Pengertian Udara, Manfaat Dan Cara Menjaga Kebersihannya

Berikut ini pengertian udara dan manfaatnya. Udara sangat penting bagi kehidupan yang ada di bumi, karena sumua makhluk hidup pasti membutuhkannya. Oleh sebab itu kita sebagai manusia yang merupakan makhluk hidup yang berakal harus menjaga udara supaya tetap bersih. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang definisi udara, dimana penjelasannya dapat kamu baca di bawah ini.

A. Apa itu Udara?

Yang dimaksud dengan udara adalah campuran gas yang ada pada permukaan bumi dan mengelilingi bumi. Udara terdiri dari campuran berbagai macam gas, diantaranya nitrogen 78%, oksigen 20%, Argon 0,93%, dan Karbon dioksida 0,03%, lalu sisanya berupa gas-gas lain. Sedangkan uap air yang terdapat dalam udara berasal dari penguapan air laut, sungai, dan lain-lain.

Dalam hal ini, gas yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup salah satunya yaitu Oksigen. Oksigen yang terdapat pada udara dihasilkan dari fotosintesis tumbuhan yang mengolah Karbon dioksida menjadi oksigen. Ketinggian permukaan bumi tentunya akan mempengaruhi keadaan udara, semakin tinggi permukaan dan semakin dekat dengan lapisan troposfer maka udara akan semakin berkurang. Lalu pada udara ada juga yang di sebut dengan lapisan ozon, yang fungsinya untuk melindungi makhluk hidup dari sinar ultraviolet.

Apa yang dimaksud dengan Udara?

D. Manfaat Udara

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari udara, diantaranya seperti:

  • Pada udara terdapat Oksigen yang berguna untuk bernafas.
  • Udara dapat mempengaruhi denyut jantung makhluk hidup.
  • Udara yang bersih terbebas dari polusi akan menghilangkan rasa stress, membuat lebih santai dan terasa segar bagi tubuh.
  • Udara yang bersih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Udara yang bersih dapat meningkatkan daya fikir atau dapat meningkatkan konsenterasi.
  • Udara dapat menentukan klasifikasi iklim, cuaca, maupun musim pada suatu tempat.
  • Uadara berguna untuk berkomunikasi, misalnya menghantarkan gelombang suara, dan untuk menghantarkan gelombang radio.
  • Udara bermanfaat untuk menyebarkan spora, pada tumbuhan tertentu udara berguna untuk menyebarkan spora atau benih-benihnya.
  • Pada udara terdapat karbondioksida yang berguna untuk tumbuhan berfotosintesis.
  • Udara melindungi bumi dari benda-benda ruang angkasa. Jika ada benda ruang angkasa yang jatuh kebumi maka akan terkikis dan hancur di atmosfear sehingga tidak jatuh ke bumi, atau bisa juga jatuh ke bumi tapi dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari udara.

C. Cara Menjaga kebersihan Udara

Saat ini banyak tempat-tempat yang udaranya sudah mulai tercemar, karena ulah segelintir manusia yang kurang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, karena yang merusak lingkungan itu umumnya manusia, jarang sekali atau tidak mungkin misalnya hewan sampai merusak lingkungan hidup. “Perlu di ingat bumi ini bukan hanya tempat hidup bagi manusia saja, tapi untuk semua makhluk hidup yang ada di dalamnya”. Berikut ini beberapa cara menjaga udara tetap bersih, diantaranya:

  • Melakukan penanaman kembali hutan yang sudah gundul.
  • Buatlah taman-taman atau hutan buatan di kota, tujuannya supaya polusi udara dari kendaraan bermotor dan pabrik bisa berkurang.
  • Utamakan gunakan kendaraan umum untuk bepergian. Sekarang sudah banyak kendaraan umum yang memadai, kalau kendaraan pribadi misalnya gunakan sepeda karena tidak menggunakan bahan bakar fosil.
  • Lakukan tebang pilih pada pohon, dan jangan lupa tanami kembali. Sehingga tidak menebang hutan sembarangan.
  • Selalu jaga kebersihan lingkungan, buang sampah pada tempatnya.
  • Gunakan bahan bakar fosil secukupnya atau jangan terlalu boros menggunakannya.
  • Dan masih banyak lagi cara menjaganya.

D. Kesimpulan

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa udara merupakan Yang dimaksud campuran gas yang ada pada permukaan bumi dan mengelilingi bumi. Udara terdiri dari campuran berbagai macam gas, diantaranya nitrogen 78%, oksigen 20%, Argon 0,93%, dan Karbon dioksida 0,03%, lalu sisanya berupa gas-gas lain. Manfaat udara misalnya seperti untuk bernafas, menentukan klasifikasi iklim, untuk penghantar suara maupun gelombang radio, dan lain-lain. Sedangkan cara menjaga udara supaya tetap bersih misalnya dengan melakukan penanaman kembali hutan, tebang pilih pohon, selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan lain-lain. Baca Juga: Pengertian polusi udara atau pencemaran udara secara jelas.

Akhir kata…, mari kita bersama-sama menjaga lingkungan supaya udara tetap bersih, karena udara yang bersih sangat penting bagi semua makhluk hidup. Semoga tulisan tentang pengertian udara ini dapat bermanfaat, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Udara, Manfaat Dan Cara Menjaga Kebersihannya"

Pengertian Sinkronik dan Contohnya serta Ciri-Cirinya Secara Umum
Memahami secara umum pengertian sinkronik, contohnya dan
Pengertian Diakronik Beserta Contohnya Dilengkapi Juga Ciri-Cirinya
Berikut ini pengertian diakronik dan contohnya yang
Pengertian Logika dan Fungsinya serta Contohnya Yang Sederhana
Berikut ini pengertian logika secara umum dilengkapi
Memahami Pengertian Berfikir Kritis Dan Manfaatnya Secara Umum
Berikut ini pengertian berfikir kritis, manfaatnya, ciri-cirinya dan