Pengertian Transportasi dan Fungsinya maupun Contohnya

Penjelasan tentang pengertian transportasi beserta fungsinya, manfaat, ruang lingkup, dan contoh alat transportasi darat, laut, maupun udara. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Jika kalian ingin memahaminya lebih dalam derikut di bawah ini penjelasan secara ringkas mengenai transportasi.

Definisi Transportasi

Pengertian Transportasi adalah alat yang digunakan untuk mengangkut manusia, hewan, dan barang ke tempat tujuan. Bisa juga definisi transportasi yang lainnya yaitu memindahkan manusia, hewan ataupun barang dari tempat asal ke tempat tujuannya dengan memakai suatu alat yang dapat di gerakan oleh makhluk hidup atau mesin.

Jika pada jaman dahulu alat transportasi di dominasi oleh hewan seperti alat penggeraknya misal menggunakan tenaga kerbau, kuda, unta, keledai, dll. Seiring perkembangan jaman saat ini alat penggerak transportasi sudah menggunakan mesin.

pengertian alat transportasi
pixabay.com

Fungsi Transportasi

Beberapa fungsi transportasi, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk memudahkan aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Untuk melancarkan arus barang maupun arus manusia.
  • Untuk menunjang perkembangan pembangunan pada suatu daerah.
  • Dan untuk menunjang perkembangan ekonomi dengan jasa angkutan.

Manfaat Transportasi

Beberapa Manfaat transportasi dibagi menjadi 3 bagian, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Manfaat Ekonomi

Kegiatan ekonomi memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Saat ini transportasi merupakan salah satu kegiatan yang menyangkut kebutuhan manusia yaitu dengan memindahkan manusia, hewan atau barang dari tempat asal ke tempat tujuan sehingga di sana akan terjadi transaksi membayar jasa angkutan.

2. Manfaat Sosial

Manfaat sosial dari transportasi yaitu dapat menjadi alat pelayanan untuk masyarakat, mempermudah menuju daerah lain, hingga menyediakan jasa pelayanan transportasi bagi masyarakat.

3. Manfaat kewilayahan

Dapat memudahkan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan bagi daerah-daerah khususnya daerah yang sedang mengalami pembangunan.

4. Manfaat politis

Di sini alat transportasi berguna untuk meningkatkan persatuan, beberapa dianataranya untuk meningkatkan keamanan negara, bagi pemerintah juga pelayanan masyarakat dapat di tingkatkan dengan mudah seperti menyalurkan barang dengan mudah ke pelosok-pelosok daerah.

BACA: Pengertian Sarana dan Prasarana serta Contohnya di Sekitar Kita

Ruang Lingkup Transportasi dan Contohnya

Alat ransportasi dibagi kedalam tiga bagian, yang diantaranya sebagai berikut ini:

Transportasi darat

1. Transportasi jalan raya

Merupakan jenis kendaraan yang beroperasi di daratan dengan memakai jalan raya dan beroda.

a. sepeda motor

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang memiliki roda dua dan di gerakan oleh motor. Saat ini sepeda motor adalah jenis kendaraan paling banyak digunakan masyarakat RI.

b. sepeda

Sepeda merupakan alat transportasi roda dua yang digerakan oleh manusia yaitu dengan cara mengayuh pedal.

c. mobil

Mobil penumpang merupakan alat transportas yang digerakan oleh motor dan biasanya dilengkapi dengan delapan tempat duduk (maksimal) tidak termasuk tempat duduk sopir. Ada juga Mobil angkutan barang merupakan alat transportasi bermotor yang di khususkan untuk mengangkut barang.

d. Bus

Bus masih termasuk kedalam jenis mobil merupakan kendaraan besar yang bisa mengangkut banyak orang atau penumpang bisanya digunakan sebagai kendaraan umum untuk jarak jauh.

Masih banyak lagi contoh alat transportasi darat yang digunakan di jalan raya, misalnya seperti: becak, bemo, delman dll.

2. Kereta api

kereta api
pixabay.com

Kereta api merupakan alat transportasi darat yang bergerak di rel, Kereta api merupakan alat transportasi yang sedang populer saat ini karena ongkosnya murah. Alat transportasi ini bebas dari macet karena memiliki jalur khususnya sendiri dan dapat mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah banyak. Kereta api umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkain banyak gerbong.

Transportasi Air

Pengertian Alat transportasi laut adalah kendaraan yang dapat beroperasi di laut atau air.

kapal laut
hippopx.com

Alat transportasi Sungai

a. Sampan

Sampan merupakan alat transportasi berukuran 3 hingga 5 meteran umumnya digunakan di sungai atau danau sebagai alat transportasi untuk menagkap ikan atau untuk menyebrangi sungai.

b. Rakit

Alat transportasi sederhana yang biasanya sering digunakan untuk menyebrangi sungai alat ini tersusun dari kayu atau bambu.

Alat Transportasi Laut

a. Kapal laut

Merupakan alat transportasi yang biasanya digunakan di laut untuk mengangkut manusia, hewan, atau barang, yang bisa di gunakan di laut atau sungai, bisa digunakan untuk menyebrang antar pulau bahkan negara.

b. Feri

Masih termasuk ke dalam jenis kapal laut, ukurannya lebih besar karena bisa mengangguk barang dan alat transportasi ini memiliki peranan penting dalam pengangkutan barang antar daerah, pulau di pesisir pantai.

Transportasi Udara

pesawat terbang
pxhere.com

Alat transportasi udara merupakan kendaraan yang beroperasi di udara seperti pesawat terbang yang bisa mengangkut manusia hingga barang dalam jumlah banyak. Pesawat terbang mampu terbang di udara dengan cepat dan dapat melintasi antar pulau, antar negara, hingga antar benua.

BACA: Pengertian Polusi Udara atau Pencemaran Udara

Prasarana Transportasi

1. Prasarana transportasi di darat

Prasarana transportasi darat diantaranya seperti jalan raya, jembatan termasuk bagian perlengkapannya misalnya seperti halte bus. Khusus untuk kereta api munggunakan jalur khusus yang disebut dengan Rel. Rel akan mengarahkan kereta api ke tempat atau statsiun tujuan.

2. Prasarana transportasi di laut

Prasarana untuk transportasi laut yaitu pelabuhan. Pelabuhan merupakan suatu fasilitas yang berada di ujung sungai, danau ataupun samudra yang berguna untuk tempat singgah kapal laut, mengangkut barang, memindahkan barang maupun mengangkut  dan menurunkan penumpang.

3. Prasarana transportasi di udara

Prasarana untuk transportasi udara yaitu bandar udara atau lebih sering disebut dengan bandara. Bandara merupakan suatu fasilitas untuk pesawat terbang lepas landas maupun untuk mendarat. Bandara juga dilengkapi dengan operator layanan penerbangan dan lain-lain.

Itulah penjelasan tentang pengertian transportasi, dan semoga bermanfaat bagi kalian yang telah membacanya serta jika kalian menemukan kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf. Terimakasih telah berkunjung.

Bagikan Ke: