Pengertian Budidaya, Manfaatnya Dan Contohnya Secara Umum

Berikut ini pengertian budidaya secara umum, disertai manfaatnya dan contohnya. Apa kamu pernah mendengar istilah budidaya? Istilah ini selalu berkaitan dalam proses memperbanyak sumber daya hayati, yang umumnya dalam bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan hewan. Saat ini banyak masyarakat yang menjadikan budidaya tanaman atau hewan sebagai sumber penghasilannya. Bagi kamu yang ingin mengetahui penjelasannya secara lengkap, maka baca saja dibawah ini.

A. Apa itu pengertian budidaya?

Yang dimaksud dengan budidaya adalah upaya yang terencana untuk memelihara dan mengembangbiakan tanaman atau hewan supaya tetap lestari sehingga dapat memperoleh hasil yang bermanfaat. Misalnya yang sering dibudidayakan yaitu tanaman, banyak sekali jenis tanaman yang dapat dibudidayakan mulai dari tanaman pangan, sayuran, dan tanaman hias sehingga dengan membudidayakannya bisa mendapatkan keuntungan. Profesi yang selau melakukan budidaya pada tanaman yaitu petani. Petani selalu menanam tanaman baik itu tanaman pangan, sayur-sayuranan, buah-buahan, hingga tanaman hias. Dari membudidayakan tanaman maka petani dapat menjual hasil dari proses produksi pertaniannya dan mendapatkan penghasilan. Selain tanaman, yang dapat di budidayakan yaitu hewan, misalnya seperti pada peternakan ayam dan sapi, atau perikanan ikan air tawar.

definisi budidaya

Penjelasan tentang budidaya

B. Manfaat budidaya

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari budidaya, misalnya:

  • Dapat memperoleh keuntungan baik dari segi ekonomis maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.
  • Dapat memperoleh hasil yang maksimal dari kualitas hasil produksi.
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena terbukanya lapangan pekerjaan.
  • Budidaya dapat di jadikan sebagai sarana untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam.
  • Dengan membudidayakan tanaman maka dapat membuat udara semakin bersih, dan lingkungan semakin sejuk.

C. Contoh budidaya

Berikut beberapa contoh budidaya yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan, misalnya:

1. Budidaya tanaman pangan

Yaitu budidaya yang kegiatannya menanam tanaman yang dapat menghasilkan karbohodrat dan protein serta dapat di konsumsi. Banyak sekali orang yang menanam tanaman jenis pangan karena hasilnya menguntungkan dari segi ekonomi dan tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. Beberapa contoh tanaman pangan misalnya seperti: padi, gandum, kacang tanah, ubi jalar, singkong, jagung, dan lain-lain.

2. Budidaya tanaman sayur

Yaitu kegiatan menanam tanaman yang menghasilkan bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya dari tumbuhan yang di tanam. Dari hasil proses produksi tanam menanam ini dapat menghasilkan tanaman yang dapat di konusmsi. Contoh sayuran yang sering di budidayakan kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lain-lain.

3. Budi daya tanaman buah

Yaitu kegiatan tanam menanam yang menghasilkan buah-buahan, sehingga dari hasilnya bisa mendapatkan keuntungan. Banayak sekali jenis tanman buah-buahan yang sering di budidayakan misalnya buah naga, anggur, jambu, apel, jeruk, mangga, cabe, semangka, melon, dan lain-lain.

Dalam membudidayakan tanaman biasanya masyarakat sering menanamnya secara langsung pada tanah lahan pertanian atau dengan cara hidroponik tanpa menggunakan tanah. (Baca Juga: Pengertian hidroponik, manfaatnya, dan contoh jenis tanamannya).

3. Budidaya perikanan

Yaitu kegiatan memelihara dan mengembangbiakan ikan sehingga mendapatkan hasil yang bermanfaat. Umumnya terdapat dua jenis ikan yang sering di dudidayakan yaitu ikan untuk di konsumsi dan ikan hias. Sebenarnya tidak hanya ikan saja yang dapat di budidayakan tapi juga organisme air lainnya misal speti kerang, udang, atau tumbuhan air lainnya.

4. Budidaya hewan ternak

Yaitu kegiatan memelihara, dan mengembang biakan hewan-hewan ternak supaya bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan. Saat ini budidaya hewan ternak sedang berkembang di kalangan masyarakat, beberapa contohnya seperti budidaya hewan ternak sapi, ayam, domba, kambing, dan lain-lain.

D. Kesimpulan

Jadi dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa yang di maksud dengan budidaya yaitu upaya yang terencana untuk memelihara dan mengembangkan tanaman atau hewan supaya tetap lestari serta dapat memperoleh hasil yang bisa dimanfaatkan. Manfaat dari budidaya misalnya dapat memperoleh penghasilan dari segi ekonomis, memeperoleh hasil produksi yang berkualitas, sebagai sarana untuk mengelola SDA, dan lain-lain. Beberapa contoh budidaya misalnya:

  • Budidaya tanaman pangan, seperti tanaman padi, singkong, ubi jalar, jagung, kacang tanah, dan lain-lain.
  • Budidaya tanaman sayur, seperti tanaman kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lain-lain.
  • Budidaya perikanan, seperti lele, nila, gurame, udang, kerang, dan organisme air lainnya.
  • Budidaya hewan ternak, seperti sapi, kambing, ayam, domba, dan lain-lain.

Akhir kata, Itulah pengertian budidaya dan contohnya secara umum, semoga dapat dipahami dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Budidaya, Manfaatnya Dan Contohnya Secara Umum"

Pengertian Prosa, Ciri-Cirinya, dan Jenis-Jenisnya Secara Umum
Memahami pengertian prosa secara umum beserta cirinya
Pengertian Unsur Ekstrinsik Dan Contohnya Pada Karya Sastra
Pengertian unsur ekstrinsik dalam suatu karya sastra
Pengertian Unsur Intrinsik Dan Contohnya Serta Macam-Macamnya
Silahkan pahami pengertian unsur intrinsik, macamnya, dan
Pengertian Diplomasi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya Secara Singkat
Mari pahami pengertian diplomasi, tujuan, dan ruang lingkupnya