Pengertian Karakter dan Pendidikan Karakter

Kali ini kita akan memberikan penjelasan tentang pengertian karakter dan pendidikan karakter serta nilai-nilainya, yang dimana penjelasannya dapat teman-teman baca di artikel ini.

Apa Pengertian Karakter?

Karakter adalah watak, sifat, akhlak ataupun kepribadian yang membedakan seorang individu dengan individu lainnya. Atau karakter dapat di katakan juga sebagai keadaan yang sebenarnya dari dalam diri seorang individu, yang membedakan antara dirinya dengan individu lain.

Apa Pengertian Pendidikan Karakter?

Yang dimaksud dengan pendidikan karakter adalah suatu sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter kepada seorang individu, yang meliputi: ilmu pengetahuan, kesadaran, kemauan dan tindakan untuk dapat melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Tuhan YME, dirinya sendiri, orang lain, lingkungannya maupun bangsa dan negaranya.

Beberapa Nilai-Nilai Karakter

Individu yang berkarakter baik merupakan orang yang selalu berusaha untuk melakukan berbagai hal yang terbaik terhadap Tuhan YME, dirinya sendiri, lingkungannya, orang lain, bangsa dan negaranya. Karakter yang baik berarti individu yang mengetahui tentang potensinya sendiri dan memiliki nilai-nilai sebagai berikut ini:

pengertian karakter
pixabay.com

1. Nilai Hubungannya Dengan Tuhan

Dalam hal ini yaitu nilai religius, merupakan tindakan seorang individu yang selalu diupayakan berdasarkan dari nilai-nilai ketuhanan atau ajaran agamanya.

Baca Juga: Pengertian Kepribadian

2. Nilai hubungannya dengan sesama

a). Menghargai hak dan kewajiban orang lain

Merupakan sikap yang selalu menghormati dan melaksanakan apa yang sudah menjadi hak orang lain dan dirinya sendiri.

b). Selalu patuh terhadap peraturan sosial

Merupakan sikap taat terhadap peraturan yang ada hubungannya dengan kepentingan umum atau masyarakat.

c). Sopan dan santun

Merupakan sikap menghormati, ramah dan berprilaku baik terhadap orang lain.

d). Menghargai karya dan prestasi orang lain.

Merupakan sikap yang mengakui dan menghormati apa yang sudah dicapai oleh orang lain.

e). Demokratis

Merupakan sikap dan perilaku seseorang yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi.

Baca Juga: Pengertian Konsep Diri

3. Nilai Hubungannya Dengan Diri Sendiri

a). Bersikap jujur

Merupakan perilaku untuk menjadikan diri sendiri sebagai orang yang selalu dapat di percaya dalam perkataan, tindakan, orang lain maupun terhadap dirinya sendiri.

b). Selalu bertanggung jawab

Merupakan sikap maupun prilaku untuk melaksanakan kewajiban maupun tugas seperti yang seharusnya dilakukan baik itu terhadap dirinya sendiri, lingkungan, negara dan lain-lain.

c). Selalu disiplin

Merupakan sikap dan prilaku patuh terhadap peraturan atau norma-norma yang berlaku, dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

d). Selalu bekerja keras

Merupakan sikap tidak mudah menyerah dan sungguh-sungguh baik itu dalam mencapai sesuatu, menyelesaikan permasalahan dan lain-lain.

f). Berpola hidup sehat

Merupakan sikap untuk selalu berupaya menerapkan pola hidup yang baik, supaya dapat menciptakan kehidupan yang sehat dan juga selalu berupaya untuk menghindari pola hidup buruk.

g). Percaya diri

Merupakan sikap yang dimiliki oleh seorang individu yang percaya atau yakin akan kemampuannya sendiri dalam mencapai sesuatu atau keinginannya.

h). Mandiri

Merupakan sikap yang tidak selalu bergantung kepada orang lain dalam menyelesaikan permasalahan yang menimpa dirinya.

i). Rasa Ingin tahu yang tinggi

Merupakan sikap rasa ingin tahu yang tinggi atau selalau berupaya untuk mengetahui lebih luas dari apa yang sudah dipelajari.

j). Cinta terhadap ilmu pengetahuan

Merupakan cara berfikir untuk menunjukan kepedulian yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan yaitu dengan cara mempelajari dan menambah ilmu pengetahuan.

i). Selalu berpikir logis, kritis, dan inovatif

Merupakan cara berfikir dalam melakukan sesuatu sesuai dengan kenyataan dan logika untuk menghasilkan hasil yang baru serta termutakir dari apa yang sudah dimiliki.

4. Nilai Hubungannya Dengan Lingkungan

a). Rasa peduli terhadap lingkungan

Merupakan sikap yang selalu mencegah kerusakan terhadap lingkungan, dan selalu berupaya untuk memperbaikinya jika terjadi kerusakan pada lingkungan serta selalu menjaga kelestarian alam.

b). Peduli sosial

Merupakan sikap yang selalu memberi bantuan atau menolong orang lain yang memang sedang membutuhkan bantuan.

c). Menghargai keberagaman atau perbedaan

Merupakan sikap yang menghormati dan menghargai keragaman budaya, agama, adat dan lain-lain.

d). Nilai kebangsaan

Merupakan sikap yang selalu mementingkan bangsa dan negaranya diatas kepentingan pribadi.

Sekian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian karakter dan pendidikan karakter, mohon maaf jika terdapat beberapa kesalahan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman – teman, khususnya dalam menambah wawasan.