Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum

Memahami pengertian ilustrasi dilengkapi fungsi, jenis, dan Contohnya secara umum. Pakah kamu pernah mendengar istilah Ilustrasi? Istilah ini digunakan untuk memberikan gambaran yang berkaitan dengan naskah cerita maupun informasi. Dengan Ilustrasi maka suatu cerita dan informasi dapat terlihat lebih menarik untuk di baca. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang Ilustrasi berikut ini pembahasannya:

A. Apa Yang Dimaksud Dengan Ilustrasi ?

Pengertian ilustrasi adalah suatu gambar yang dapat memperjelas suatu cerita atau informasi, sehingga cerita dan informasi tersebut serasa lebih hidup serta mudah di pahami. Dengan gambar ilustrasi maka setiap pembaca dapat lebih memahami teks cerita atau informasi yang di sajikan. Atau definisi ilustrasi yaitu karya seni berbentuk gambar yang digunakan untuk menjelaskan sebuah naskah cerita atau informasi sehingga pembaca lebih memahami cerita atau informasi yang disampaikan.

Banyak sekali contoh ilustrasi yang dapat kita temui saat ini misalnya seperti komik dan karikatur. Ilustrasi dapat membuat cerita terlihat lebih hidup, sehingga para pembaca akan berimajinasi tentang cerita yang sedang dibacanya, serta teks cerita mudah di pahami juga. Ilustrasi dapat kita jumpai juga di buku pelajaran sekolah, cerpen, koran, majalah, dan lain-lain. Baca Juga: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Prinsip, dan Jenis atau Cabangnya.

definisi ilustrasi

Sumber Gambar: pixabay.com

B. Fungsi Gambar Ilustrasi

Setelah mengetahui pengertian ilustrasi, maka berikut ini kegunaan atau fungsi dari ilustrasi, diantaranya:

a. Fungsi secara umum

1. Untuk menarik perhatian pembaca

Sebuah gambar ilustrasi dapat menghiasi buku, majalah, koran, dll. sehingga teks / naskah cerita tersebut terlihat semakin menarik untuk dibaca. Coba saja jika tidak terdapat gambar ilustrasi yang melengkapi cerita tersebut, maka akan terlihat kurang menarik perhatian / minat para pembaca.

2. Untuk mempermudah pembaca memahami suatu cerita atau informasi

Dengan gambar ilustrasi yang terdapat pada teks cerita atau informasi, maka teks tersebut dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca. Ilustrasi dapat memberikan suatu penjelasan / memperjelas sutu informasi atau naskah cerita yang di sampaikan.

3. Untuk menggambarkan sesuatu

Gambar ilustrasi dapat membuat orang-orang paham mengenai maksud tertentu dari suatu cerita / informasi, sehingga pesan atau tulisan yang digunakan akan menjadi singkat karena dengan gambar ilustrasi saja setiap orang sudah dapat memahami maksud informasi yang disampaikan.

4. Untuk mempermudah dalam mengungkapkan suatu kejadian

Dengan ilustrasi maka seseorang dapat mengunkapkan gambaran suatu kejadian yang telah dia alami, atau kejadian yang belum terjadi melalui media gambar. Sehingga kejadian tersebut dapat di pahami oleh orang lain tanpa perlu di tulis secara rinci.

5. Mengandung Nilai Estetika

Ilustarasi juga mengandung nilai estentika seperti dengan gambar ilustrasi wajah seseorang, jadi tidak hanya berguna untuk memberikan penjelasan mengenai teks informasi saja.

b. Fungsi Khusus

1. Deskriptif

Berguna untuk memberikan dan menjabarkan arti dari tulisan yang banyak dengan gambar, sehingga maksud tulisan tersebut dapat dipahami hanya dengan suatu gambar.

2. Ekspresif

Berguna untuk mengekspresikan ide atau gagasan yang dimiliki dengan sebuah gambar.

3. Kualitatif

Ilustrai juga berguna untuk pembuatan suatu tabel, grafik, simbol, dll.

4. Analitis

Berguna mengekspresikan secara lebih rinci mengenai bagian-bagian suatu benda.

C. Janis-Jenis Seni Ilustrasi dan Contoh Ilustrasi

Berikut macam-macam ilustrasi yang dapat kita temui di kehidupan kita sehari-hari, diantaranya:

a. Kartun

Contoh Kartun / Sumber Gambar: jadiberita.com

Kartun merupakan jenis seni ilustrasi yang sering kita temui baik itu di media cetak maupun di media digital. Kartun bisa berupa gambar manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati. Kartun umumnya mengisahkan cerita seperti humor yang menghibur. Kartun merupakan gambar yang lucu, dan memperlihatkan suatu peristiwa. Seniman kartun disebut dengan kartunis. Saat ini terdapat beberapa jenis gambar kartun seperti kartun editorial, gag kartun, dan strip komik.

b. Karikatur

Contoh Karikatur / Sumber Gambar: jojomich.blogspot.com

Merupakan ilustrasi yang menggambarkan suatu karakter yang di lebih-lebihkan, lucu, unik, dan umumnya memiliki kata-kata sindiran atau kritikan. Objek gambar karikatur bisa berupa manusia dan hewan. Karikatur berbeda dengan kartun, karena karikatur tidak membentuk suatu cerita. Jadi karikatur hanya suatu unsur pada kartun saja. Seniman yang membuat karikatur disebut dengan karikarturis.

c. Ilustrasi Karya Sastra

Contoh Ilustrasi Karya Sastra / Sumber Gambar: www.buruan.co

Karya sastra seperti cerpen, sajak, dan puisi akan semakin menarik jika terdapat ilustrasi gambar yang melengkapinya. Tenetu gambar ilustrasi tersebut memiliki tujuan untuk menguatkan narasi atau teks dalam karya sastra tersebut.

d. Komik

Komik Naruto / Sumber Gambar: mangacanblog.com

Komik merupakan rangkaian gambar-bambar yang saling melengkapi, dan memiliki alur cerita yang menarik. Kita sering menemukan komik berbentuk buku atau dalam bentuk lembaran yang disebut dengan Komik Strip. Terdapat beberapa komik yang mampu membuat pembacanya terlibat secara emosional, pembaca akan ikut berperan atau terlibat dalam komik misalnya merasa sebagai tokoh utama. Komik biasanya menceritakan tentang kisah kepahlawanan.

e. Vignet / Vignette

Contoh Vignette / Sumber Gambar: jeffrywewe.wordpress.com

Vignet disebut sebagai gambar ilustrasi dekoratif yang fungsinya untuk mengisi bagian yang kosong pada kertas teks narasi. Kata Vignet sendiri berasal dari bahasa Perancis yaitu kata “Vignette” yang dapat diartikan “Batang Anggur”. Di negara Perancis Vignet merupakan seni untuk hiasan buku, dimana hiasan tersebut digunakan sebagai seni grafis maupun arsitektur. Vignet juga sering diartikan sebagai seni sketsa dengan gambar yang unik dan dekoratif, sering sekali vignet digunakan juga sebagai pengisi bagain yang kosong pada naskah cerita.

Baca Juga: Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya.

D. Kesimpulan Pembahasan

Dari pembahasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian ilustrasi yaitu seni berbentuk gambar yang digunakan untuk menjelaskan sebuah naskah cerita atau informasi, sehingga pembaca lebih memahami cerita atau informasi yang disampaikan. Banyak sekali contoh sederhana dari ilustrasi yang dapat kita temui misalnya seperti komik dan karikatur.

Adapun Fungsi ilustrasi diantaranya seperti:

  1. Untuk menarik perhatian para pembaca.
  2. Untuk mempermudah pembaca memahami suatu cerita atau informasi.
  3. Untuk mempermudah dalam mengungkapkan suatu kejadian.
  4. Untuk menggambarkan sesuatu.
  5. Mengandung Nilai Estetika.

Jenis-jenis Ilustrasi misalnya:

  1. Kartun.
  2. Karikatur.
  3. Komik.
  4. Karikatur karya sastra.
  5. Vignet.

Demikian tulisan yang membahas tentang definisi ilustrasi, semoga tulisan ini dapat bermanfaat terutama untuk menambah wawasan kamu, jika di temukan beberapa kesalahan mohon di maafkan, cukup sekian dan terimkasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum"