Pengertian Habitat, Jenis, dan Contoh Habitat di Sekitar Kita

Berikut ini pengertian habitat, macamnya, dan contohnya – Apa kamu tau tempat yang di huni oleh spesies makhluk hidup? ya benar itulah bahitat. Umumnya tempat permukaan bumi di bagi menjadi dua macam yaitu daratan dan perairan, tapi tempat-tempat permukaan bumi juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti faktor suhu, ketinggian, kedalaman, intensitas cahaya matahari, dan-lain-lain. Oleh sebab tidak semua tempat di bumi dapat di huni oleh semua makhluk hidup. Nah…, untuk memahami lebih jelasnya tentang habitat dapat kamu baca di bawah ini.

A. Apa itu Habitat?

Arti habitat adalah suatu tempat yang di tinggali oleh sekelompok spesies makhluk hidup, sehingga terbentuk jaringan kehidupan. Atau Definisi habitat yaitu tempat yang di tinggali oleh makhluk hidup dan tempat tersebut juga menjadi tempat untuk berkembang biaknya. Habitat sering di sebut juga sebagai lingkungan yang di diami oleh makhluk hidup, pada dasarnya habitat terdiri dari unsur maupun faktor fisik seperti tanah, lalu terdapat juga suhu, sinar mata hari, serta faktor biotik, ketersediaan makanan, dan lain-lain.

Pengertian habitat sering di sebut sebagai suatu area lingkungan yang di huni oleh berbagai spesies makhluk hidup atau organisme. Habitat juga sebagai lingkungan alam tempat organisme tersebut hidup / lingkungan fisik yang mengelilingi suatu populasi spesies. Habitat menghubungkan kehdiaran spesies, populasi, dan individu (hewan dan tumbuhan) dengan suatu kawasan fisik serta karakteristik biologi.

Sumber gambar: asapeducate.weebly.com

Perlu kamu ketahui juga sebenarnya istilah habitat digunakan tidak hanya dalam konteks ilmu Ekologi saja, hanya saja habitat pada umumnya sering diartikan sebagai tempat atau lingkungan tempat hidup makhluk hidup. (Baca Juga: Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum)

B. Contoh Habitat

Berikut ini contoh dari habitat di sekitar kita , bebrapa diantaranya seperti:

  • Habitat Notonecta (sejenis hewan air) daerah danau, kolam, dan perairan yang dangkal yang di tumbuhi oleh vegetasi.
  • Habitat pohon durian yaitu tanah daratan dataran rendah.
  • Habitat eceng gondok yaitu daerah perairan yang terbuka.
  • Habitat hiu, paus, lumba-lumba yaitu laut.
  • Habitat ikan mas, ikan nila, ikan gurame,  yaitu perairan tawar.
  • Habitat harimau yaitu hutan.
  • Habitat buaya muara yaitu di perairan payau.
  • Habitat pohon bakau yaitu daerah pasang surut atau daerah pantai.
  • Habitat pohon cemara gunung yaitu hutan dataran tinggi.

C. Fungsi Habitat

Berikut ini fungsi utama dari habitat, diantaranya:

a. Tempat untuk hidup

Fungsi utama dari habitat yaitu sebagai tempat hidup makhluk hidup. Dengan habitat yang sesuai maka suatu spesies makhluk hidup dapat berkembangbiak, mencari makanan, hingga bertahan hidup.

b. Sebagai tempat perlindungan

Habitat yang cocok bagi suatu spesies makhluk hidup, maka spesies tersebut kemungkinan besar dapat bertahan dari berbagai macam ancaman, misalnya seperti ancaman dari predator atau pemangsa. (Baca Juga:

D. Macam / Jenis Habitat

Umumnya terdapat 4 habitat yaitu daratan, perairan tawar, perairan payau dan perairan bahari atau laut. Tapi jika di bagi-bagi lagi habitat berdasarkan waktu dapat diketahui menjadi 4 macam (Kramadibrata – 1996):

a. Habitat yang konstan

Merupakan habitat yang kondisinya secara terus menerus reletif menjadi baik atau kurang baik.

b. Habitat yang memusim

Merupakan habitat yang sifatnya relative menjadi teratur secara berganti-ganti bisa membaik dan kurang baik.

c. Habitat tidak menentu

Merupakan habitat yang mengalami perubahan dalam suatu periode dengankondisi lamanya yang dapat bervariasi sehingga kondisi darii habitat tersebut susah atau tidak bisa di prediksi.

d. Habitat yang ephemeral

Merupakan habitat yang mengalami periode kondisi yang baik tapi kondisi tersebut berlangsung relative singkat, lalu diikuti oleh suatu periode dimana kondisinya berlangsung relatife lama.

Adapun kondisi dari habitat menurut ruang, dibagi menjadi 3 macam diantaranya:

a. Habitat bersinambung

Yaitu suatu habitat yang mengandung area dengan kondisi yang baik dan luas sehingga dapat dijelajahi oleh populasi makhluk hidup yang menghuninya.

b. Habitat terputus-putus

Yaitu habitat yang areanya memiliki kondisi yang baik, tapi lokasinya berselang-seling dengan area yang kondisinya kurang baik.

c. Habitat terisolasi

Yaitu habitat yang kondisi areanya baik tapi luasnya sangat terbatas dan jarak lokasinya jauh dari area berkondisi kurang baik. (Baca Juga: Pengertian Lingkungan Hidup Dan Komponennya)

E. Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka dapat di simpulkan bahwa pengertian habitat adalah sutu area lingkungan/tempat yang di huni oleh berbagai spesies makhluk hidup atau organisme. Habitat terdiri dari faktor fisik seperti tanah, lalu terdapat juga suhu, sinar mata hari, serta faktor biotik, ketersediaan makanan, dan lain-lain.

Beberapa contoh habitat seperti:

  • Habitat pohon durian yaitu tanah daratan dataran rendah.
  • Habitat eceng gondok yaitu daerah perairan yang terbuka.
  • Habitat hiu, paus, lumba-lumba yaitu air laut.
  • Habitat ikan mas, ikan nila, ikan gurame, ikan lele yaitu air tawar.

Karena habitat sangat penting bagi spesies makhluk hidup (seperti hewan & tumbuhan), oleh karena itu kita harus menjaga lingkungan dan alam supaya tetap lestari.

Demikian tulisan tentang definisi habitat, semoga tulisan ini dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan kamu, jika ada kesalahan mohon maaf sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Habitat, Jenis, dan Contoh Habitat di Sekitar Kita"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang
Keseimbangan Lingkungan dilengkapi: Pengertian, Suksesi, dan Segala Upaya Pelestariannya
Berikut pengertian keseimbangan lingkungan dilengkapi dengan pengertian,