Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya Secara Umum

Pengertian seni grafis dilengkapi dengan manfaat, jenis/macamnya, dan karakteristiknya secara umum. Dengan seni maka hidup ini menjadi lebih berwarna, coba bayangkan saja jika hidup ini tanpa seni maka akan terlihat monoton dan membosankan. Salah satu seni yang sering kita temui dalam kehidupan yaitu seni grafis, dan untuk memahaminya maka baca penjelasan di bawah ini.

A. Apa Pengertian Seni Grafis secara umum?

Seni grafis adalah suatu cabang seni rupa, yang dalam proses membuat karyanya menggunakan teknik cetak dan umumnya dituangkan pada media kertas atau kain. Seni grafis juga dapat disebut sebagai karya seni ungkapan visual kedalam bidang dua dimensi, yang dimana proses pembuatan karyanya menggnakan media cetak. Untuk merancang desain grafisnya bisa menggunakan teknologi komputer dan media cetak seperti printer. Seni grafis bisa kita temukan di koran, majalah, pakaian kaos, reklame, baner, poster, dan lain-lain. Dengan menggunakan media cetak, maka sebuah karya grafis dapat di produksi ulang atau di lipatgandakan dengan jumlah yang banyak tanpa mengubah keaslian gambarnya.

B. Manfaat Desain Grafis

Beberapa manfaat desain grafis yaitu dapat mempercepat pekerjaan yang berhubungan dengan gambar grafis terutama dalam dunia percetakan. Saat ini seni grafis sudah banyak diminati oleh masyarakat, maka saat ini banyak masyarakat yang mempelajarinya sehingga berguna untuk mendapatkan penghasilan dari seni grafis. Dengan seni grafis masyarakat bisa dengan mudah tertarik membaca suatu pesan-pesan yang ingin disampaikan seperti pesan pada reklame, Koran, majalah, danposter karena pesan tersebut akan terlihat lebih menarik. Baca Juga: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Prinsip, dan Jenis atau Cabangnya.

Cetak sablon – Sumber gambar: tintapendidikanindonesia.com

C. macamnya / jenis-Jenis Seni Grafis

Setelah mengetahui pengertian seni grafis, maka ketahui juga jenis-jenis seni grafis sesuai dengan teknik atau proses pembuatannya, diantaranya sebagai berikut ini:

a. Cetak Saring (Silkscreen Print)

Cetak Saring dikenal juga dengan sebutan Cetak Sablon. Merupakan salah satu teknik cetak grafis yang dikenal banyak orang. Teknik ini menggunakan media cetak yang dimana cetakannya terbuat dari kasa/screen yang memiliki sifat elastis, dan halus. Cetak Saring umumnya sering digunakan untuk membuat grafis pada kaos, poster, spanduk, dll. Tapi saat ini ada juga teknik sablon menggunakan alat / teknologi yang disebut dtg printer, jadi printer tersebut digunakan khusus untuk menyablon kain.

b. Cetak Datar (Lithography Print)

Cetak datar merupakan teknik cetak yang cukup populer pada bidang seni grafis. Teknik cetak yang digunakan untuk memproduksi gerafis dimana menggunakan media cetak yang datar, atau tinggi bagian yang tidak tercetak sama dengan bagian mencetak. Misalnya mengguankan kaca, plastik, dan rubber.

c. Cetak Tinggi (Woodcut Print)

Cetakannya terbuat dari bahan yang keras seperti kayu yang di sungkil sehinga membentuk suatu pola yang memiliki tinggi maupun rendah. Lalu pada bagian yang tinggi dilumuri tinta cetak dan dicetakan pada media kertas ataupun kain sehingga akan membentuk gambar. Contoh teknik cetak timbul misalnya pasa cap stempel.

d. Cetak Dalam (Intaglio Print)

Teknik cetak dalam merupakan salah satu jenis teknik grafis yang menggunakan alat cetak dari lempengan logam, (besi, tembaga, dll). Tekniknya dengan cara ditorehkan / digoreskan secara langsung dengan alat bantu yang tumpul, Sehinga hasil goresan tersebut membentuk suatu pola grafis. Tapi saat ini ada juga yang menggunakan senyawa kimia yang sifatnya korosif untuk membentuk gambar grafis. Adapun seni grafis cetak dalam dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya: Engraving, Etsa, Mezzotint, dan Drypoint.

e. Fotografi

Merupakan teknik dalam membuat karya seni grafis menggunakan teknologi kamera, lalu hasil tangkapan lensa kamera dilakukan pencucian film, dan pencetakan foto, tapi itu jika menggunakan kamera analog. Saat ini teknologi semakin berkembang maka munculah kamera digital, jika menggunakan kamera digital gambar yang di ambil akan di cetak menggunakan alat seperti printer dengan menggunakan kertas khusus foto. Baca Juga: Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contohnya..

D. Karakteristik Seni Grafis

Berikut ini beberapa karakteristik seni grafis secara umum, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Karya seni grafis dihasilkan dengan cara di cetak, sehingga jika di produksi ulang dapat menghasilkan karya yang sama baik itu dari bentuk maupun ukuran. Jadi karyanya tidak menggunakan goresan dengan tangan.
  • Karyanya bisa di reproduksi, sehingga bisa menghasilkan karya lebih dari satu.
  • Hasil karya seni grafis ditentukan oleh proses atau teknik cetaknya masing-masing, jadi hasilnya memiliki karakteristik sesuai teknik yang digunakan saat pembuatan.
  • Karakteristik karyanya ditentukan oleh jenis atau media yang digunakannya.

E. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian seni grafis adalah suatu cabang seni rupa yang dalam proses menciptakan karyanya menggunakan teknik cetak, dan umumnya dituangkan pada media kertas atau kain.

Salah satu manfaat seni grafis yaitu dapat mempercepat pekerjaan yang berhubungan dengan gambar grafis terutama dalam dunia percetakan dan hasilnya bisa di reproduksi. Adapun jenis-jenis seni grafis dalam pembuatannya seperti cetak Saring, cetak datar, cetak tinggi, cetak dalam, dan fotografi.

Itulah tulisan yang membahas tentang definisi seni grafis, semoga dapat kamu pahami, dan tentunya semoga bermanfaat juga dalam menambah ilmu pengetahuan kamu, terimakasih sudah membacanya.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya Secara Umum"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang
Keseimbangan Lingkungan dilengkapi: Pengertian, Suksesi, dan Segala Upaya Pelestariannya
Berikut pengertian keseimbangan lingkungan dilengkapi dengan pengertian,