Definisi atau Pengertian Fashion Secara Umum

Berikut ini definisi atau pengertian fashion hingga berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan fashion saat ini. Jika kita membicarakan hal yang satu ini, yang paling cepat merespon dan melirik tentunya kaum perempuan khususnya para remaja, karena biasanya yang paling dominan dalam engikuti trend yang ada saat ini adalah remaja atau anak muda. Karena gaya dalam perpakaian atau berbusana sedang trend saat ini (menurut kami sampai kapanpun pasti tetap trend hehehe), maka kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa itu fashion, inilah penjelasannya:

Jelaskan Pengertian Fashion!

Secara khusus dapat dikatakan Fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan.

Atau definisi Fashion yaitu gaya berbusana yang populer dalam suatu budaya atau sebagai mode. Ada juga yang berpendapat bahwa fashion merupakan gaya berbusana yang menentukan penampilan dari seorang individu. Kata Fashion sendiri berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai mode, model, cara, gaya ataupun kebiasaan.

pengertian fashion
pixabay.com

Saat ini fashion sangat erat hubungannya dengan gaya hidup. Gaya hidup seorang individu dapat di nilai dari cara dia berpakaian. Seiring berjalannya waktu gaya hidup-pun ikut menunjukan dan menentukan status sosial dan pekerjaan dari seorang individu. Fashion tidak haya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian saja, akan tetapi berhubungan juga dengan gaya aksesoris, kosmetik, gaya rambut, dan lain-lain yang dapat menunjang penampilan seseorang.

Fashion itu berkembang seiring berjalannya waktu, seperti contohnya jika fashion di tahun 2000 – an tentunya sangat berbeda dengan era yang sebelumnya. Di era tahun 2000 – an atau disebut juga dengan era Milenium para pencinta fashion dibebaskan untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan ke pribadiannya masing-masing. Seperti mencampurkan beberapa mode dari era yang sebelumnya dengan menggunakan sentuhan masa depan yang modern. Walaupun pada saat ini berbagai merek fashion terkenal mengeluarkan produk-produk yang sesuai dengan musimnya maupun perbedaan tema, tapi pada akhirnya keputusan untuk bergaya tergantung kepada para pemakainya.

Faktor yang Mempengaruhi Fashion

1. Media Internet

Saat ini di jaman digital Internet menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam perkembangan fashion. Di Internet banyak website yang membahas tips fashion, hingga tersebar marketplace untuk berjualan maupun belanja fashion misalnya Zalora, Tokopedia, Shopee, dll. Maka tak heran media internet menjadi media paling cepat untuk mempengaruhi masyarakat dalam trend fashion. Baca Juga: Marketplace adalah Tempat Aman Jualan dan Belanja Online

2. Media Massa

Media massa yang mempublikasikan fashion dengan up to date dapat mempengaruhi masyarakat untuk mengikuti trend, sehingga masyarakat bsemakin berminat mengikuti trend yang sedang berkembang. Baca Juga: Pengertian Media Massa dan Menurut Para Ahli

3. Dunia Musik dan Film

Media musik dapat menjadi perantara untuk menyebarkan trend fashion, misalnya dapat kita lihat banyak masyarakat terutama remaja yang terpengaruhi trend fashion boyband dan girlband dari korea selatan. Selanjutnya banyak masyarakat yang terbenharuh gaya fashion dari film anime, remaja banyak bercosplay menyerupai tokoh anime dalam event tertentu.

4. Dunia Bisnis

Faktor yang mempengaruhi fashion selanjutnya yaitu dunia bisnis. Banyak designer fashion yang berlomba-lomba dalam membuat trend fashion, membuat ddan merancang pakaian sehingga saat ini designer fashion sudah merambah ke dunia bisnis bahkan industri.

Bagaimana Perkembangan Fashion di Indonesia?

Salah Satu ciri khas fashion Indonesia yaitu Batik. Para designer busana dalam negeri telah banyak mengembangkan karya fashion batik sehingga terlihat lebih modern dan tidak monoton. Seperti ada beberapa batik yang cocok dipakai oleh para orang tua untuk pergi ke acara-acara tertentu, lalu ada juga batik yang cocok dipakai oleh para remaja bahkan ada yang dapat digunakan sebagai pakaian untuk bersantai dan tidak terlihat formal.

Karana jaman semakin berkembang, batik-pun semakin terkenal dengan berbagai macam model dan bisa dipadukan dengan pakaian lainnya, seperti misalnya dipadukan dengan celana jeans yang memang banyak sekali remaja atau anak muda menyukai jenis celana ini. Tentunya tidaklah mudah untuk para designer dalam negri memperkenalkan fashion khas Indonesia yaitu batik ke mancanegara hingga terkenal. Saat ini pakaian batik merupakan salah satu warisan budaya dunia, sudah menjadi apresiasi yang luar biasa dalam perkembangan dunia fashion.

Demikian penjelasan mengenai pengertian fashion yang dapat kami berikan kepada teman-teman dan semoga dapat dipahami, serta mohon maaf jika terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam penjelasan ini. Sekian, terimakasih banyak.