Pengertian Kerjasama Dan Manfaatnya Lengkap Umum

Rangkuman tentang definisi atau pengertian kerjasama dan manfaatnya secara umum. Manusia itu merupakan mahkluk sosial, artinya mereka tidak dapat hidup sendiri tapi harus berdampingan dengan manusia lainnya. Karena manusia sewaktu-waktu akan membutuhkan bantuan dari orang lain dalam menjalankan hidupnya. Salah satu contohnya yaitu jika ingin mencapai suatu tujuan tertentu manusia akan saling bekerjasama untuk mencapai tujuannya tersebut. Kerjasama bisa dilakukan dengan orang lain yang ada pada lingkungan sekitar. Misalnya orang orang yang ada di sekolah, lingkungan masyarakat, di perusahaan dan lain-lain. Tentunya kerjasama bisa terbentuk karena adanya kepentingan yang sama salah satunya kepentingan untuk mencapai suatu tujuan. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai apa itu kerjasama.

A. Penjelasan Kerjasama

Yang dimaksud dengan kerjasama adalah suatu pekerjaan yang di kerjakan oleh dua orang ataupun lebih untuk mencapai tujuan atau target yang sebelumnya telah direncanakan dan disepakati bersama. Atau kerjasama dapat diartikan sebagai tindakan-tindakan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan dan demi keuntungan bersama.

Biasanya dalam sebuah perusahaan atau lembaga-lembaga kerjasama tim telah menjadi sebuah kebutuhan untuk mewujudkan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Kerjasama tim akan menjadi suatu dorongan sebagai energi maupun motivasi bagi setiap individu yang tergabung dalam sebuah tim kerja. Jika kerjasama tim dapat berjalan dengan baik, maka kelancaran berkomunikasi maupun rasa tanggung jawab pada setiap individu yang ada di dalam tim kerja akan terbentuk.

Definisi Kerjasama

Apa yang dimaksud Kerjasama?

B. Cara-Cara Membina Kerjasama

Ada beberapa cara untuk membina kerjasama supaya dapat berjalan secara lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan:

a. Tentukan tujuannya

Kenapa kerjasama tim harus di bentuk, atau mengapa harus dilakukan kerjasama? Apa saja yang bisa didapatkan dari kerjasama tersebut? Mungkin itu merupakan beberapa pertanyaan yang bisa diajukan sebelum bergabung atau mengikuti kerjasama. Karena dengan tujuan yang jelas, kegiatan dalam kerjasama akan berjalan secara lebih teratur dan lebih baik sesuai dengan yang diharapkan.

b. Siapkan profil

Jika kamu akan bergabung dengan sebuah kerjasama tim, maka gali materi-materi tentang diri kamu dan gali juga latar belakang tentang diri kamu, termasuk hal-hal apa saja yang menarik tentang diri kamu sendiri.

c. Buat kesan yang positif

Buat kesan yang baik atau positif saat kamu mulai bekerjasama dengan sebuah tim dan teruslah pertahankan.

d. Hargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja

Setiap individu pada organisasi pastinya memiliki kebiasaan yang berbeda-beda terutama dalam mengemukakan pendapat. Jadi setiap individu saat melakukan kerjasama harus bisa menghargai dan menghormati seriap pendapat individu yang lainnya, supaya kerjasama yang dilakukan dapat terjalin secara harmonis dan berjalan secara baik tentunya.

e. Selalu fokus pada kualitas

Boleh-boleh saja kamu membuat jaringan kerjasama yang banyak dengan siapa saja, tapi utamakan kualitas bukan kuantitas, terutama kualitas dalam bekerja.

f. Tawarkan bantuan

Jangan ragu untuk menawarkan bantuan, jika memang kamu merasa sanggup untuk membantu orang lain saat bekerjasama.

g. Tunjukan antusiasme

Tunjukan antusiasme bahwa kamu senang bisa bekerjasama dan mengenal orang-orang pada organisasi/lembaga tersebut, lakukanlah hal itu dengan tulus.

Baca juga: Pengertian kesempatan kerja dan contohnya.

C. Bentuk-Bentuk Kerjasama

Bentuk-bentuk kerjasama yang saat ini sering kita temui, yang diantaranya:

a. Tawar-menawar/Bargaining

Merupakan bentuk kerjasama mengenai kesepakatan pertukaran produk ataupun jasa antara dua orang ataupun lebih.

b. Koalisi/Coalition

Merupakan gabungan dua lembaga organisasi ataupun lebih yang memiliki tujuan sama, mereka bekerjasama untuk mencapai tujuan tersebut.

c. Joint venture

Merupakan kerjasama untuk mengerjakan proyek-proyek tertentu supaya cepat terselesaikan dan tujuan cepat tercapai. Misalnya proyek pertambangan minyak bumi, batu bara, membangun perindustrian dan lain-lain.

d. Cooptation

Merupakan proses kerjasama penerimaan berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan suatu organisasi, hal ini dapat dijadikan cara untuk menghindari terjadinya kecurangan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi pada organisasi.

e. Atas dasar kerukunan

Merupakan kerjasama yang didasari karena kerukunan sesama manusia, biasanya kerjasama atas dasar kerukunan ini tidak mengharapkan imbalan/upah. Contohnya Gotong-royong membangun fasilitas umum seperti jembatan, kerja bakti membersihkan lingkungan dan lain-lain.

D. Beberapa Manfaat Kerjasama

Adapun manfaat-manfaat lainnya yang bisa di dapatkan dari kerjasama, misalnya seperti:

a. Mempererat ikatan persaudaraan

Dengan bekerjasama setiap individu pada sesuatu tim kerja akan saling berinteraksi dan saling membantu dalam memecahkan persoalan-persoalan untuk mencapai tujuannya, sehingga akan terjalin juga komunikasi-komunikasi yang dimana semua itu akan menambah rasa persaudaraan.

b. Menumbuhkan semangat persatuan

Kerjasama-pun dapat menumbuhkan semangat persatuan pada diri setiap individu yang tergabung dalam kelompok kerja atau tim kerja. Supaya setiap kegiatan dalam kerjasama dapat berjalan baik maka harus bisa menjunjung rasa kesatuan dan persatuan.

c. Pekerjaan lebih cepat terselesaikan

Dengan kerjasama masalah sesulit apapun akan cepat terselesaikan karena tidak hanya mengandalkan satu individu saja untuk menyelesaikan pekerjaan tapi dengan banyak individu yang bersatu dan saling mendukung satu sama lain, maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dan lebih cepat membuahkan hasil.

d. Pekerjaan terasa lebih ringan

Pekerjaan yang sesulit apapun akan terasa lebih ringan dan lebih mudah terselesaikan karena di kerjakan oleh banyak orang yang saling mendukung satu sama lain.

Baca juga: Pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja ringkasan jelas.

E. Pentingnya Kerjasama dan Contoh Kerjasama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang dimana mereka tidak dapat hidup sendiri, jadi harus membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan hidupnya. Jadi dapat dikatakan bahwa dibutuhkan kerjasama dalam menjalankan kehidupan.

Misalnya seperti pada keluarga kita, yang setiap hari kita biasanya selalu berkumpul bersama keluarga. Keluarga kita hidup di lingkungan masyarakat, jadi kita harus rukun termasuk berperilaku untuk gotong-royong/bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama dan tentunya selalu menjaga kerukunan dalam bermasyarakat.

Beberapa contoh kerjasama di lingkungan sekitar kita misalnya: Bekerjasama dalam membersihkan rumah dan halamannya bersama keluarga, Lalu dilingkungan sekolah bekerjasama melaksanakan piket bersih-bersih kelas, dan dilingkungan masyarakat kerja bakti membersihkan lingkungan supaya lingkungan menjadi bersih dan bebas dari ancaman penyakit.

Itulah penjelasan atau pengertian kerjasama yang dilengkapi juga dengan manfaat, bentuk-bentuknya dan contohnya. Semoga tulisan ini bisa memberikan wawasan ataupun pengetahuan kepada kalian yang telah membacanya.

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Kerjasama Dan Manfaatnya Lengkap Umum"

Memahami Pengertian Sketsa Dan Contohnya Dilengkapi Fungsinya
Mari kita pahami tentang pengertian sketsa dan
Pengertian Diksi Dan Contohnya Maupun Jenisnya
Inilah pengertian diksi dan contohnya maupun jenisnya
Pahamilah Pengertian Storyboard Dan Fungsinya
Pahamilah pengertian storyboard dan fungsinya dilengkapi dengan contohnya.
Pengertian Animasi Dan Jenisnya Serta Prinsipnya
Memahami pengertian animasi dan jenisnya yang dilengkapi