Pahami Pengertian Hardware Dan Contohnya Pada Komputer

Memahami seputar definisi atau pengertian hardware dan fungsinya yang disertai dengan contohnya. Istilah hardware sering kita kenal pada perangkat komputer, karena komputer tersusun atas perangkat hardware dan software. Mungkin saja kalian yang baru mengenal istilah ini merasa asing atau kurang mengetahui apa itu maksudnya. Sebenarnya istilah hardware dapat dikatakan juga sebagai perangkat keras yang ada pada sebuah komputer, untuk memahaminya lebih jelas mari baca pembahasannya pada tulisan ini.

A. Penjelasan Hardware

Yang dimaksud dengan Perangkat Keras komputer atau Hardware adalah suatu alat yang memiliki fisik, dapat di lihat, dapat di raba, dan memiliki fungsi tertentu pada sebuah komputer. Atau hardware dapat di artikan juga sebagai perangkat yang memiliki bentuk fisik pada komputer sehingga dapat dilihat dan disentuh. Salah satu fungsinya yaitu untuk mendukung melakukan komputerisasi, misalnya seperti menerima input data, mengolah data, dan menyimpan data, maupun mengeluarkan hasil pengolahan data.

B. Jenis-Jenis Hardware

Secara umum hardware terbagi kedalam 3 (tiga) macam, diantaranya sebagai berikut:

a. Input Device / Perangkat Masukan

Perangkat masukan yaitu perangkat keras yang fungsinya untuk memasukan data-data pada komputer, data yang di masukan dapat berupa teks, gambar, audio, dan video. Contoh perangkat masukan misalnya seperti mouse, keyboard, scanner, webcam, microphone, dan sebagainya.

b. Process Device / Perangkat Pemerosesan

Perangkat pemerosesan digunakan untuk memproses atau mengolah data-data pada komputer. Perangkat ini dapat dikatakan juga sebagai otak dari sebuah komputer, karena merupakan perangkat yang penting untuk melakukan proses terhadap data-data yang dimasukan. Contoh perangkat pemerosesan yaitu CPU (Central Processing Unit), VGA, RAM, dan sebagainya.

c. Output Device / Perangkat Keluaran

Perangkat keluaran yaitu perangkat yang fungsinya untuk menampung dan menghasilkan data-data lalu dikeluarkan melalui perangkat lain. Misalnya data yang dikeluarkan dalam bentuk teks, gambar, audio maupun video. Contoh perangkat keluaran misalnya seperti monitor, proyektor, printer, dan sebagainya.

definisi hardware komputer

Apa yang dimaksud hardware pada komputer?

Tapi ada juga yang membagi hardware kedalam 5 (lima) macam, diantaranya seperti yang di atas tadi perangkat input, proses, dan output ditambah dengan perangkat penyimpanan dan perangkat tambahan.

d. Storage / Unit Penyimpanan

Unit Penyimpanan yaitu komponen untuk menyimpan data atau informasi pada komputer. Salah satu contoh unit penyimpanan yaitu harddisk. Harddisk yaitu suatu hardware yang fungsinya sebagai unit penyimpanan data pada komputer, harddisk termasuk kedalam tempat penyimpanan sekunder pada komputer. Saat ini harddisk tidak hanya terpasang di bagian dalam komputer saja, tapi ada juga yang di pasang di luar komputer atau yang lebih di kenal dengan sebutan harddisk eksternal.

e. Periferal / Perangkat Tambahan

Perangkat tambahan yaitu suatu perangkat yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan intruksi atau perintah pengguna. Salah satu contoh perangkat tambahan yaitu modem. Modem merupakan perangkat keras yang fungsinya sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat menghubungkan sebuah komputer ke jaringan internet.

(Baca juga: Ketahui pengertian perangkat lunak atau software komputer).

C. Contoh Hardware Pada Komputer

Di bawah ini beberapa contoh hardware pada komputer berdasarkan jeni-jenisnya.

a. Contoh Pada Input Device

1. Keyboard

Keyboard merupakan hardware yang bentuknya seperti papan dan memiliki berbagai macam tombol, yang fungsinya untuk memasukkan huruf, angkat, ataupun simbol yang di inginkan oleh pengguna komputer.

2. Mouse

Mouse merupakan hardware yang berfungsi untuk menggerakan kursor/pointer pada layar komputer sehingga dapat memudahkan untuk memilih menu-menu yang ada pada komputer, melakukan proses dan mengedit data.

3. Scanner

Scanner merupakan hardware yang berfungsi untuk menduplikat objek (seperti gambar, catatan dll) kedalam bentuk digital.

Masih ada contoh dari perangkat masukan, misalnya seperti joystick untuk bermain game, webcam, dan sebagainya.

b. Contoh Pada Process Device

1. CPU / Processor

Processor sering di sebut sebagai otak dari suatu komputer yang dapat mengontrol berbagai proses pada suatu komputer. Processor dapat menjalankan intruksi, pengolahan, perhitungan, maupun dapat menjalankan perintah input dan output.

2. VGA

VGA atau Video Graphics Accelerator yaitu perangkat keras pada komputer yang fungsinya untuk memproses atau mengolah grafis, lalu hasil prosesnya akan ditampilkan pada monitor.

3. RAM

RAM / Random Access Memory yaitu perangkat keras yang fungsinya untuk penyimpanan data sementara pada komputer. RAM akan menyimpan dan menyuplai data yang di perlukan oleh CPU/Processor untuk di olah menjadi informasi.

Masih ada contoh dari perangkat pemerosesan, misalnya seperti power supply, LAN card, dan sebagainya.

c. Contoh Pada Output Device

1. Monitor

Monitor dapat dikatakan sebagai perangkat keras berbentuk layar untuk menampilkan hasil pemerosesan data-data dalam berbagai bentuk, misalnya dalam bentuk teks, gambar dan video. Monitor juga memiliki berbagai macam ukuran layaknya seperti televisi.

2. Proyektor

Proyektor yaitu suatu alat optik yang fungsinya untuk menampilkan gambar hasil pemerosesan, pada bidang datar (Layar proyeksi, atau permukaan datar lainnya). Gambar tersebut dapat berupa gambar, video, teks dan sebagainya.

3. Printer

Printer berfungsi untuk mencetak data atau informasi hasil pengolahan komputer, umumnya data (teks, gambar, grafik, dll) tersebut dicetak pada media kertas.

Masih ada contoh dari perangkat keluaran, misalnya seperti speaker dan headset.

d. Contoh Pada Storage

1. Harddisk

Harddisk yaitu hardware yang fungsinya sebagai unit penyimpanan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Harddisk termasuk kedalam tempat penyimpanan sekunder pada komputer. Saat ini harddisk tidak hanya ada di dalam komputer saja tapi ada juga harddisk yang potrable atau yang dikenal dengan sebutan harddisk eksternal.

2. Flashdisk

Flashdisk merupakan alat penyimpanan data pada komputer, Flashdisk memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Umumnya Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan dengan harddisk tapi seiring berkembangnya teknologi penyimpanan Flashdisk-pun semakin besar. Umumnya Flashdisk hanya di gunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

3. Optical Disk

Merupakan media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).

(Baca juga: Pengertian sistem komputer dan komponennya terlengkap).

e. Contoh Pada Periferal

1. Modem

Modem merupakan perangkat keras yang fungsinya sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Dengan modem maka komputer dapat terhubung ke internet.

2. TV Tuner

TV Tuner merupakan perangkat tambahan yang dapat memungkinkan sebuah komputer dapat menerima sinyal televisi. Maka dengan TV Tuner komputer dapat menayangkan siaran TV dari stasiun-stasiun televisi.

Dari tulisan atau pembahasan di atas jika ditemukan beberapa kesalahan mohon di maafkan. Sekian tulisan tentang pengertian hardware, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Teknologi

Related Post "Pahami Pengertian Hardware Dan Contohnya Pada Komputer"

Rangkuman Pengertian PHP Dan Kegunaannya
Inilah rangkuman pengertian PHP dan kegunaannya –
Pengertian Animasi Dan Jenisnya Serta Prinsipnya
Memahami pengertian animasi dan jenisnya yang dilengkapi
Pahami Pengertian Mouse Dan Fungsinya Pada Komputer
Pengertian mouse dan fungsinya pada komputer dilengkapi juga
Pengertian WiFi Dan Fungsinya Maupun Cara Kerjanya
Rangkuman definisi atau pengertian WiFi dan fungsinya