Pengertian Karir Dan Contohnya Secara Umum Paling Jelas

By | 12/11/2015

Pengertian karir dan contohnya secara umum – Jaman sekarang dan jaman yang akan datang, kita akan menghadapi berbagai macam permasalahan salah satunya adalah masalah dalam mendapatkan pekerjaan, yang tentunya pekerjaan itu harus sesuai dengan keinginan kita. Dapat kita rasakan permasalahan ini sudah mulai terasa, buktinya jumlah pertumbuhan lapangan kerja tidak seimbang dengan jumlah pertumbuhan penduduk.

Lalu kemajuan teknologi maupun ilmu pengetahuan tidak selalu membawa keuntungan tapi terkadang membawa kerugian. Seperti salah satu contoh kerugiannya yaitu semakin berkurang atau sedikitnya jumlah lapangan kerja, hal ini disebabkan oleh perkerjaan yang asalnya dilakukan oleh manusia sekarang sudah digantikan oleh mesin-mesin atau peralatan lain sebagai gantinya dengan alasan karena relatif lebih cepat dan lebih hemat biaya saat menproduksi barang.

Adapun masalah seperti ada orang yang sudah memiliki pekerjaan akan tetapi dia merasa pekerjaan yang dimilikinya tidak sesuai dengan bidang atau kemampuannya. Jadi tidak jarang jika ada yang merasa tidak mampu dalam menjalankan tugas pekerjaan yang telah diberikan atau dipercayakan kepadanya.

Oleh karena itu masalah seperti ini harus segera diatasi setidaknya harus dikurangi yaitu dengan cara para anak muda sekarang harus mempersiapkan diri secara lebih matang, dengan memahami dirinya, lingkungan dan harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman khususnya dengan dunia kerja kalau bisa dengan mengikuti bimbingan karir untuk merencanakan masa depan.

pengertian karir

Apakah yang dimaksud dengan Karir??

Lalu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang apa itu Karir, yang penjelasannya dapat kamu baca dibawah ini:

A. Penjelasan karir/karier

Yang dimaksud dengan karir adalah suatu rangkaian perilaku dan sikap yang berhubungan dengan pengalaman maupun aktivitas kerja selama rentang waktu pada kehidupan seorang individu serta merupakan rangkaian aktivitas kerja berkelanjutan.

Karir yaitu kondisi yang dapat menunjukan adanya peningkatan status kepegawaian seorang individu dalam organisasi sesuai dengan pekerjaan yang sudah ditentukan oleh organisasi tersebut.

Karir merupakan kedudukan, rangkaian pekerjaan dan posisi yang pernah diduduki oleh seseorang selama masa kerjanya. Karir dapat menunjukan peningkatan maupun perkembangan pegawai secara individu pada suatu jenjang yang dicapai selama masa kerjanya di dalam organisasi.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang karir, semoga dapat kamu pahami. Lalu beberapa Contoh dari karir misalnya seperti pada tenaga pendidik: guru, dosen, tutor, konselor dan lain-lain. Dan pada tenaga kependidikan: kepala sekolah, administrasi, pengawas sekolah, pustakawan dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian profesional dan ciri-cirinya lengkap.

B. Perencanaan Karir.

Perencanaan karir adalah proses dimana seorang individu dapat menidentifikasi maupun mengambil langkah-langkah dalam mencapai tujuan karirnya. Melalui perencanaan karir ini nantinya setiap individu dapat menevaluasi kemampuan maupun minat yang dimilikinya, lalu supaya dapat mempertimbangkan karir pilihannya, memilih karir alternatif, menyusun tujuan karirnya dan lain-lain.

Perencanaan sebuah karir juga merupakan perencanaan mengenai kemungkinan seorang pegawai, anggota organisasi maupun seorang individu untuk meniti proses kenaikan pangkat atau jabatan sesuai dengan syarat-syarat jabatan tersebut dengan kemampuannya. Saat ini keterlibatan organisasi pada perencanaan sebuah karir semakin kesini semakin bertambah. Bahkan saat ini banyak sekali calon pegawai pada suatu organisasi khusunya calon yang pendidikannya tinggi mereka menginginkan sebuah karir bukan hanya pada satu jabatan saja, akan tetapi banyak yang ingin lebih.

C. Alasan perencanaan karir itu penting

Beberapa alasan yang membuat perencanaan Karier itu sangat penting, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk mencapai sesuatu yang dianggap akan membuat bahagia atau senang.
  • Untuk mencapai sesuatu yang memang dianggap berharga.
  • Untuk mempelajari hal-hal baru.
  • Dan tentunya untuk mengembangkan dan melatih kemampuan.

D. Manfaat perencanaan karir

Adapun beberapa manfaat dari perencanaan karir, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk mengembangkan pegawai yang nantinya dapat dipromosikan untuk naik jabatan.
  • Untuk melihat potensi yang dimiliki oleh pegawai.
  • Untuk menurunkan perputaran pegawai.
  • Untuk memuaskan kebutuhan para pegawai.
  • Dan untuk membantu melaksanakan rencana kegiatan organisasi.

E. Faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan karir

1. Faktor sosial

a. Faktor kelompok primer, yang diantaranya:

  • Jenis penghasilan dan pekerjaan yang dimiliki oleh orang tua.
  • Pendidikan yang dimiliki oleh orang tua.
  • Tempat tinggal dan keadaan lingkungan sekitarnya.
  • Jenis pekerjaan yang diinginkan oleh orang tua.
  • Nilai maupun norma yang dimiliki, dan lain-lain.

b. Faktor kelompok sekunder, yang diantaranya:

  • Kelompok politik, ahli, serikat kerja, dan lain-lain.

Baca juga: Pengertian kelompok sosial dan menurut para ahli terlengkap.

2. Faktor Individu

a. Kemampuan intelejesi

Setiap orang memiliki kemampuan itelejensi yang berbeda-beda. Orang yang memiliki intelenjensi yang baik atau tinggi akan lebih cepat dalam memecahkan masalah daripada orang rang memiliki intelejensi yang tidak tinggi.

b. Minat

Minat merupakan perangkat mental yang di milik oleh seseorang seperti prasangka dan perasaan. Minat dapat mengarahkan seseorang kepada hal-hal tertentu yang dia inginkan.

c. Bakat

Bakat merupakan kualitas kemampuan yang dimiliki seorang individu, bakat dapat berkembang dan memungkinkan individu yang memiliki bakat dapat lebih cepat memecahkan masalah. Akan tetapi bukan berarti orang yang tidak memiliki bakat tidak bisa lebih baik dari orang berbakat.

d. Kepribadian

Merupakan cara seorang individu dalam berinteraksi maupun bereaksi terhadap individu lainnya.

e. Sikap

Merupakan prilaku yang dimiliki seorang individu untuk melakukan tindakan tertentu.

f. Nilai

Merupakan sifat ataupun hal-hal yang dianggap sangat penting bagi dirinya.

g. Hobi

Merupakan kebiasaan atau kegemaran untuk melakukan sesuatu dengan tujuan untuk mendapatkan kesenangan.

Itulah beberapa faktor dari seorang individu itu sendiri yang dapat mempengaruhi pada perkembangan karirnya, Sebenarnya masih banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan dari karir, misalnya seperti: pengalaman kerja, pengetahuan yang dimiliki, keterampilan dan lain-lain.

Sekian penjelasan tentang pengertian karir secara umum, jika terdapat beberapa kesalahan atau kekurangan dalam artikel ini mohon dimaafkan dan semoga penjelasan pada artikel ini dapat bermanfaat.