Pengertian Scanner dan Fungsinya dilengkapi Cara Kerjanya

Banyak yang belum mengetahi pengertian scanner, fungsi utama, dan cara kerjanya mulai dari memindai dokumen hingga menyimpan ataupun mencetak hasilnya. Perangkat ini banyak digunakan terutama di kantor instansi karen fungsinya yang memang berguna untuk menunjang pekerjaan terutama dalam memindai dokumen lalu menampilkannya dalam bentuk digital.

Jelaskan Definisi Scanner!

Pengertian scanner adalah sebuah alat pemindai dan termasuk perangkat input khususnya pada komputer, alat ini berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotocopy lalu hasil duplikatanya ditampilkan dalam bentuk digital.

Scanner dapat menduplikat objek terutama berupa dokumen dengan menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut bisa menditeksi struktur kertas, tulisan, dan gambar dari objek yang di scan lalu dikirimkan ke komputer dan ditampilkan dalam bentuk digital.

Fungsi Scanner Yang Utama

Fungsi Scanner sudah jelas karena dengan adanya alat ini, kita dapat menduplikat hard-copy seperti kertas, makalah, maupun foto ke dalam bentuk digital ke komputer. Jadi saat kita kehilangan source berkas seperti foto atau makalah, kita dapat menyimpan foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu hilang, atau rusak, kita masih punya simpanan/salinannya di komputer dalam bentuk digital.

4 Prinsip Kerja Scanner

Setelah mengetahu pengertian scanner, berikut uraian mengenai cara kerja scanner yang dapat kamu baca di bawah ini:

1. Tahap Persiapan Memindai Dokumen

Saat kita menempatkan objek kertas bergambar ataupun teks pada layar kaca scanner dan menekan sebuah tombol scan pada mesin scanner atau menu scan pada interface aplikasi di monitor, maka scanner akan melakukan proses scanning.

2. Tahap Proses Scanning

Cahaya yang terpancar pada saat scanning menunjukkan bahwa scanner tersebut sedang melakukan scan dan juga hasil yang didapatkan akan langsung dikirim pada sensor CCD. Sensor CCD adalah suatu alat yang terdapat pada scanner yang mempunyai fungsi untuk menerima hasil scanner lalu kemudian di kirim ke ADC.

3. Tahap Memproses Hasil Scanning

Dari CCD tersebut lalu akan dikirim ke ADC. Alat ADC adalah alat yang bertugas menerima data yang berasaldari CCD dan menubahnya ke dalam bentuk digital kemudian mengirimnya ke komputer. ADC akan memproses lalu mengirimkan hasilnya pada komputer kamu.

4. Proses Menyimpan atau Mencetak Hasil Sacanning

Setelah masuk ke komputer kamu, hasilnya bisa di simpan sesuai dengan jenis format file yang di inginkan umumnya bisa dengan format gambar atau PDF. Selain disimpan di komputer bisa juga langsung di cetak menggunakan printer.

Baca Juga: Pengertian USB adalah: Fungsi, Versi, dan Jenisnya

Baca Juga: Pengertian Hardware dan Contohnya

Jenis-Jenis Scanner Yang Banyak di Temukan

1. Flatbed Scanner

pengertian scanner
printerland.co.uk

Flatbed scanner adalah scanner yang memiliki bentuk seukuran dengan kertas folio atau hvs sehingga scanner ini seperti mesin fotocopy mini, dengan ukuran yang mini dan tipis sehingga mudah di bawa oleh sebab itu di namakan Flatbed scanner. Scanner jenis ini hanya biasa melakukan pemindaian dokumen saja lalu menampilkannya di layar komputer.

2. Print Scan Copy Scanner

printer scanner
clipartkey.com

Print Scan Copy Scanner adalah suatu perangkat yang memiliki berbagai fungsi diantaranya dapat digunakan sebagai scanner, bisa menjadi printer sekaligus bisa menjadi mesin fotocopy juga. Sebagian orang menyebutnya sebagai Printer Scanner. Karena multifungsinya ini maka perangkat ini memiliki ukuran yang agak besar dan tentu harganya-pun relatif mahal.

3. Handheld Scanner

handheld scanner
pixabay.com

Handheld scanner adalah alat yang bisa kita temukan di supermarket yang digunakan penjaga kasir. scanner ini berguna untuk membaca barcode pada produk segingga harganya bisa diketahui lalu di tampilkan di layar monitor komputer.

4. Scanner Portable

epson.co.id

Dari jenis-jenis scanner yang inilah paling berukuran kecil dan ramping shingga mudah sekali untuk dibawa kemana-mana, banyak orang menyebutnya sebagai scanner tangan. Mengunakan scanner ini cukup menggerakannya dengan tangan dan mengerahkannya ke objek yang di pindai, atau ada juga yang memasukan dokumen ke tempat pemindaiannya.

Akhir kata…, Itualah artikel yang singkat mengenai definisi atau pengertian scanner, cara kerjanya, hingga jenis-jenisnya yang sering kita temukan dlam kegiatan sehari-hari. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu dalam dunia teknologi, cukup sekian dna terimakasih.