Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya Secara Umum

Berikut ini tulisan tentang pengertian seni rupa terapan, fungsi, dan contohnya. Saat ini seni rupa terapan banyak di minati oleh masyarakat, karena banyak memiliki manfaat bagi kehidupan. Untuk mengetahi apa itu seni rupa terapan, dan apa saja fungsi, beserta contohnya. Berikut ini mari kita bahasa bersama-sama mengenai definisi seni rupa terapan di bawah ini.

A. Apa Itu Seni Rupa Terapan?

Yang dimaksud dengan seni rupa terapan adalah suatu karya seni yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia, seperti memenuhi fisik dan psikologis manusia, sebab hasil karyanya bukan hanya dari segi keindahan saja tapi mempunyai kegunaannya juga untuk digunakan sebagai peralatan sehari-hari.

Jadi maksud dari pengertian seni rupa terapan yaitu karya seni yang memiliki fungsi tertentu untuk kehidupan dan dapat digunakan sehari-hari. Seni rupa terapan memiliki dua fungsi yaitu Fungsi Pakai artinya selain bernilai artistik yang memiliki keindahan tapi dapat digunakan juga untuk keperluan manusia sehari-harinya. Biasanya berbentuk benda yang terbuat dari anyaman, tanah liat, kramik, kerajinan furniture, dan lain-lain.

Sering sekali kita beranggapan bahwa yang dimaksud Seni rupa yaitu barang yang hanya dipajang saja dan ditempatkan ditempat tertentu untuk dinikmati keindahannya saja. Perlu di ketahui bahwa jika di telusuri lebih dalam lagi seni rupa ada beberapa jenis diantranya seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni merupakan seni yang dapat dinikmati keindahannya saja, tapi seni rupa terapan selain untuk bermanfaat bagi keindahan tapi dapat berguna juga untuk kehidupa sehari-hari manusia. Baca juga: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Prinsip, dan Jenis atau Cabangnya.

contoh karya seni terapan

sumber gambar: pixabay.com

B. Apa Fungsi Seni Rupa Terapan?

Setelah mengetahi pengertian seni rupa terapan, maka berikut ini merupakan fungsi seni rupa terapan, yang dibagi menjadi dua macam diantaranya:

a. Fungsi Estetis

Yaitu fungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang berhubungan dengan rasa keindahan, seperti karya seni lukis, patung, dan hisan dinding lainnya.

b. Fungsi Praktis

Yaitu fungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia yang berhubungan dengan nilai guna pakai suatu benda. Misalnya seperti kursi dari rotan, bingkai foto, vas bunga hias, keranjang dari anyaman, dan lain-lain.

C. Contoh Seni Rupa Terapan

Berikut ini beberapa Contoh seni rupa terapan, yang ada di sekitar kita misalnya:

a. Rumah Adat

Yaitu salah satu seni rupa terapan yang berupa sebuah bangunan dan memiliki berbagai macam jenis atau bentuk. Rumah adat di Indonesia banyak sekali jenisnya tergantung kebudayaan daerahnya masing-masing. Rumah adat merupakan tepat tinggal masyarakat di Indonesia pada jaman dahulu.

b. Pakaian Tradisional

Yaitu salah satu contoh karya seni rupa terapan yang berupa busana. Jenis pakaian tradisional juga tergantung kebudayaan di setiap daerah yang ada di Indonesia. Pakaian tradisional memiliki nilai seni yang tinggi, dan selalu digunakan saat acara-acara tertentu.

c. Kejinan Anyaman

Yaitu suatu karya seni yang terbuat dari serat (rotan, bambu dll) lalu di rangkai sehingga membentu suatu benda yang dapat berguna untuk kehidupan manusia. Misalnya seperti kursi dari bambu dan rotan, tutup nasi dari bambu, sangkar burung, tikar, dan lain-lain. Seiring perkembangan zaman kerajinan ini mulai tergantikan dan banyak yang terganti oleh plastik.

d. Kerajinan Kulit

Yaitu seni rupa terapan yang terbuat dari kulit hewan (sapi, domba, buaya, ular, dll), tapi saat ini ada juga kulit sintetis. Pengrajinnya masih tergolong banyak di setiap daerah di Indonesia. Hasil karyanya seperti jaket, tas, dompet, sabuk, sepatu, dan lain-lain.

e. Batik

Yaitu sejenis pakaian yang memiliki corak khas. Di Indonesia batik sangat popular hingga terkenal ke mancanegara. Selain berfungsi dari segi keindahan batik juga berfungsi sebagai pakaian, baik itu dapat digunakan untuk sehari-hari dan acara tertentu. tekhnik pembuatan batik ada beberapa macam mulai dari batik tulis, lukis, cap, dan print.

f. Poster

Yaitu karya seni rupa terapan yang berupa grafis terdiri dari gambar dan huruf pada kertas berukuran lumayan besar. Poster biasanya di tempel di tempat-tempat umum tujuannya untuk menarik perhatian banyak orang. Poster biasanya berisi tentang iklan atau sebuah ajakan.

g. Kerajinan tanah liat

Yaitu kerajinan yang terbuat dari tanah liat, di bentuk dengan tekhnik tertentu sehingga hasilnya dapat bermanfaat bagi manusia. Contoh karya seninya berupa Gerabah, pot dari tanah liat, asbak, piring, mangkok, patung, genteng, batu bata, dan lain-lain.

h. Senjata Tradisional

Yaitu benda yang berguna sebagai senjata di jaman dahulu, guna lainnya sebagai peralatan untuk bekerja, tapi ada juga yang digunakan untuk perlengkapan ritual, adat-istiadat, pertunjukan seni tradisional, dan untuk hiasan sebagai pajangan. Baca Juga: Pengertian Seni Teater, Unsur, Jenis, dan Contohnya Secara Umum.

D. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian seni rupa terapan yaitu karya seni yang memiliki fungsi tertentu untuk kehidupan dan dapat digunakan sehari-hari.

Lalu fungsi seni rupa terapan ada dua macam: 1). Fungsi Estetis Yaitu fungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang berhubungan dengan rasa keindahan; 2). Fungsi Praktis yiatu fungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia yang berhubungan dengan nilai guna / pakai.

Beberapa contoh seni rupa terapan yaitu 1). Pakaian Tradisional; 2). Kerajinan Anyaman; 3). Kerajinan Tanah Liat; 4). Kain Batik; 5). Poster, dan lain-lain.

Itulah penjelasan tentang seni rupa terapan, beserta fungsi dan contohnya secara umu. Semoga penjelasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi kamu, sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Seni Rupa Terapan, Fungsi, dan Contohnya Secara Umum"

Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum
Pengertian apresiasi seni, tahapan, fungsi, dan manfaatnya
Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya
Inilah pengertian seni patung dilengkapi dengan fungsi,
Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian ilustrasi dilengkapi fungsi, jenis, dan Contohnya