Pengertian Perdagangan Internasional Dan Manfaatnya Yang Didapat

Definisi atau pengertian perdagangan internasional, manfaat, dan ciri-cirinya dilengkapi juga dengan faktor pendorongnya – Saat ini tidak ada negara di dunia yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Suatu negara dapat saja memenuhi salah satu kebutuhannya, akan tetapi ada saja kebutuhan lainnya yang tidak dapat terpenuhi misalnya seperti faktor keterbatasan sumber daya alam, teknologi dan lain-lain. Kebutuhan yang tidak dapat terpenuhi umumnya dapat diperoleh dari negara-negara lain dengan cara melakukan perdagangan. Dengan adanya perdagangan internasional maka akan meningkatkan perekonomian dan menimbulkan saling ketergantungan antar negara-negara yang ada di dunia. Kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional secara umum.

A. Apa Pengertian Perdagangan Internasional ?

Perdagangan internasional adalah bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara-negara lain, yang ada kaitannya dengan jual beli barang atau jasa sehingga bisa membawa kemakmuran bagi suatu negara.

Atau definisi perdagangan internasional yang lainnya adalah kerjasama ekonomi dalam bentuk perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Yang dimaksud dengan penduduk dapat berupa antara pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain, individu dengan pemerintah suatu negara atau individu dengan individu.

pengertian perdagangan internasional
sumber: pixabay.com

Saat ini perdagangan merupakan kegiatan ekonomi yang sangat penting dan tidak ada negara di dunia ini yang tidak terlibat dalam perdagangan, baik itu perdagangan antar regional, antar kawasan maupun antar negara.

Perdagangan internasional melakukan kegiatan transaksi jual beli ke luar negeri, jika membeli barang dari luar negeri disebut Inport dan jika menjual barang ke luar negeri disebut export.

B. Manfaat Perdagangan Internasional

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari perdagangan internasional bagi suatu negara, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk mendapatkan pertukaran teknologi, yang berguna mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.
  • Untuk meningkatkan penyebaran sumber daya alam.
  • Untuk menjalin persahabatan antar negara.
  • Untuk membuka lapangan pekerjaan.
  • Untuk menambah jumlah barang.
  • Untuk memperbaiki kualitas barang.
  • Dan untuk mendapatkan keuntungan.

C. Ciri-Ciri Perdagangan Internasional

Beberapa ciri umum dari perdagangan internasional yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Ruang lingkupnya meliputi seluruh dunia.
  • Alat pembayaran menggunakan mata uang asing atau internasional.
  • Kualitas barang harus yang berstandar internasional.
  • Bisa melakukan transaksi tanpa perlu bertatap muka, misalnya seperti eksportir dalam negeri tidak perlu bertatap muka dengan inportir luar negeri begitupun sebaliknya.
  • Hukum yang digunakan adalah hukum internasional.
  • Untuk meniport barang dikenakan pajak, dan lain-lain.

D. Faktor-faktor pendorong perdagangan Internasional

Adapun beberapa faktor yang menjadi pendorong dari perdagangan internasional, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Memperluas Pasar

Pasar merupakan tempat bertemunya antar penjual dan pembeli atau bisa disebut juga sebagai tempat pertukaran barang, yang dimana di pasar akan terjadi transaksi jual beli barang apa yang sangat dibutuhkan oleh individu ataupun suatu negara. Adapun tujuan lain dari transaksi misalnya seperti: Mendapatkan barang atau jasa yang di inginkan dan untuk mendapatkan keuntungan.

2. Perbedaan Pada Suatu Negara

Perbedaan sumber daya alam, letak geografis, iklim, keahlian penduduk, biaya tenaga kerja, tingkatan harga, struktur ekonomi dan struktur sosial.

Baca Juga: Pengertian Devisa dan Sumbernya.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Internasional.

3. Untuk Mendapatkan Manfaat Dari Sepesialisasi

Maksud dari mendapatkan manfaat dari spesialisasi yaitu bahwa negara tersebut bisa mendapatkan barang dan jasa yang belum atau tidak bisa di produksi sendiri.

4. Menimpor Teknologi yang Modern

Teknologi sangat berguna untuk mempercepat pembangunan maupun pertumbuhan ekonomi.

Demikian artikel yang berisi tentang pengertian perdagangan internasional. Semoga dapat kamu pahami, terimakasih telah berkunjung dan mohon maaf jika ada kesalahan.

Bagikan Ke: