Pengertian Kependudukan Dan Lingkungan Serta Hubungannya

By | 11/12/2015

Pengertian kependudukan dan lingkungan serta hubungannya – Apakah itu kependudukan? Mungkin kita sudah tidak asing dengan kata atau kalimat yang satu ini. Tapi mungkin ada beberapa orang yang belum tau tentang apa itu arti atau maksud dari kependudukan. Jika ingin mengetahui berikut dibawah ini penjelasanya:

A. Penjelasan atau definisi kependudukan

Yang dimaksud dengan kependudukan adalah hal-hal yang berhubungan dengan struktur, jumlah, jenis kelamin, umur, perkawinan, kehamilan, kelahiran, kematian dan lain-lain hingga ketahanan yang berhubungan dengan ekonomi, soisal, budaya serta politik.

Sedangkan yang dimaksud dengan penduduk yaitu warga negara dan orang asing yang tinggal di negara tersebut. Misalnya seperti warga negara Republik Indonesia dan juga warga negara asing yang tinggal di Republik Indonesia.

Pengelolaan kependudukan dan juga pembanguna keluarga yaitu segala upaya yang terencana untuk mengarahkan perkembangan kependudukan maupun pembangunan keluarga supaya dapat terwujud penduduk yang tumbuh seimbang dan kualitasnya meningkat. Perkembangan kependudukan merupakan suatu kondisi yang dimana ada kaitannya dengan perubahan keadaan kependudukan, berpengaruh dan dipengaruhi oleh keberhasilan pembangunan secara kontinyu atau berkelanjutan.

pengertian kependudukan

Apakah itu yang dimaksud dengan kependudukan?

Kualitas penduduk yaitu kondisi penduduk suatu negara dari segi aspek fisik maupun aspek nonfisik, yang diantaranya meliputi: kesehatan, pekerjaan, pendidikan, tingkatan sosial, kemandirian, tingkat hidup layak dan lain-lain.

Baca artikel lainnya: Mengenal pengertian ilmu sosial dan menurut para ahli

B. Penjelasan singkat tentang lingkungan

Lingkungan adalah sesuatu yang berada diluar makhluk hidup, atau sesuatu yang ada disekitar makhluk hidup dan dapat berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup.

C. Lalu apa hubungan antara kependudukan dan lingkungan?

Hubungan antara kepndudukan dengan lingkungan misalnya seperti populasi manusia yang ada di bumi secara perlahan-lahan terus mengalami peningkatan, jadi perlu diperhatikan saat akan mengambil tindakan yang ada hubungannya dengan lingkungan supaya berhati-hati sehingga nantinya tidak merugikan lingkungan. Seperti daerah perkotaan yang terus-menerus mengalami pertumbuhan, sehingga tanah alam sekitarnya berubah menjadi gedung-gedung, perkantoran dan perumahan. Jadi kita sebagai manusia yang memiliki akal perlu mengatur bagaimana cara agar lingkungan alam tetap lestari dengan terus bertambahnya jumlah penduduk. Cara melestarikannya misalnya dengan cara membuat taman-taman, hutan lindung atau jika kita menggunakan kayu dari pohon yang ada di hutan untuk membangun sesuatu, kita harus menanam kembali pohon baru setidaknya sama dengan jumlah pohon yang kita manfaatkan kayunya untuk membangun sesuatu, sehingga lingkungan atau alam akan tetap lestari.

Baca artikel lainnya: Pengertian masalah sosial dan contohnya maupun penyebabnya

D. Apakah itu demografi?

Demografi adalah suatu ilmu yang mempelajari berbagai macam dinamika kependudukan, diantaranya seperti: Ukuran, struktur, distribusi penduduk dan bagaimana jumlah penduduk dapat berubah-ubah setiap waktu yang diakibatkan oleh kelahiran, penuaan, kematian dan migrasi penduduk. Analisis kependudukan dapat berfokus kepada masyarakat secara menyeluruh ataupun pada kelompok-kelompok tertentu yang berdasarkan pada kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan ataupun entitas tertentu.

Dalam mempelajari demografi atau kependudukan terdapat beberapa komponen terpenting yang perlu kita perhatikan diantaranya seperti kelahiran, kematian dan migrasi penduduk. Sedangkan terdapat dua faktor penunjang lain yang tidak kalah penting yaitu tingkat dari mobilitas sosial dan perkawainan.

Berbagai macam informasi yang berkaitan dengan kependudukan sangat dibutuhkan bagi pihak-pihak yang ada dalam masyarakat. Bagi pihak pemerintah informasi mengenai kependudukan sangat membantu dalam menyusun berbagai macam perencanaan, misalnya seperti: pendidikan, kesejahteraan, pajak, perbaikan jalan, membuat jalan baru, meningkatkan perkebunan, meningkatkan pertanian dan lain-lain.

Sedangkan bagi pihak lain atau swasta informasi kependudukan sangat berguna, khususnya bagi para pengusaha. Para pengusaha dapat menggunakan informasi mengenai kependudukan untuk perencanaan produksi produk dan perencanaan pemasaran produk.

Cukup sekian penjelasan tentang pengertian kependudukan, semoga dapat kamu pahami dan jika terdapat beberapa kesalahan mohon dimaafkan.