Rangkuman Pengertian PHP Dan Kegunaannya

Inilah rangkuman pengertian PHP dan kegunaannya – Pada tulisan kali ini kita akan memberikan penjelasan yang singkat mengenai PHP, kelebihan dan kekurangannya, maupun tipe data yang sering digunakan. PHP disini bukanlah singkatan dari “Pemberi Harapan Palsu”, tapi merupakan bahasa pemerograman yang populer saat ini, karena sering digunakan untuk membuat web dinamis maupun program komputer lainnya. Oke… untuk memahaminya secara lengkap baca saja definisi PHP di bawah ini.

A. Penjelasan PHP

Hypertext Preprocessor atau di singkat PHP adalah suatu bahasa pemerograman yang digunakan untuk membuat web dinamis, walau bisa juga digunakan untuk membuat program lain. Tentunya bahasa pemerograman PHP berbeda dengan HTML, pada PHP Script/kode yang di buat tidak dapat di tampilkan pada halaman/muka website begitu saja, tapi harus diproses terlebih dahulu oleh web server lalu di tampilkan dalam bentuk halaman website di web browser, Script PHP juga dapat di sisipkan pada HTML dan script PHP selalu diawali dengan <?php dan di akhiri dengan ?>. Manajamen database yang biasanya digunakan untuk pemerograman PHP misalnya seperti MySQL, tapi ada juga yang menggunakan Oracle, Microsoft Access, dan lain-lain. PHP disebut juga sebagai bahasa pemerograman script server side, karena PHP di proses pada komputer server.

Tepatnya tahun 1995, Rasmus Lerdorf mengembangkan bahasa pemerograman PHP, dan saat ini dikelola oleh The PHP Group. Selain digunakan untuk pemerograman web dinamis PHP juga dapat di gunakan untuk membangun sebuah CMS. (Baca juga: Pengertian Web Dinamis Dilengkapi Contohnya).

definisi php

Apakah yang dimaksud PHP?

B. Kelebihan PHP Dan Kekurangan PHP

Berikut beberapa kelebihan bahasa pemerograman PHP, misalnya:

  • Banyaknya web server yang mendukung bahasa pemerograman PHP sehingga konfgurasinya semakin mudah. Beberapa web server misalnya Apache, IIS, Xitami, Nginx, dan Lain-Lain
  • Pengembangan bahasa pemerograman PHP tergolong lebih mudah, karena banyak developer yang membantu mengembangkannya maupun menggunakannya.
  • Relatif mudah untuk dipahami, karena sekarang ini banyak sekali tersebar materi-materi/referensi untuk mempelajari PHP.
  • Bahasa pemerograman PHP juga dapat di sisipkan kedalam HTML.
  • Cocok digunakan untuk pemerograman web dinamis, walau bisa juga untuk membuat program komputer lainnya.
  • PHP merupakan bahasa pemerograman bersifat Open Source, sehingga dapat di gunakan di banyak sistem operasi komputer dan tentunya gratis. (Baca juga: Pengertian Open Source Dan Contohnya Lengkap)

Berikut beberapa kekurangan bahasa pemerograman php, misalnya:

  • Keamanan yang kurang baik, jika programer tidak memperhatikan keamanan dari  program yang dibuatnya.
  • Saat ini untuk encoding kode PHP tergolong sangat mahal, karena membutuhkan tool tertentu.
  • Kurang cocok untuk pengembangan program komputer bersekala besar.

C. Jenis/Tipe Data Pada PHP

Berikut ini beberapa jenis/tipe data yang sering digunakan pada bahasa pemerograman php, diantaranya:

a. Integer

Merupakan tipe data PHP berupa mbilangan bulat. Tipe data ini sering sekali digunakan pada pemerograman PHP khususnya yang berkaitannya dengan bilangan bulat.

b. Float

Dapat di katakan juga bilangan berkoma (,). tapi dalam pemerogramannya tidak menggunakan koma melainkan titik (.).

c. String

Merupakan tipe data berupa karakter. Didalamnya bisa berupa teks, atau kata.

d. Boolean

Merupakan tipe data yang bisa bernilai True atau False. Tipe data boolean biasanya digunakan untuk logika, sepertipada pada kondisi if atau looping (pengulangan).

e. Array

Merupakan kumpulan dari tipe data, didalamnya memiliki banyak nilai. Jadi dapat dikatakan array merupakan tipe data yang terdiri darikumpulan tipe data.

f. Objek

Tipe data objek dapat berupa bilangan, fungsi, maupun variabel. Tipe data ini digunakan supaya programer terbiasa dengan Objek Oriented Programing (OOP). Sehingga data yang dimasukan pada srcript program dapat diringkas.

D. Kesimpulan

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud PHP yaitu suatu bahasa pemerograman yang berguna untuk membuat web dinamis, walau bisa juga untuk membuat program komputer lainnya. Tipe data yang sering digunakan dalamp emerograman PHP misalnya Interger, string, Float, boolean, array, dan objek.

Akhir kata… mungkin itulah rangkuman mengenai pengertian PHP (Hypertext Preprocessor). Semoga penjelasannya dapat di pahami, serta semoga bisa bermanfaat juga bagi para pembaca sekalian jika ada kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Teknologi

Related Post "Rangkuman Pengertian PHP Dan Kegunaannya"

Pengertian Animasi Dan Jenisnya Serta Prinsipnya
Memahami pengertian animasi dan jenisnya yang dilengkapi
Pahami Pengertian Mouse Dan Fungsinya Pada Komputer
Pengertian mouse dan fungsinya pada komputer dilengkapi juga
Pengertian WiFi Dan Fungsinya Maupun Cara Kerjanya
Rangkuman definisi atau pengertian WiFi dan fungsinya
Pengertian Linux Dan Contohnya Secara Singkat
Berikut ini definisi atau pengertian linux dan