti: Ikeya Seki (tahun 1965), Kohoutek (tahun 1973), Shoemoker levy (tahun 1994), De Kock-Paraskevopoulos (tahun 1941), Mellish (tahun 1917), dsb. >>Baca Juga Tentang: Pengertian Asteroid dan Ciri-Cirinya serta Contohnya

F. Kesimpulan

Jadi pengertian komet yaitu benda angkasa yang terang, ditutupi oleh kabut tipis, dan bentuknya menyerupai ekor yang panjang. Komet bergerak mengelilingi matahari, lintasannya elips dan sangat lonjong sekali tentu berbeda dari lintasan planet di tata surya.

Bagian komet diantaranya Inti, koma, lapisan hidrogen, dan ekor. Ciridari komet yaitu memiliki ekor saat mendekati matahari, ekornya bergerak menjauh dari matahari, lintasannya berbentuk elips dan sangat lonjong, merupakan benda angkasa yang tersusun dari debu dan es.

Beberapa komet yang pernah terlihat misalnya seperti Komet: Halley muncul 76 tahunan sekali, Hyakutake ditmukan tahun 1996, Encke terlihat 3,3 tahun sekali, West terlihat tahun 1976, McNaught ditemukan tahun 2006, dsb.

Akhir kata,… demikian pembahasan tentang pengertian komet, semoga dapat di pahami dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.

Bagikan Ke: