Pengertian Etika Bisnis Dan Contohnya Lebih Umum

Definisi atau pengertian etika bisnis dan contohnya maupun manfaat yang didapatkan. Dalam hidup ini kita harus memiliki etika, karena orang yang beretika baik akan selalu di hargai dan di hormati orang lain. Begitupun dalam berbisnis harus memiliki etika yang baik, supaya dapat di percaya oleh konsumen dan tentunya oleh mitra kerja juga. Apakah itu etika bisnis? Mengapa sangat penting sekali? Apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya mari kita baca dan memahaminya di tulisan yang singkat ini.

A.  Penjelasan Etika Bisnis & Tujuannya

Etika Bisnis adalah cara-cara saat melakukan kegiatan berbisnis yang mencangkup semua aspek, baik itu yang berkaitan dengan seorang individu, perusahaan, maupun masyarakat. Etika bisnis dapat membangun dan membentuk nilai-nilai, norma dan perilaku yang baik dalam berbisnis. Misalnya dalam perusahaan etika bisnis dapat membentuk perilaku karyawan yang baik, serta dapat membangun hubungan bisnis yang baik juga dengan konsumen maupun mitra kerja perusahaan. Karena setiap perusahaan dalam berbisnis meyakini bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki etika, bisnis yang mematuhi peraturan hukum atau peraturan yang berlaku. Dalam suatu perusahaan etika bisnis dapat menjadikan pedoman untuk melaksanakan aktivitas dalam bekerja, yang dimana bekerja dilandasi dengan etika, moral, kejujuran dan profesionalisme.

Sedangkan tujuan etika bisnis salah satunya adalah memberikan kesadaran akan moral dan memberikan batasan kepada para pelaku bisnis supaya dalam menjalankan bisnisnya dengan bersikap baik, sehingga tidak berperilaku yang dapat merugikan banyak pihak yang ada hubungannya dengan bisnis tersebut. Jadi etika bisnis dapat mengatur dan mengarahkan para pelaku bisnis untuk mewujudkan manajemen maupun citra yang baik dalam berbisnis, sehingga bisnis tersebut dapat di ikuti oleh semua orang yang mempercayai adanya bahwa bisnis itu memiliki etika yang baik.

definisi etika bisnis

Bagaimana bisnis yang beretika?

Dan dengan etika bisnis juga maka kegiatan bisnis dapat jauh dari citra buruk seperti citra yang kotor, licik dan penuh dengan penipuan. Ciri-ciri bisnis yang memiliki etika baik diantaranya seperti tidak merugikan pembisnis atau usaha orang lain, tidak melanggar aturan atau hukum yang berlaku, tidak membuat suasana yang tidak kondusif pada saingan bisnisnya, dan memiliki izin usaha yang sah serta jelas. (Baca juga: Seputar pengertian komunikasi bisnis dan menurut para ahli).

B. Manfaat Etika Bisnis Untuk Perusahaan

Beberapa manfaat yang bias di dapatkan dari etika bisnis bagi perusahaan diantaranya seperti:

1. Dapat Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Etika bisnis sangat penting bagi perusahaan, terutama perusahaan besar yang dimana memiliki banyak sekali karyawan yang tidak saling mengenal. Setiap karyawan pada perusahaan akan terikat dengan peraturan standar etis yang sama, maka jika ada suatu kasus yang timbul maka akan mengambil keputusan yang sama.

2. Perusahaan Dapat Menjelaskan Bagaimana Menilai Tanggung Jawab Sosialnya

Dengan biasa menjelaskan tanggung jawab sosial atau dengan mengunakan pendekatan sosial perusahaan tidak hanya mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi saja, tapi mendapatkan keuntungan dari segi sosialjuga. Jika perusahaan telah bertanggung jawab dari segi sosial maka usaha akan berjalannya secara baik, sehingga secara tidak langsung perusahaan akan terhindar dari konflik sosial yang dapat merugikan.

3. Dapat menyediakan Perusahaan atau Dunia Bisnis Kemungkinan Untuk Mengatur Dirinya Sendiri

Hal ini disebut juga dengan “self regulation”, merupakan suatu proses dimana individu dapat mengatur pencapaiannya sendiri. Dapat menentukan target mereka, melakukan evaluasi terhadap kesuksesan mereka ketika telah tercapainya target tersebut, dan memberikan penghargaan kepada diri mereka sendiri karena mereka telah mencapai target yang diinginkannya.

4. Dapat Membantu Menghilangkan Grey Area Pada Bidang Etika

Misalnya kesetaraan penerimaan gaji, penggunaan tenaga kerja di bawah umur dan kewajiban perusahaan dalam menjaga lingkungan hidup. Sehingga perusahaan memiliki batasan-batasan dalam menjalankan bisnisnya.

5. Dapat Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.

Memiliki daya saing saat ini sudah menjadi keharusan bagi setiap perusahaan. Karena jika suatu perusahaan tidak memiliki daya saing, usahanya tidak akan bertahan lama. Jika suatu usaha atau bisnis memiliki etika yang baik, maka bisnisnya akan mengalami perkembangan dan semakin meningkatkan daya saing maupun kemampuannya untuk bersaing di pasaran dengan perusahaan atau pembisnis lain.

6. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Investor Pada Perusahaan

Bagi perusahaan yang sudah go publik maka akan mendapatkan manfaat berupa meningkatnya kepercayaan para investor untuk berinvestasi. Jika terjadi kenaikan harga saham maka biasanya akan menarik minat investor untuk berinvestasi atau membeli saham perusahaan.

7. Dapat Membangun Citra Positif Perusahaan

Etika bisnis juga dapat membangun citra yang baik tentang perusahaan di mata para mitra bisnis maupun para konsumen. Maka dengan citra yang baik akan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut.

(Baca juga lebih lengkap: Pengertian peluang usaha secara umum dan contohnya).

C. Prinsip Etika Bisnis

1. Memiliki Kejujuran Saat Berkomunikasi & Bersikap

Ketika membangun suatu bisnis diperlukan kejujuran saat berkomunikasi maupun bersikap dengan mitra kerja dan juga konsumen, sehingga usaha yang dibagun akan semakin di percaya.

2. Selalu memenuhi Janji Dan Komitmen

Pembisnis yang baik harus selalu memenuhi setiap janjinya dan selalu berkomitmen dalam menjalankan usaha bisnisnya.

3. Memiliki Integritas

Maksudnya dalam berbisnis atau menjalankan usaha maka diperlukan konsistensi pada pemikiran, ucapan maupun perbuatan.

4. Memiliki Loyalitas

Lalu yang penting lainnya dalam berbisnis yaitu memiliki loyalitas yang tinggi terhadap bisnis yang di jalani. Loyalitas dapat dilihat dari kerja keras dan keseriusan dalam menjalani bisnis, bekerja sesuai dengan visi dan misi, serta tidak mencampur adukan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi.

D. Contoh Bisnis Yang Beretika

Salah satu contoh singkat bisnis yang beretika misalnya, ada suatu perusahaan yang bergerak di bidang makanan dia berinovasi menambahkan bumbu-bumbu tertentu untuk makanannya, perusahaan ini tidak melanggar aturan karena dia tidak menjiplak resep perusahaan lain karena dia berinovasi dengan resep yang sudah ada yang dia miliki. Lalu perusahaan ini mendapatkan hak paten dan mengajukan izin produksi makanan pada dinas kesehatan, setelah melalui tahapan-tahapan perizinan seperti izin usaha, ijin produksi dan lain-lain maka perusahaan ini telah secara sah atau legal menjalankan usahanya.

Bagaimana apakah kamu sudah memahami tentang etika bisnis setelah membaca penjelasan singkat ini? Itulah tulisan yang singkat namun jelas mengenai pengertian etika bisnis dan manfaat yang bias didapatkan, kalau ada salah mohon dimaafkan, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Etika Bisnis Dan Contohnya Lebih Umum"

Pengertian Produk Dan Contohnya Yang Dihasiklan Perusahaan
Pahami secara baik-baik definisi atau pengertian produk
Pengertian Pariwisata Dan Jenis-Jenisnya Rangkuman Lengkap
Kenali definisi atau pengertian pariwisata dan juga
Ringkasan Pengertian Asuransi Konvensional Dan Manfaatnya
Ringkasan definisi atau pengertian asuransi konvensional yang
Pengertian Pelayanan Prima Dan Contohnya Beserta Tujuannya
Berikut ini rangkuman secara jelas tentang definisi