Pengertian Inovasi dan Contohnya Penjelasan Secara Umum

Di sini akan dibahas tentang pengertian Inovasi, tujuan, manfaat, dan beberapa contoh inovasi secara umum. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi atau yang disingkat IPTEK saat ini berkembang sangat pesat sehingga dapat mempengaruhi dalam berinovasi. IPTEK-pun sangat erat kaitannya dengan pola hidup manusia, karena manusia merupakan makhluk yang memiliki sifat ingin serba praktis, mudah dan lebih cepat dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam dunia pendidikan, dunia bisnis, penggunaan alat untuk berkomunikasi dll.

Seperti pada dunia pendidikan saat melakukan pelatihan mengenai dunia kerja, maka dapat ditemukan media pembelajarannya yang inovatif sebagai hasil kemajuan IPTEK mulai dari yang sederhana hingga canggih untuk membantu pelatihan tersebut. Dan dengan pelatihan menggunakan alat bantu yang inovatif sangat membantu aktivitas proses belajar mengajar juga. Manusia adalah makhluk yang akan selalu melakukan Inovasi sesuai dengan perkembangan jaman pada segala bidang, baik itu dalam membuat dan memperbaiki berbagai hal sehingga dapat diperbarui lagi dan lagi.

Apa Pengertian Inovasi?

Yang dimaksud Inovasi adalah pembaharuan dari suatu sumber daya yang telah ada sebelumnya. Atau inovasi yaitu suatu pembaharuan dari sumber daya yang sudah ada sebelumnya, sumber daya tersebut bisa mengenai alam, energi, ekonomi, tenaga kerja, penggunaan teknologi dll.

Inovasi merupakan suatu proses pembaharuan dari berbagai sumber daya, sehingga sumber daya tersebut bisa memiliki manfaat yang lebih bagi manusia. Saat ini inovasi dipengaruhi oleh penggunaan teknologi, karena dengan menggunakan teknologi dapat mempermudah melakukan produksi berbagai produk yang baru. Inovasi sangat berkaitan dengan pembaharuan kebudayaan khususnya pada bidang penggunaan teknologi dan pada perekonomian.

pengertian inovasi
pixabay.com

Proses inovasi juga berkaitan erat dengan penemuan-penemuan baru baik itu dalam teknologi yang berupa discovery dan juga invention. Discovery dapat diartikan sebagai penemuan unsur yang baru, misalnya berupa alat-alat maupun ide yang ditemukan oleh individu atau oleh suatu kelompok. Sedangkan invention dapat diartikan sebagai discovery yang telah diakui oleh masyarakat, lalu diterapkannya penemuan tersebut. Baca Juga: Pengertian IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Tujuan Inovasi

Dari pengertian inovasi diatas, maka terdapat beberapa tujuan dari inovasi, diantaranya:

1. Untuk meningkatkan kualitas

Umumnya tujuan inovasi yaitu untuk meningkatkan kualitas terhadap produk atau pelayanan yang sudah ada sebelumnya, sehingga bisa di dapatkan keunggulan dan manfaat yang lebih baik lagi.

2. Untuk mengurangi biaya tenaga kerja

Inovasi juga dapat mengurangi biaya tenaga kerja, misalnya saat menproduksi suatu produk sebelumnya menggunakan tenaga manusia tapi dengan berinovasi sekarang banyak di temukan teknologi yang canggih lalu ditemukan-lah mesin-mesin untuk melakukan proses produksi. Dengan mesin-mesin tersebut maka penggunaan tenaga manusia dalam bekerja dalam pekerjaan semakin dikurangi, dengan alasan jika menggunakan mesin akan lebih hemat biaya dan lebih cepat.

3. Untuk menciptakan pasar baru

Lalu tujuan yang lainnya untuk menciptakan pasar yang baru, karena dengan berinovasi seseorang dapat membuka atau memulai bisnis yang baru.

4. Untuk memperluas jangkauan produk

Inovasi juga dapat memperluas jangkauan suatu produk, Itupun jika produk tersebut memang sangat di perlukan oleh konsumen dan tentunya bermanfaat banyak.

5. Untuk mengurangi kerusakan lingkungan hidup

Dengan berinovasi, manusia dapat mengurangi kerusakan lingkungan misalnya jika manusia bisanya menggunakan bahan bakar fosil untuk menyalakan mesin atau lain-lain, maka sekarang sudah banyak yang menggunakan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan sehingga polusi udara-pun berkurang. Baca Juga: Pengertian Lingkungan Hidup dan Komponennya

6. Untuk mengganti produk atau pelayanan yang telah ada

Misalnya perusahaan yang menproduksi kendaraan bermotor, mereka akan produk yang sama ataupun produk lain dengan fitur-fitur yang baru dari produk sebelumnya. Dapat dilihat sekarang misalnya produk kendaraan bermotor, semakin berkembangnya jaman maka mengalami perubahan misalnya membutuhkan konsumsi bahan bakar yang sedikit untuk menempuh jarak tertentu dan semakin ramah lingkungan.

7. Untuk mengurangi konsumsi penggunaan energi

Dengan berinovasi manusia dapat semakin menghemat konsumsi energi. Misalnya seperti pada bola lampu, banyak bola lampu yang mengkonsumsi energi sangat sedikit tapi memiliki manfaat yang lebih baik dari bola lampu yang sebelumnya. Baca Juga: Sumber Energi yang Dapat Diperbarui dan Contohnya

8. Untuk menyesuaikan diri dengan peraturan

Ada kalanya perusahaan berinovasi karena tuntutan suatu peraturan yang ada pada suatu tempat atau negara.

Manfaat Inovasi

Dapat diambil kesimpulan dari penjelasan-penjelasan diatas tadi bahwa manfaat inovasi yaitu untuk menyempurnakan fungsi dari penggunaan suatu produk/sumber daya supaya dapat digunakan lebih baik lagi dan bisa didapatkan manfaat yang lebih. Adapun manfaat inovasi dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk mengembangkan kegiatan bisnis, menemukan cara yang baru untuk memecahkan masalah dll.

Contoh Inovasi

Contoh inovasi misalnya pada penemuan pesawat terbang, semakin berkembangnya jaman dan ilmu pengetahuan maka pesawat terbang-pun semakin dikembangkan lagi dan lagi sehingga semakin canggih dan bisa didapatkan manfaat yang lebih.

Lalu pada perkembangan telepon, semakin berkembangnya jaman maka telepon semakin canggih sehingga ditemukan-lah telepon genggam atau handphone yang dapat di bawa kemana-mana yang memiliki multi fungsi, sehingga dapat mempermudah manusia dalam berkomunikasi dan mencari informasi.

Dan contoh lainnya seperti pada AC yang seiring berkembangnya jaman sehingga memiliki kelebihan untuk membasmi berbagai jenis nyamuk dan bakteri jahat yang bisa mengancam kesehatan manusia. Jadi pendingin ruangan sekarang ini tidak hanya saja memberikan rasa sejuk tapi dapat juga menjaga kesehatan bagi penggunanya.

Demikianlah tulisan tentang pengertian inovasi yang dilengkapi dengan tujuan, manfaat dan contohnya, semoga dapat di pahami dan tentunya dapat bermanfaat juga dalam menambah wawasan. Sekian dan terimakasih karena telah membaca tulisan ini.

Bagikan Ke: