Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya

Berikut ini pengertian tanaman hias, dilengkapi dengan jenis, contoh dan manfaatnya. Pastinya tanaman hias selalu identik dengan yang berbunga dan memiliki keindahan. Tapi sebenarnya tidak semua tanaman hias itu harus berbunga, ada juga yang memiliki keindahan dari segi daun ataupun dari tangkainya. Lalu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu tanaman hias secara lengkap, maka untuk mengetahuinya baca saja penjelasan pada tulisan ini.

A. Apa pengertian tanamana hias?

Yang dimaksud dengan tanaman hias adalah jenis tanaman yang ditanam untuk menciptakan kesan keindahan, kecantikan, dan menciptakan daya tarik. Tanaman hias merupakan tanaman yang umumnya ditanaman dihalaman rumah atau ditempatkan dalam ruangan menggunakan pot sebagai tempatnya.

Orang menanam tanaman hias umumnya bertujuan untuk memberikan kesan keindahan bagi tempat tinggalnya, baik itu menanam tanaman hias bunga, daun, ataupun buah, jika tanaman itu memiliki keindahan dan ditanam untuk menciptakan daya tarik maka dapat dikategorikan sebagai tanaman hias.

B. Jenis-Jenis Tanaman hias

a. Berdasarkan Jenis Tanamannya

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang sering ditanam di lingkungan sekitar kita, diantaranya:

1. Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga merupakan yang paling popuer dikalangan masyarakat, karena yang namanya bunga pada tanaman sangat identik sekali untuk dijadikan hiasan. Bunga tanaman tentunya memiliki berbagai macam bentuk dan warna tergantung jenis tanamannya. Tanaman jenis ini biasanya ditanam diluar ruangan pada tanah secara langsung atau menggunakan pot sebagai tempatnya. Beberapa contohnya seperti: bunga mawar, bunga melati, bunga matahari, bunga aster, bunga anggrek, bunga sepatu, bunga kamboja, dan sebagainya.

Gambar: pixabay.com – Bunga aster

2. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan tanaman yang memiliki keindahan dari segi daunnya, biasanya tanaman hias daun tidak berbunga. Tanaman hias jenis ini tentunya awet dan tidak mudah layu atau gugur seperti tanaman hias bunga. Tanaman jenis ini cocok sekali di tempatkan diluar maupun didalam ruangan. Beberapa contohnya seperti: Anthurium, Kuping gajah, suplir, aglaonema, palem kuning dan sebagainya.

Gambar: pixabay.com – tanaman aglaonema

3. Tanaman Hias Pohon

Yaitu pohon yang menarik untuk dijadikan sebagai tanaman hias, biasanya pohon yang ukurannya tidak terlalu besar dan memiliki keindahan dari segi batang/tangkainya. Tanaman Hias Pohon ini umumnya ditempatkan diluar ruangan seperti halaman umah atau taman. Pohon yang sering di jadikan hiasan misalnya: beringin, bambu jepang, bambu kuning, dan sebagainya.

Gambar: bacaterus.com – Tanaman palem kuning

4. Tanaman Hias Buah

Sebagian orang sering menjadikan tanaman yang menghasilkan buah sebagai hiasan juga. Karena perpaduan antara tangkai, daun, dan buahnya yang indah maka cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Beberapa contohnya seperti: cabe pelangi, lemon, jeruk nagami, dan sebagainya.

Gambar: pixabay.com – Tanaman buah lemon

5. Tanaman Hias akar

Merupakan tanaman yang memiliki keindahan dari segi akarnya. Biasanya supaya akar tanaman tersebut terlihat lebih indah maka harus ditata, tentunya dengan keterampilan khusus. Contohnya seperti adenium dan beringin.

Gambar: majalahasri.com – Tanaman adenium

b. Berdasarkan Jenis tempat ditanamnya/tumbuhnya

Adapun jenis tempat ditanamnya tanaman hias, diantaranya:

1. Tempat biasa

Maksudnya tanaman hias yang ditanam pada tanah atau pot dan ditempatkan didalam atau diluar ruangan, sehingga tanaman hias ini tidak digantung dan tidak hidup di air. Beberapa contoh tanaman yang sering ditanam ditanah atau pot seperti: bunga melati, bunga mawar, bunga sepatu, bunga aster, dan sebagainya.

2. Tempat Digantung

Merupakan tanaman hias yang ditanam dengan cara digantung, seperti tanaman hias yang ditanam pada pot atau dengan media lainnya, lalu digantung. Tanaman hias yang sering di gantung misalnya seperti bunga anggrek dan begonia.

3. Tempat Di Air

Meruapakan tanaman hias yang tempatnya hidupnya di air. Tanaman yang hidup di air sering disebut sebagai tanaman hidrofit, dengan ciri batangnya berongga dan berdaun lebar. Biasanya tanaman hias ini digunakan untuk memperindah kolam. Beberapa contohnya seperti bunga teratai, kala lili, kapu-kapu, dan sebagainya.

Baca juga: Pengertian kultur jaringan dan manfaatnya terlengkap.

C. Manfaat Tanaman Hias

Adapun beberapa manfaat yang dapat diambil jika menanam tanaman hias, diantaranya:

  • Meningkatkan perekonomian, sebagian orang bisa menjadikan tanaman hias sebagai sumber penghasilan
  • Dengan membudidaya tanaman hias dapat meningkatkan kualitas tanaman.
  • Dapat memperindah rumah dan juga lingkungan tempat tinggal.
  • Dapat meningkatkan penghijauan lingkungan.
  • Dapat menjaga dan meningkatkan kebersihan udara.
  • Karena tanaman hias dapat memperindah tempat tinggal dan membuat udara menjadi bersih maka bisa meredakan stress.

Demikian tulisan singkat tentang pengertian tanaman hias yang dilengkapi juga dengan jenisnya maupun manfaat tanaman hias. Semoga tulisan yang singkat ini dapat dipahami, jika terdapat kesalahan mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih sudah membacanya.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Menjelaskan Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Contoh, Dan Manfaatnya"

Pengertian Pantun, Ciri-Cirinya, Jenis-Jenisnya, Dan Contohnya
Memahami pengertian pantun, ciri-cirinya, jenis-jenisnya, dan contohnya.
Pengertian Prosa, Ciri-Cirinya, dan Jenis-Jenisnya Secara Umum
Memahami pengertian prosa secara umum beserta cirinya
Pengertian Unsur Ekstrinsik Dan Contohnya Pada Karya Sastra
Pengertian unsur ekstrinsik dalam suatu karya sastra
Pengertian Unsur Intrinsik Dan Contohnya Serta Macam-Macamnya
Silahkan pahami pengertian unsur intrinsik, macamnya, dan