Memahami Pengertian Web Server Dan Cara Kerjanya

Silahkan pahami definisi atau pengertian web server dan cara kerjanya, yang dilengkapi juga dengan beberapa contohnya. Bagi para web master, mungkin istilah web server sudah tidak asing lagi dan mungkin saja orang-orang yang sering berselancar di internet sudah tidak asing juga dengan istilah yang satu ini. Tapi bagi kamu yang belum sepenuhnya memahami atau bahkan belum benar-benar mengetahui apa itu web server mari kita baca penjelasannya di pembahasan yang singkat ini.

A. Penjelasan Web Server

Yang dimaksud dengan Web Server adalah suatu perangkat lunak (software) yang fungsinya untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS yang berasal dari client (web browser) dan mengirimkan respon atas permintaan tersebut kepada client dalam bentuk halaman web. Atau secara singkat definisi Web Server yaitu server yang memberikan layanan kepada client yang dimana client tersebut meminta informasi yang ada hubungannya dengan halaman web.

Secara umum web server terdiri dari dua unsur yaitu komputer dan perangkat lunak server web yang digunakan, jadi komputer dapat digunakan sebagai server web. Web Server dapat berkomunikasi dengan client yaitu menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Dengan protokol HTTP dan HTTPS maka komunikasi antar server dan client dapat saling terhubung serta dapat di mengerti dengan mudah.

contoh web server

Apa itu Web Server?

B. Fungsi Web Server

Seperti pada penjelasan di atas tadi bahwa fungsi web server yaitu untuk menyimpan dan mentransfer dokumen atau informasi yang di minta oleh client dengan protokol HTTP atau HTTPS. Tentunya pada sebuah web terdapat berbagai jenis dokumen mulai dalam bentuk teks, gambar, audio dan video. Maka web server juga dapat berfungsi untuk mengirimkan pemberkasan dalam halaman tersebut yang didalamnya bisa termasuk gambar, teks, audio maupun jenis file lainnya. (Baca juga: Memahami pengertian HTTP dan fungsinya singkat)

Saat akan mengakses halaman web yang ada pada server, biasanya kita akan mengetikan halaman web tersebut di addres bar sebuah web browser (chrome, mozilla, opera, safari, dll.) lalu setelah alamatnya di ketikan dengan benar maka kita akan menekan tombol enter atau tombol panah pada address bar di web browser supaya halaman web yang kita inginkan dapat di akses. Maka disinilah Web Server akan bekerja, web server akan mencarikan data atau berkas yang di minta oleh client. Setelah berkas yang di minta client ditemukan maka akan dikirim dan ditampilkan pada web browser, tapi jika data yang di minta tidak di temukan maka web server akan mengirimkan pesan tertentu.

C. Cara Kerja Web Server

Sebenarnya cukup sederhana cara kerja dari web server yaitu menerima permintaan dari client, setelah file atau berkas ditemukan lalu web server mengirimkannya kembali ke client. Seperti yang sebelumnya sudah di jelaskan bahwa yang dimaksud client disini yaitu web browser yang dapat menampilkan halaman web.

Web server memiliki perangat lunak/software yang terdapat pada komputer yang di jadikan server, dan pada komputer server tersebut data halaman web dan file lainnya disimpan. Sama dengan komputer client, komputer server juga harus terhubung ke jaringan komputer misalnya seperti jaringan lokal atau internet, supaya server web dapat di akses oleh internet.

Jika sedikit di uraikan cara kerja web server seperti: client meminta data web kepada web server, maka perintah atau permintan tersebut akan di kemas kedalam bentuk TCP lalu dikirimkan ke alamat protokol HTTP atau HTTPS (HTTP dan HTTPS merupakan protokol yang digunakan untuk WWW). Data web yang diminta client akan dicari oleh web server di dalam komputer server. Jika data tersebut ditemukan maka akan dikemas oleh web server dalam bentuk TCP, lalu dikirimkan ke client untuk di tampilkan. Jika data yang di minta client tidak berhasil di temukan maka web server akan menampilkan pesan kepada client seperti error, page not found atau halaman tidak di temukan, dll.

D. Contoh Web Server

Adapun beberapa contoh perangkat lunak Web Server yang ada saat ini, diantaranya seperti:

a. Apache HTTP Server

Apache yaitu suatu server web yang bisa berjalan pada berbagai macam operating system (Windows, Unix, Linux, dll.) yang fungsinya tentu untuk melayani situs web. Protokol yang digunakan oleh apache yaitu HTTP. Apache didukung oleh sejumlah antarmuka GUI (Graphical User Interface) yang memungkinkan pengelolaan dan penanganan server menjadi cukup mudah jika terjadi kesalahan. Karena bersifat gratis dan mudah digunakan maka apache saat ini menjadi salah satu web server yang banyak di gunakan oleh para web master.

b. XAMPP

XAMPP merupakan software yang gratis dan mendukung banyak sekali operating sistem. Fungsinya yaitu sebagai server yang dapat berdiri sendiri atau dengan kata lain localhost. XAMPP terdiri dari HTTP Server, MYSQL Database, dan mendukung bahasa pemerograman PHP dan juga Perl. XAMPP merupakan kependekan dari X (dan empat sistem operasi) Apache, Mysql, PHP dan Perl. XAMPP merupakan perangkat lunak web server yang cukup mudah digunakan untuk web dinamis.

c. Nginx

Nginx yaitu web server yang bersifat open source, sama seperti Apache. Web server nginx (dibacanya Engie x) ini cukup mudah di konfigurasikan sehingga cukup mudah untuk digunakan, installasi nginx juga tergolong mudah, dan mendukung banyak operating system. Selain itu nginx juga terkenal dengan kestabilannya, serta konsumsi sumber daya yang tidak terlalu boros. Saat ini banyak sekali yang menggunakan nginx sebagai web server, khususnya web-web yang memiliki trafik tinggi. (Baca juga: Mengetahui pengertian website dan jenisnya)

d. Microsoft Internet Information Services / Microsoft IIS

Yaitu sebuah http web server yang digunakan pada operating system sever windows, dimulai dari NT 4.0 server, Windows 2000 server, dan Windows 2003 server. Microsoft Internet Information Service merupakan salah satu web server yang sifatnya berbayar dan banyak digunakan saat ini. Microsoft Internet Information Services hanya mendukung operating system microsoft saja.

Cukup, hanya itu saja artikel yang menjelaskan tentang pengertian web server dan beberapa contohnya yang dapat kami berikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan tentunya dapat di pahami juga serta mohon maaf jika ada kesalahan.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Teknologi

Related Post "Memahami Pengertian Web Server Dan Cara Kerjanya"

Mengenal Pengertian Web Browser Dan Contohnya
Apa pengertian web browser dan contohnya maupun
Pahami Pengertian Hardware Dan Contohnya Pada Komputer
Memahami seputar definisi atau pengertian hardware dan
Memahami Pengertian HTTP Dan Fungsinya Singkat
Memahami definisi atau  pengertian HTTP dan fungsinya
Pengertian Database Dan Keuntungannya Yang Didapat
Seputar definisi atau pengertian database dan keuntungannya