Pengertian Peluang Usaha Secara Umum Dan Contohnya

Sekilas tentang definisi atau pengertian peluang usaha secara umum, ciri potensial, faktor yang mempengaruhi, dan contohnya lengkap – Istilah peluang usaha tentunya sudah tidak aneh lagi bagi para pembisnis/usahawan, tetapi tidak semua orang mengerti apa yang dimaksud dengan peluang usaha, lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasannya secara lengkap.

A. Pengertian Peluang Usaha Secara Umum

Kata Peluang jika dalam bahasa Inggris yaitu “Opportunity”, dapat diartikan sebagai Kesempatan yang muncul dari suatu kejadian ataupun momen. Istilah Peluang Usaha sendiri terdiri dari 2 (dua) kata yaitu dari kata Peluang dan kata Usaha. Kata Peluang dapat diartikan sebagai kesempatan yang datang atau sesuatu yang terjadi yang bisa menghasilkan keuntungan. Sedangkan Kata Usaha dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk mengarahkan tenaga dan pikiran dalam mencapai target atau tujuan.

Jadi dapat disimpulkan Pengertian Peluang Usaha adalah suatu kesempatan yang datang, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Atau dapat didefenisikan juga sebagai kesempatan yang muncul pada waktu tertentu yang dapat memberikan kesempatan besar untuk memperoleh keuntungan, jika dalam kesempatan itu dilakukan suatu tindakan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran.

pengertian peluang usaha
sumber: pixabay.com

B. Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Potensial

Adapun beberapa ciri dari peluang usaha yang potensial, diantaranya:

  • Memiliki nilai jual tinggi.
  • Peluang tersebut bukan hanya sekedar ambisi saja, tetapi harus bersifat nyata.
  • Dapat bertahan lama atau berkelanjutan di pasar.
  • Usaha tersebut tidak bersifat musiman, tapi bisa berkelanjutan.
  • Skala usaha tersebut dapat diperbesar atau di tingkatkan.
  • Tidak akan menghabiskan modal terlalu banyak, investasinya tidak terlalu besar tapi sangat berpotensi menguntungkan, dan lain-lain

C. Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Baik

Adapun beberapa ciri dari peluang usaha yang baik, diantaranya:

1. Peluang tersebut asli/orisinil

Peluang usaha yang baik tidak meniru orang lain tapi asli hasil riset dan pemikiran diri sendiri. Karena umumnya usaha yang sukses itu harus beda dari orang lain dan tidak meniru yang sudah ada, karena jika meniru orang lain hasil yang di dapatkan belum tentu sama.

2. Peluang tersebut harus bisa mengantisipasi perubahan persaingan di pasar

Peluang usaha yang baik harus dapat bersaing dan memenuhi kebutuhan pasar di sekarang maupun masa yang akan datang. Jadi jika di usaha tersebut harus dapat di inovasikan lagi sesuai perkembangan pasar.

3. Terdapat keyakinan bisa mewujudkannya

Peluang usaha yang baik tentunya harus dapat meyakinkan usahawan untuk mewujudkannya dan berpeluang untuk sukses dalam menjalankannya.

4. Peluang tersebut harus sesuai dengan keinginan

Peluang usaha yang baik tentunya harus sesuai dengan keinginan diri sendiri, supaya bisa bertahan lama dan usahawan-pun semangat dalam berinovasi.

5. Kelayakan usahanya sudah teruji

Peluang usaha yang baik kelayakannya harus benar-benar sudah teruji, sehingga dapat di lakukan uji coba di pasaran.

6. Terdapat rasa senang jika menjalankannya

Peluang usaha yang baik juga harus dapat meyakinkan usahawan bahwa dengan menjalankan usaha tersebut usahawan akan merasa senang dan suka.

Baca Juga: Pengertian Wirausaha dan Keuntungannya serta Jenisnya

D. Faktor Yang Dapat Atau Mempengaruhi Munculnya Inspirasi Peluang Usaha

Faktor tersebut di bagi menjadi 2 (dua) macam diantaranya:

1. Faktor yang berasal dari dalam/diri sendiri (Faktor Internal)

  • Merupakan faktor yang dapat muncul dari diri sendiri.
  • Pengetahuan atau wawasan yang dimilikinya.
  • Pengalaman dalam dunia bisnis atau usaha.
  • Pengalaman dan kemampuan saat menyelesaikan suatu masalah.
  • Kemampuan atau memahami akan sesuatu atau kondisi.

Faktor internal dapat menjadi suatu alat untuk menemukan inspirasi mengenai objek yang dihadapi, dengan kreativitas orang itu sendiri. Inspirasi yang muncul dapat menjadi proses pemilihan dari banyak gagasan atau ide yang telah di dapatkan. Sehingga akan ditemukan ide yang memiliki nilai jual tinggi, yang ada hubungannya dengan dunia bisnis/usaha. Adapun beberapa ciri ide yang baik dalam melihat peluang usaha, misalnya:

  • Memiliki keunggulan dalam persaingan.
  • Ide yang mampu memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen.
  • Ide tersebut dapat di inovasikan terus menerus, artinya tidak sementara.
  • Dapat dinilai dengan uang atau penghasilan.
  • Dapat menyelesaikan masalah baik itu untuk diri sendiri atau orang lain.

2. Faktor yang berasal dari luar (Faktor Eksternal)

  • Permasalahan yang dihadapi dan belum terselesaikan.
  • Kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan.
  • Pemikiran yang baik untuk menciptakan sesuatu yang baru dari suatu keadaan.
  • Kebutuhan yang belum tercukupi atau terpenuhi untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

E. Sumber Peluang Usaha

Adapun sumber-sumber yang dapat menjadi peluang usaha, misalnya berasal dari:

1. Dari diri sendiri

Peluang usaha yang memiliki potensial tinggi adalah dari diri sendiri, misalnya ide tersebut didapatkan dari hobi, keahlian pengetahuan dan dari riset atau pengamatan lingkungan, alasan mengapa peluang yang baik datangnya dari diri sendiri yaitu:

  • Karena untuk menjalankan usaha harus konsisten dan berkomitmen, sehingga usahawan harus menyukai usaha tersebut.
  • Karena untuk menjalankan usaha membutuhkan proses yang cukup panjang, sampai usaha tersebut membuat usahawan sukses dan bahagia.
  • Keberhasilan dalam menjalankan usaha yaitu dengan terus mencoba dan pantang menyerah, dengan didukung kreativitas serta memiliki pengetahuan yang mencukupi.

2. Dari lingkungan

Banyak sekali peluang untuk menjalankan usaha yang sumber idenya didapatkan dari lingkungan sekitar, misalnya:

  • Usaha yang dimiliki orang tua yang terus di kembangkan lagi dan lagi, sehingga semakin besar dan luas.
  • Pada lingkungan rumah, bisa saja peluang untuk menjalankan usaha dapat muncul dari lingkungan sekitar rumah.
  • Kebiasaan diri sendiri juga dapat memunculkan ide atau peluang untuk menjalankan usaha, misalnya seseorang sering online sehingga mendapatkan ide untuk berbisnis online.

3. Dari Konsumen

Permintaan konsumen terhadap barang atau jasa di pasar dapat menjadi sumber ide untuk membuka usaha, misalnya:

  • Keluhan konsumen terhadap barang atau jasa yang dijual di pasar.
  • Harapan konsumen terhadap barang dan jasa yang ada ataupun belum ada di pasar.
  • Saran dari konsumen terhadap barang atau jasa, dengan adanya saran usahawan dapat memperbaiki lagi barang atau jasa yang dijualnya atau membuat barang yang baru supaya konsumen merasa puas.
  • Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa, dengan keinginan konsumen terhadap barang atau jasa jika seorang usahawan dapat membaca situasi ini dengan baik maka akan menjadi sumber ide untuk membuka usaha sehingga mendapatkan keuntungan.

4. Dari perubahan-perubahan yang terjadi

Peluang usaha dapat muncul dari berbagai perubahan lingkungan jika orang tersebut mampu membaca situasi untuk melihat peluang usaha, misalnya:

  • Perubahan gaya hidup pada manusia, dapat dikatakan gaya hidup manusia jaman sekarang semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjalankan kehidupannya.
  • Perubahan peraturan yang dilakukan pemerintah dalam membuka serta menjalankan bisnis atau usaha.
  • Perubahan tekanan kerja yang semakin tinggi sehingga banyak orang yang membutuhkan hiburan.
  • Perubahan terhadap dunia Teknologi, Informasi dan Komunikasi, karena jaman sekarang manusia semakin membutuhkan yang namanya teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalankan hidup, dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian Badan Usaha dan Contohnya maupun Jenisnya

F. Contoh Peluang Usaha

Contoh yang ada saat ini misalnya seperti Berbisnis Online, memang bisnis online di jaman serba digital ini memang sangat menjanjikan asalkan terus berusaha, selalu berinovasi dan mampu bersaing dengan banyak penjual di pasaran. Bisnis online yang dapat di tekuni misalnya jual Telepon Genggam atau Ponsel, Jual Kamera dan Yang sampai kapanpun akan tren yaitu Jual Pakaian atau Fashion serta Aksesoris.

Lalu contoh usaha lainnya yang dapat dilakukan di dunia nyata misalnya seperti membuka usaha budidaya hewan (misalnya budidaya ikan gurame dan ikan lele), budidaya tanaman pertanian dan perkebunan dll. yang hasilnya dapat dijual. Bisa saja di dukung dengan pemasaran secara online untuk mempromosikan dan menjualnya hasilnya kepada para calon konsumen, karena sekarang ini banyak calon konsumen konsumen mencari barang atau produk yang diinginkannya melalui internet.

Atau peluang usaha yang membutuhkan modal besar, misalnya usaha pada bidang properti. Jenis usaha properti saat ini sangat di gemari oleh para pembisnis/usahawan, karena berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar, tapi tentunya membutuhkan modal yang besar untuk menjalankannya.

Sekian pembahasan tentang pengertian peluang usaha dan contohnya, semoga dapat kamu pahami. Terimakasih telah membaca tulisan ini dan semoga dapat memberikan manfaat juga.

Bagikan Ke: