Pengertian dan Bioma Gurun (Padang Pasir) serta Cirinya Yang Khas

Rangkuman tentang pengertian dan bioma gurun dilengkapi dengan ciri-cirinya – Di bumi terdapat bermacam-macam daerah berupa daratan, selain hutan terdapat juga gurun. Tentunya memiliki suhu, kelembaban, keadaan ekosistem, maupun flora dan faunanya yang berbeda-beda. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai apa itu Gurun dilengkapi juga dengan bioma-nya.

A. Apa Pengertian Gurun ?

Sebelum mengetahui apa itu Bioma Gurun, mari kita terlebih dahulu ketahui Definisi Gurun adalah daerah yang yang memiliki curah hujan sangat rendah sekali kurang dari 25 cm/tahun, suhunya sangat panas di siang hari dan sangat dingin di siang hari, sifat udaranya kering, serta sedikit sekali flora dan yang hidup, gurun sering disebut juga “Padang Pasir”. Hampir ¼ daratan di planet bumi ini merupakan daerah gurun. Pada siang hari gurun memiliki temperatur yang panas bisa mencapai 60 derajat celcius dan pada malam hari suhunya sangat dingin bisa mencapai 0 derajat celcius.

Gurun juga dapat diartikan sebagai suatu daerah yang sekelilingnya terdapat hamparan pasir-pasir, dan curah hujan sangat rendah. Beberapa contoh gurun terbesar misalnya: Gurun Sahara (Afrika Utara), Gurun Sonora (Amerika), Gurun Gobi (Republik Rakyat Cina), dan gurun Kalahari (Afrika Tengah).

gurun sahara

Gurun Sahara
sumber gambar: bobo.grid.id

Gurun dianggap sebagai daerah yang memiliki kemampuan sangat kecil untuk mendukung kehidupan di banding daerah yang basah. Tetapi di gurun juga terdapat beberapa kehidupan yang khas, dimana flora dan faunanya memiliki kemampuan khusus untuk tetap bertahan hidup. (Baca Juga: Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum).

B. Proses Terjadinya Gurun

Proses terjadinya gurun dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:

a. Pelapukan Batuan

Yaitu suatu proses terjadinya pelapukan jenis batuan yang disebabakan oleh perbedaan suhu sangat ekstrim antara suhu siang hari dan malam hari. Karena perbedaan suhu tersebut banyak batuan yang mengalami pelapukan sehingga menjadi pasir-pasir.

b. Penguapan air tanah yang belebihan

Yaitu terjadi karena penguapan air tanah yang berlebihan karena tingginya suhu terhadap permukaan tanah dan atmosfer, sehingga tanah menjadi sangat tandus / gersang dan menjadi padang pasir. Baca Juga: .

B. Apa itu Bioma Gurun ?

Mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Bioma secara umum. Bioma adalah suatu ekosistem yang meliputi suatu area yang luas, memiliki flora dan fauna yang khas. Bioma merupakan ekosistem yang terbentuk akibat perbedaan letak geografis.

Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Bioma Gurun adalah ekosistem yang terdapat di gurun, diantaranya meliputi padang pasir, batuan, flora dan fauna yang sangat jarang. Bioma gurun yang luas terdapat di sekitar 20 derajat Lintang Utara, dimulai dari pantai atlantik di Afrika hingga ke bagian Asia Tengah, sepanjang daerah tersebut terdapat gurun terbesar yaitu gurun Sahara, gurun gobi yang memiliki luas hingga 10 jt KM persegi. (Baca Juga: Pengertian Dan Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis).

Ciri-ciri bioma gurun diantaranya meliputi:

  1. Daerahnya terdapat hamparan pasir yang luas.
  2. Curah hujan sangat rendah sekali, intensitas cahaya matahari sangat tinggi.
  3. Tingkat penguapan lebih tinggi dari curah hujan.
  4. Suhumnya sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari.
  5. Tumbuhan yang hidup di gurun umumnya memiliki daun kecil berupa duri dan akarnya panjang, daun tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan. Akar yang panjang berguna untuk mencari air. Dan batang dapat menyimpan cadangan air. Contoh Flora di gurun seperi pohon Kaktus, dan pohon Kurma.
  6. Contoh Fauna yang dapat bertahan hidup di gurun seperti unta, ular, kadal, dan serangga-serangga kecil yang umumnya pada siang hari suka bersembunyi di lubang-lubang atau guha dan pada malam hari keluar untuk mencari makan.
gurun gobi

Gurun Gobi
sumber gambar: travel.tribunnews.com

C. Ciri-Ciri Gurun

Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui ciri-ciri gurun atau padang pasir, diantaranya seperti:

  1. Memiliki curah hujan yang sangat rendah sekali yaitu kurang dari 25 cm/tahun.
  2. Keadaan tanah di sekitar daerahnya sangat tandus, dan gersang, sehingga sulit sekali untuk menyimpan air.
  3. Kelembaban udaranya sangat rendah, sifat udaranya kering, suhunya panas pada siang hari dapat mencaai 60 derajat celcius, dan sangat tingin pada malam hari dapat mencapai 0 derajat celcius.
  4. Kecepatan penguapannya sangat tinggi sekali

D. Kesimpulan Pembahasan

Dari penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian gurun adalah suatu daerah yang sekelilingnya terdapat hamparan pasir-pasir, memiliki curah hujannya sangat kecil, bersuhu panas pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Ciri-ciri gurun meliputi:

  1. Curah hujannya sangat rendah.
  2. Tanahnya tandus, derdapat hamparan pasir yang luas.
  3. Besuhu sangat panas pada siang hari, dan sangat dingin pada malam hari.
  4. Flora yang hidup memiliki ciri berdaun duri dan berakar panajang.
  5. Fauna yang hidup memiliki ciri: memiliki cadangan lemak, membuat tempat tinggal dalam tanah, umumnya beraktifitas pada malam hari.

Sedangkan bioma gurun yaitu ekosistem yang terdapat di gurun, diantaranya meliputi padang pasir, batuan, flora dan fauna yang hidup di dalamnya meski sangat jarang ditemui.

Contoh gurun seperti Gurun Sahara (Afrika Utara), Gurun Sonora (Amerika), dan Gurun Kalahari (Afrika Tengah).

Itulah tulisan singkat tentang pengertian gurun, semoga dapat memberikan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu, sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian dan Bioma Gurun (Padang Pasir) serta Cirinya Yang Khas"

Tanah Aluvial dilengkapi Pengertian, Ciri, Pemanfaatan, dan Persebarannya Yang Diketahui
Memahami pengertian tanah aluvial dilengkapi dengan ciri-cirinya,
Contoh Resensi Novel: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Format Penulisannya Terlengkap
Berikut contoh resensi novel dilengkapi dengan pengertian,
Pengertian Geopolitik: Konsep, Peranan, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian geopolitik dilengkapi dengan konsep, peranan,