Pengertian Seminar Dan Fungsinya Serta Susunan Acaranya

Inilah tulisan yang membahas tentang pengertian seminar dan fungsinya – Mungkin kalian sering mendengar atau bahkan sudah beberapa kali menghadiri acara-acara seminar, baik itu yang diadakan oleh organisasi ataupun oleh suatu lembaga. Tapi apakah kalian sudah tau apa itu definisi seminar? Nah…, bagi kamu yang belum tau dan ingin memahaminya kamu dapat membaca penjelasannya pada tulisan ini.

A. Penjelasan seminar.

Yang dimaksud dengan seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah yang dilakukan secara ilmiah. Pada seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja yang sebelumnya telah di persiapkan.

Dalam seminar biasanya pembahasan berpangkal pada makalah atau kertas kerja yang sudah di siapkan dan disusun sebelumnya oleh para pembicara, dan tema pembahasan harus sesuai dengan permintaan panitia penyelanggara. Inti dari pembahasan yang telah di tentukan sebelumnya akan dibahas oleh pembicara seminar secara teoritis dan jika masalah yang dibahas terlalu luas, maka biasanya akan dibagi menjadi beberapa sub pokok pembahasan.

Inilah penjelasan seminar

Inilah penjelasan mengenai Seminar.

Pada seminar terdapat moderator yang bertugas memandu jalannya acara dan biasanya moderator akan mencatat berbagai inti pembicaran mengenai masalah yang dibahas. Seminar akan diawali dengan sebuah pembahasan mengenai pandangan umum permasalahan yang dibaca oleh moderator, sehingga nantinya tujuan dari seminar dapat terarah.

Pembahasan masalah pada seminar umumnya membutuhkan waktu yang lama karena bersifat ilmiah. Jadi para pembicara harus dapat mengendalikan waktu, oleh karena itu hindarilah menjelaskan hal-hal yang tidak terlalu penting. Lalu setelah pembicara menjelaskan permasalahan, maka biasanya akan di lanjutkan sesi untuk tanya jawab yang tentunya dipandu oleh moderator seminar. Setelah seluruh pertanyaan terjawab maka moderator akan menyimpulkan permasalahan yang dibahas dan menutup seminar dengan cara untuk memecahkan masalah yang dibahas.

Umumnya seminar diadakan bukan untuk menetapkan keputusan terhadap masalah yang dibicarakan. Tapi seminar diadakan untuk membahas masalah secara menyeluruh dan untuk memecahkan masalah tersebut. Mengadakan seminar akan lebih baik jika:

  • Adanya waktu yang cukup untuk melakukan membahasan masalah.
  • Masalah sudah di rumuskan sebelumnya.
  • Permasalahan dipecahkan secara sistematis dan juga menyeluruh.
  • Ketua atau pemimpin seminar sudah memahami metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang dibahas.
  • Anggota atau peserta seminar dapat diajak berfikir logis mengani cara pemecahan masalah.

B. Yang terlibat dalam seminar.

Seminar merupakan salah satu jenis diskusi yang tujuannya untuk memecahkan masalah yang ada secara ilmiah, dan seminar biasanya sering diselenggarakan oleh akademis, baiki tu lembaga akademis atau yang ditawarkan oleh sebuah organisasi komersial maupun profesional. Adapun yang terlibat dalam seminar biasanya seperti:

  • Penyaji.
  • Moderator.
  • Key speker: pembahasan utama.
  • Pimpinan.
  • Anggota atau peserta.
  • Tim perumus.
  • Pembawa acara.

Baca juga: Pengertian diskusi dan macamnya serta manfaatnya.

C. Susunan acara pada seminar.

Jika akan menyelenggarakan seminar kelas, pertama-tama susunlah organisasi peleksanaannya. Seorang di berikan tugas untuk melakukan pembahasan secara khusus dari makalah atau kertas kerja yang sudah disiapkan. Seorang di beri tugas sebagai moderator, lalu yang lainnya diberikan tugas sebagai narasumber dan sebagai notulis yang nantinya bertugas untuk menyusun laporan. Adapun susunan acara pada seminar yang umumnya sering dibuat:

  • Laporan ketua.
  • Penyajian ketua.
  • Pembahasan oleh pembicara.
  • Diskusi atau tanya jawab.
  • Penyimpulan.
  • Penutupan.

Karena seminar salah satu bentuk diskusi, maka laporan seminarpun merupakan laporan seperti hasil diskusi. Jadi laporan seminar harus berisi mengenai hal-hal yang memang dianggap penting.

D. Fungsi seminar.

Salah satu fungsi seminar yaitu untuk menyampaikan suatu gagasan ataupun sesuatu yang baru kepada para peserta seminar dan berharap para peserta dapat memperoleh ilmu dan nantinya dapat dikembangkan lagi untuk menyelesaikan masalah.

Demikianlah tulisan yang membahas tentang pengertian seminar, semoga dapat bermanfaat dan jika memang terdapat kesalahan dalam pembahasan ini kami mohon maaf. Sekian dan terimakasih.

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Seminar Dan Fungsinya Serta Susunan Acaranya"

Pengertian Grafis, Jenis Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap
Memahami secara umum tentang pengertian grafis serta jenis
Pengertian Pantun, Ciri-Cirinya, Jenis-Jenisnya, Dan Contohnya
Memahami pengertian pantun, ciri-cirinya, jenis-jenisnya, dan contohnya.
Pengertian Prosa, Ciri-Cirinya, dan Jenis-Jenisnya Secara Umum
Memahami pengertian prosa secara umum beserta cirinya
Pengertian Unsur Ekstrinsik Dan Contohnya Pada Karya Sastra
Pengertian unsur ekstrinsik dalam suatu karya sastra