Pengertian Integritas Dan Seberapa Pentingnya

Posted on

Inilah definisi atau pengertian integritas dan seberapa pentingnya dalam kehidupan terutama dalam dunia kerja – Istilah “Integritas” mungkin masih terasa asing bagi kalian yang belum mengetahuinya. maka didalam artikel ini kami memberikan penjelasannya secara singkat tapi jelas yang dapat dengan mudah dipahami.

A. Apakah Pengertian Integritas ?

Yang dimaksud dengan integritas adalah konsistensi atau keteguhan yang tidak dapat tergoyahkan dalam menjungjung nilai-nilai keyakinan dan prinsip. Atau Integritas merupakan konsep yang menunjukan konsistensi atau keteguhan tindakan dengan nilai-nilai dan prinsip. Jika pada etika integritas dapat diartikan sebagai kebenaran dan kejujuran tindakan yang dilakukan seseorang.

Di dalam dunia kerja Integritas dapat diartikan sebagai konsisten dalam bertindak sesuai dengan kode etik dan kebijakan tempat bekerja. Mempunyai pemahaman dan keinginan untuk menyesuaikan diri dengan etika dan kebijakan tempat bekerja serta dapat bertindak secara konsisten untuk melaksanakannya. Intergritas menjadi salah satu elemen pada karakter yang mendasari timbulnya spengakuan sikap profesional. Dapat menjadi kualitas yang melandasi timbulnya kepercayaan orang lain dan menjadi patokan bagi anggota-anggota lain dalam menguji pegambilan suatu keputusan dalam pekerjaan.

pengertian inegritas
sumber: pixabay.com

Integritas mewajibkan seseorang dalam menjalankan profesinya untuk slalu bersikap jujur, terus terang dan konsisten. Misalnya seorang pemimpin harus mengutamakan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat jadi percaya, jadi tidak boleh mengutamakan keuntungan pribadi.

Orang yang mempunyai integritas yang baik tentunya dia akan bersikap jujur kepada dirinya sendiri dan kepada orang lain. Jika kepada dirinya sendiri sudah tidak jujur maka akan begitu juga kepada orang lain. Orang yang memiliki integritas tentunya dia akan setia kepada tujuan hidupnya, dan apa yang sudah ditetapkan sebagai tujuan hidupnya dia akan berusaha menjalani hidupnya dengan konsisten walaupun terdapat masalah untuk mencapainya tujuannya, dia kan tetap berupaya untuk menyelesaikan masalah yang menjadi penghambatnya.

Tentunya seseorang yang mempunyai integritas akan bertanggung jawab kepada dirinya sendiri, dan tidak mudah untuk menyelahkan orang lain disaat masalah dan kegagalan muncul. Karena dia sadar bahwa tujuan hidup itu harus diperjuangkan. Dia akan selalu berusaha untuk menepati janjinya, karena untuk mendapatkan kepercayaan orang lain dalam hidup sangat dibutuhkan.

B. Pentingnya integritas dalam kehidupan.

Integritas sangat diperluka saat ini, itulah mengapa orang-orang menganggap integritas sangat penting untuk dirinya. Tapi masih terdapat orang yang sering mengacuhkan integritas atau bahkan masih ada yang belum menyadari betapa pentingnya integritas. Untuk menjadi orang yang berhasil atau sukses maka diperluka integritas, karena dengan integritas tujuan atau sasaran dalam hidupnya dapat dicapai. Berikut di bawah ini beberapa alasan mengapa integritas sangat diperlukan dalam hidup:

1. Integritas merupakan salah satu kunci untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan.

Seperti arti dari integritas yaitu suatu cara seseorang dapat slalu konsisten terhadap memegang nilai-nilai yang ada. Jika seseorang memegang teguh nilai-nilai atau prinsipnya maka kesuksesan dapat dia dicapai. Dalam dunia kerja integritas tentunya sangat diperlukan, dapat dilihat banyak sekali orang-orang yang jabatannya tinggi dan mencapai kesuksesan dalam dunia kerja karena dia mempunyai integritas yang baik.

2. Integritas membuat manusia mampu untuk memimpin dan dipimpin.

Dalam kehidupan ini pastinya ada dua posisi yaitu yang memimpin dan yang dipimpin. Bagi yang dipimpin, jika dihubungkan dengan integritas maka kemampuan untuk tetap setia terhadap orang yang memimpinnya. Orang yang memiliki integritas merupakan orang yang memiliki pribadi dengan kualitas yang baik, dan orang berkualitas merupakan pribadi yang dapat belajar dari orang lain serta pribadi yang mampu untuk bekerjasama dengan orang lain.

Baca Juga: Pengertian Konsep Diri dan Menurut Para Ahli

Baca Juga: Pengertian Moral dan Etika Lengkap

3. Dengan integritas dapat membuat seseorang mendapatkan kepercayaan.

Maksudnya kepercayaan berkaitan dengan kata-kata yang diwujudkan menjadi kenyataan yaitu dengan tindakan yang dilakukan secara jujur. Karena dengan kejujuran maka akan mendapat kepercayaan dari orang lain. Dengan kejujuran juga maka setiap saat akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain dan tidak hanya sekedar mendapatkan kepercayaan dari segi perkataan saja tapi mendapatkan juga dari segi tanggung jawab.

4. Integritas dapat menghasilkan reputasi yang baik.

Dengan integritas maka seseorang tidak hanya memiliki citra yang baik saja di mata orang-orang, tapi juga akan memiliki reputasi yang baik. Karena jika seseorang memiliki integritas yang baik maka orang tersebut akan menyesuaikan perkataan maupun tindakan yang dilakukannya. Perkataan yang baik akan menghasilkan citra yang baik sedangkan perkataan dan tindakan yang baik akan menghasilkan reputasi yang baik di mata orang lain.

Cukup sekian tulisan tentang pengertian integritas. Jika kalian menemukan kesalahan dalam tulisan ini kami mohon maaf. Sekian dan terimakasih karena sudah membaca tulisan yang singkat ini.

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.