Pengertian Pertumbuhan Secara Umum Dan Contohnya

Mari kita pahami pengertian pertumbuhan secara umum dan contohnya pada makhluk hidup di tulisan ini.  Kita sering mendengar istilah pertumbuhan, dan sering juga menghubungkannya dengan perkembangan yang di alami oleh semua makhluk hidup, padahal sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Lalu pada kesempatan kali ini maka kita akan mendalami istilah pertumbuhan secara lebih jelas, mari pahami di bawah ini:

A. Apa Pengertian Pertumbuhan?

Yang dimaksud dengan Pertumbuhan adalah proses yang di alami oleh makhluk hidup dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang sifatnya irreversible (tidak bisa kembali ke semula).

Sedangkan perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan bentuk maupun sifat suatu organisme makhluk hidup yang melibatkan struktur dan fungsi yang lebih kmpleks. Atau dapat diartian juga suatu perubahan atau diferensiasi sel (suatu proses saat sel kurang khusus dan menjadi jenis sel lebih khusus) menuju keadaan yang lebih dewasa.

definisi pertumbuhan

Apa itu pertumbuhan pada makhluk hidup?

Manusia, hewan dan tumbuhan merupakan makhluk hidup yang tentunya mengalami proses yang dinamakan pertumbuhan. Contohnya: Seperti manusia yang mulai dari anak-anak, remaja, hingga menjadi dewasa itu dinamakan pertumbuhan, atau hewan mulai dari hewan usia muda hingga hewan dengan usia dewasa, dan tumbuhan mulai dari biji hingga menjadi sebuah pohon yang besar. Perlu di ketahui bahwa lamanay pertumbuhan pada setiap makhluk hidup berdeda-beda. (Baca juga: Artikel pengertian metamorfosis dan contohnya paling jelas).

B. Ciri-Ciri Pertumbuhan Yang Di Alami Oleh Makhluk Hidup

Berikut ini ciri-ciri pertumbuhan pada makhluk hidup dan apasaja yang di perlukannya untuk tumbuh dengan baik:

  • Bertambah tinggi dan besar disebut dengan pertumbuhan.
  • Tumbuhan mengalami pertumbuhan tergolong lebih cepat dari manusia dan hewan.
  • Manusia mengalami pertumbuhan seperti bertambahnya tinggi dan berat badan yang selalu mengalami perubahan seiring bertambahnya usia.
  • Manusia, hewan dan tumbuhan akan mengalami pertumbuhan hari demi hari dari kecil, pendek, hingga menjadi tinggi.
  • Makhluk hidup perlu makanan untuk pertumbuhannya, karena saat pertumbuhan akan terbentuk sel-sel baru.
  • Zat-zat yang di perlukan untuk pertumbuhan pada manusia seperti: Karbohidrat, protein, lemak, Vitamin, mineral, dan air.
  • Tumbuhan agar tumbuh subur dengan baik maka diperlukan pupuk, sinar matahari, dan juga perlu di siram air secara teratur. Pupuk yang di perlukan tumbuhan misalnya septi: pupuk kandang, kompos, dan buatan.

C. Kesimpulan Pembahasan

Jadi pengertian pertumbuhan adalah proses yang di alami oleh makhluk hidup dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang sifatnya irreversible (tidak bisa kembali ke semula). Ciri pertumbuhan pada makhluk hidup seperti: Bertambahnya tinggi dan besar, Manusia, hewan dan tumbuhan akan mengalami pertumbuhan hari demi hari dari kecil, pendek, hingga menjadi tinggi.

Contoh pertumbuhan: manusia yang mulai dari anak-anak, remaja, hingga menjadi dewasa itu dinamakan pertumbuhan, atau hewan mulai dari hewan usia muda hingga hewan dengan usia dewasa, dan tumbuhan mulai dari biji hingga menjadi sebuah pohon yang besar.

Itulah penjelasan yang singkat mengenai definisi pertumbuhan dan cirinya secara umum, semoga dapat kamu pahami dan jika terdapat beberapa kesalahan mohon di maafkan, terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Pertumbuhan Secara Umum Dan Contohnya"

Pengertian Planet, Namanya, Urutannya, Dan Jenisnya Di Tata Surya
Langsung saja jika kamu ingin memahami tentang
Pengertian Matahari, Manfaat, Karakteristik, Dan Bagiannya Terlengkap
Inilah pengertian matahari dan manfaatnya beserta bagian-bagiannya.
Pengertian Tata Surya, Anggotanya, dan Susunannya Paling Lengkap
Berikut ini pengertian tata surya dan anggotanya,
Pengertian Grafis, Jenis Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap
Memahami secara umum tentang pengertian grafis serta jenis