Pengertian DOS Atau Disk Operating System Dan Fungsinya

Inilah tulisan yang menjelaskan tentang pengertian DOS atau Disk Operating System. Apakah itu DOS? Mungkin bagi kamu yang bekerja di bidang IT atau yang di sekolahnya mengambil jurusan Informtika, sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Tapi apabila kamu masih belum mengetahuinya, jangan kawatir… karena pada tulisan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang DOS, yang dapat kamu baca dibawah ini.

A. Penjelasan tentang DOS

Disk Operating System atau DOS adalah suatu sistem operasi komputer yang memakai interface command – line dan sering digunakan oleh pengguna komputer pada tahun 1980-an. DOS merupakan suatu sistem operasi yang dipakai untuk mengelola semua sumber daya yang ada pada komputer.

Para penggunanya berinteraksi dengan DOS, dengan cara memberikan perintah-perintah menggunkan keyboard komputer. Penggunanya harus mengetikan perintah dengan keyboard, lalu perintah yang diberikan akan diterjemaahkan oleh sistem DOS sesuai dengan fungsi perintah tersebut. Perintah yang ada pada DOS misalnya seperti nama file program yang ber-extension atau berakhiran .bat, .exe, dan lain-lain. Selain mengetikan nama-nama file dari program perintah, DOS juga biasanya digabungkan dengan berbagai macam prameter yang dimana penulisan prameter tersebut setelah nama file program. Jadi dapat disimpulkan bawha DOS merupakan suatu sisitem operasi yang berguna untuk mengelola sistem komputer.

Apa itu dos dan fungsinya?

Apa itu DOS dan fungsinya?

B. Beberapa fungsi DOS

Adapun beberapa fungsi dari DOS yang diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk mengendalikan atau men-organisasikan kegiatan komputer.
  • Untuk mengatur proses-proses input dan output data pada komputer.
  • Untuk mengatur memori komputer.
  • Untuk management file dan juga directory.

Dan masih banyak lagi fungsi dari DOS yang masih digunakan sampai saat ini, salah satunya dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada perangkat keras komputer.

Baca juga: Pengertian sistem operasi komputer dan jenisnya.

C. Kelas-kelas DOS

Adapun keluarga dari DOS, yang diantaranya terbagi menjadi beberapa macam kelas:

  • Microsoft Disk Operating System atau di singkat dengan MS-DOS, yang diantaranya Compaq DOS, Tandy DOS, Quick and Dirty Operating System (Q-DOS) dan lain-lain yang termasuk dalam sistem operasi MS-DOS, dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
  • IBM PC-DOS atau International Business Machine Personal Computer Disk Operating System, meskipun masih buatan Microsoft, tapi telah diubah sedikit supaya bisa digunakan oleh komputer buatan IBM.
  • Digital Research Disk Operating System atau disingkat dengan DR-DOS, dibuat oleh yang membuat sistem operasi CP/M yaitu Gary Kildall.
  • Novell Personal Netware, yaitu versi DR-DOS (Digital Research Disk Operating System) yang dijual kepada Novell, sebab perusahaan yang menaungi CP/M gulung tikar atau mengalami kebangkrutan. Jadi Novell men-akuisisi Digital Research Incorporated.
  • Caldera DOS, yaitu versi dari Novell Personal Netwere yang dijual kepada Caldera Corporation.
  • FreeDOS, dikembangkan oleh komunitas open source. Versi dari DOS ini dibangun berasal dari sisa-sisa perkembangan Caldera DOS.

Baca juga: Pengertian kernel pada sistem operasi lengkap.

D. Sistem operasi DOS yang beredar di pasaran

Adapun DOS yang beredar di pasaran sangat bermacam-macam, diantaranya seperti berikut ini:

  • PC atau Personal Computer DOS.
  • MS-DOS.
  • Macintosh DOS.
  • Apple DOS.
  • Linux, dan lain-lain.

Sekian tulisan atau artikel yang berisi tentang pengertian DOS (Disk Operating System) yang dapat kami berikan. Jika ada kesalahan dalam tulisan ini mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih…

Tags: Pengertian Teknologi

Related Post "Pengertian DOS Atau Disk Operating System Dan Fungsinya"

Pengertian Seni Grafis, Manfaat, Macamnya, dan Karakteristiknya Secara Umum
Pengertian seni grafis dilengkapi dengan manfaat, jenis/macamnya,
Pengertian Grafis, Jenis Grafis Berbasis Vektor dan Bitmap
Memahami secara umum tentang pengertian grafis serta jenis
Seputar Pengertian Topologi Star Kelebihan Dan Kekurangannya
Pembahasan tentang pengertian topologi star kelebihan dan
Pengertian Sarana Dan Prasarana Serta Contohnya Di Sekitar Kita
Memahami pengertian sarana dan prasarana secara umum