Pengertian Promosi dan Tujuannya Secara Jelas

Inilah artikel yang membahas definisi atau pengertian promosi dan tujuannya. Kata atau istilah promosi sudah sering kita dengar dalam kehidupan ini. Kata atau istilah ini sering digunakan saat ada produsen yang akan menjual produk ataupun jasanya dengan cara terlebih dahulu membuat produk atau jasanya dikenal oleh masyarakat luas. Supaya dapat dikenal oleh masyarakat atau konsumen maka dilakukanlah kegiatan promosi. Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan kepada teman-teman mengenai apa itu Promosi.

A. Beberapa Pengertian Promosi

Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi dari pemilik produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat, dengan tujuan supaya produk atau jasa, merek dan nama perusahaan dapat dikenal masyarakat sekaligus mempengaruhi masyarakat supaya mau membeli serta menggunakan produk atau jasa perusahaan.

Promosi yaitu kegiatan dari pemasaran maupun penjualan dalam rangka untuk meninformasikan dan mendorong permintaan konsumen terhadap produk atau jasa dari suatu perusahaan dengan mempengaruhi konsumen supaya membeli produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

pengertian promosi
sumber: pixabay.com

Promosi merupakan cara yang dilakukan oleh pemasar untuk meninformasikan dan mempengaruhi para konsumen atau masyarakat sehingga dapat tertarik untuk membeli serta menggunakan produk ataupun jasa yang dipasarkannya.

Promosi yaitu kegiatan yang bertujuan untuk meyampaikan informasi mengenai produk atau jasa kepada pasar, sehingga produk atau jasa tersebut dapat dikenal dan mendorong konsumen untuk membeli serta menggunakannya. Promosi juga sangat berguna untuk memberikan informasi mengenai kelebihan, kegunaan produk dan dimana produk tersebut dapat diperolehnya.

Itulah bebrapa penjelasan promosi, teman-teman dapat memilih yang mana saja karena jika diperhatikan semuanya memiliki inti atau maksud yang sama.

B. Tujuan Promosi Secara Jelas

Adapun tujuan dari promosi yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk menyebarkan informasi produk atau jasa perusahaan kepada pasar.
  • Untuk memperoleh konsumen baru dan menjaga kesetiaan dari konsumen. Jadi konsumen tetap setia untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa perusahaan.
  • Untuk meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan meningkat.
  • Untuk memberi pembeda dan mengunggulkan produk perusahaan dibanding dengan produk para pesaing.
  • Dan untuk membentuk citra produk ataupun jasa dan nama perusahaan dimata para konsumen.

Baca Juga: Pengertian Advertising.

Baca Juga: Pengertian Media Promosi .

C. Buruan Promosi (Promotional Mix)

Yang dimaksud dengan buruan promosi adalah gabungan dari berbagai macam jenis promosi untuk produk atau jasa yang sama supaya hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan dapat membuahkan hasil semaksimal mungkin. Sebelum melakukan kegiatan promosi alangkah baiknya terlebih dahulu melakukan perencanaan sebaik mungkin yang mencangkup buruan promosi sebagai berikut ini:

  • Iklan, misalnya seperti meniklankan pada radio, koran, majalah, bilboard dan lain-lain.
  • Promosi dari mulut ke mulut secara positif, karena cara ini merupakan salah satu cara promosi yang baik.
  • Promosi dengan penjualan, misalnya seperti membagikan sample, ikut serta dalam pameran di pasar yang di targetkan dan lain-lain.
  • Publisitas positif semaksimal mungkin dari pihak-pihak eksternal.
  • Public relation yaitu mengupayakan produk yang dijual diterima oleh masyarakat dan Personal selling yaitu penjulan yang dilakukan dengan cara bertatap mukan langsung.

Sekian artikel mengenai pengertian promosi, jika teman-teman memukan kesalahan kami mohon maaf dan semoga penjelasan pada artikel ini dapat bermanfaat.

Bagikan Ke: