Rangkuman Pengertian Akuntansi Biaya Dan Tujuannya

Posted on

Rangkuman pengertian akuntansi biaya dan tujuannya – Selamat pagi, pada kesempatan ini kami akan memberikan artikel yang menjelaskan tentang definisi akuntansi biaya dan artikelnya dapat kamu baca dibawah ini.

A. Penjelasan akuntansi biaya

Akuntansi biaya adalah salah satu bidang pada akuntansi yang digunakan untuk analisis, penggolongan dan pencatatan mengenai biaya produksi maupun biaya pemasaran terhadap produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Akuntansi biaya dapat digunakan untuk memenuhi keperluan pihak eksternal (investor, kreditor dll) maupun pihak internal (manajemen) pada suatu perusahaan. Informasi biaya untuk bagian internal perusahaan biasanya disajikan dengan menyesuaikan keperluan manajemen sedangkan untuk pihak ekstenal disajikan dalam bentuk laporan keuangan misalnya seperti laporan neraca, laba-rugi dan arus kas. Bagi pihak manajemen perusahaan informasi mengenai biaya sangat diperlukan karena dapat membantu dalam mengambil suatu keputusan, yang dimana keputusan tersebut akan berpengaruh bagi perusahaan.

Baca juga: Pengertian akuntansi dan menurut para ahli lengkap.

definisi akuntansi biaya
Apa yang dimaksud dengan akuntansi biaya??

B. Penjelasan akuntansi biaya menurut beberapa para ahli

Jika menurut Mulyadi [1999:6] — Akuntansi biaya adalah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan & penyajian biaya pembuatan & penjualan produk atau jasa,dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.

Sedangkan menurut R A Supriranto [2000:21] — Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntasi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor & menekan transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Itulah beberapa penjelasan akuntansi biaya menurut beberapa ahli, semoga dapat kamu pahami.

C. Tugas akuntansi biaya

Beberapa tugas dari akuntansi biaya diantaranya sebagai berikut ini:

  • Dapat menyediakan berbagai data biaya yang dibutuhkan untuk pengendalian kegiatan maupun perencanaan perusahaan.
  • Dapat menetapkan metode, prosedur pengendalian, perbaikan operasi dan program pengurangan biaya atau anggaran.
  • Dapat mengembangkan analisa maupun sistem biaya dalam penentuan harga popok dan dapat menganalisis jika terjadi penyimpangan.
  • Dapat menyediakan data biaya yang nantinya diperlukan untuk pengambilan keputusan.
  • Dapat berpartisipasi dalam penyusunan anggaran.
  • Dan dapat menyusun laporan-laporan biaya.

Baca juga: Pengertian akuntansi manajemen dan menurut para ahli lengkap.

D. Tujuan akuntansi biaya

Adapun beberapa tujuan dari akuntansi biaya, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Untuk pengendalian biaya

Misalnya dalam hal pengendalian biaya, harus didahului dengan penentuan biaya yang seharusnya dikeluarkan dalam melakukan produksi terhadap satuan produk ataupun jasa.

2. Untuk menentukan harga pokok suatu produk atau jasa

Biasanya akuntansi biaya dalam menentukan harga pokok dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manajemen dan pihak eksternal perusahaan. Oleh sebab itu proses penyusunan akuntansi biaya ini berguna untuk menentukan harga pokoknya berdasarkan pada SAK atau Standar Akuntansi Keuangan yang masih berlaku. Akuntansi biaya akan mencatat, menggolongkan dan meringkas berbagai macam biaya pembuatan produk ataupun jasa yang dihasilkan perusahaan. Sehingga laporan biaya yang disajikan nantinya berupa biaya historis perusahaan tersebut.

3. Untuk pengambilan keputusan

Keputusan yang diambil oleh manajemen akan menyangkut masa depan perusahaan yang dipimpinnya. Oleh sebab itu informasi dari akuntansi biaya yang benar atau relevan selalu berpengaruh pada pengambilan keputusan manajemen, yang dimana keputusan tersebut akan berpengaruh pada perusahaan di masa mendatang. Karena dapat membantu dalam pengambilan keputusan, maka laporan akuntansi biaya termasuk kedalam bagian akuntansi manajemen.

Sekian artikel yang menjelaskan tentang pengertian akuntansi biaya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan mohon maaf jika memang terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penulisannya. Terimakasih banyak telah berkunjung…

Sora N
Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.