Definisi Atau Pengertian Tabungan Secara Ringkas

Posted on

Definisi atau pengertian tabungan dan cara menambah saldo tabungan dengan baik – Sekarang ini pasti banyak sekali orang yang menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung. Khusunya bagi individu atau orang yang berpenghasilan tinggi tentunya akan menyisihkan uangnya untuk tabungan, karena tidak mungkin semua pendapatannya dibelanjakan sekaligus. Terdapat beberapa jenis tabungan yang diantaranya seperti Tabanas (Tabungan Pembangunan Nasional), Taskah, ONH dan lain-lain. Dan pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa itu definisi dari tabungan, berikut ini artikelnya:

A. Apa Pengertian Tabungan ?

Tabungan adalah suatu simpanan yang berupa uang dari pihak ke tiga (perorangan) atau suatu badan usaha pada Bank, yang dimana penarikan uangnya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan media tertentu, tapi tidak dapat menggunakan biyet giro, cek ataupun alat-alat lainnya yang sama.

Tabungan dapat di definisikan juga sebagai sisa dari pendapatan yang telah digunakan untuk berbagai macam pengeluaran atau kebutuhan konsumsi. Tabungan dengan kata lain disebut juga dengan Saving, yaitu bagian daripada pendapatan yang tidak dikonsumsi dan disimpan untuk di gunakan di masa yang akan datang. Jika dalam lingkup ekonomi Makro saving diartikan sebagai suatu bagian dari pendapatan nasional per-tahunnya yang tidak dibelanjakan atau dikonsumsi.

pengertian tabungan
sumber: pixabay.com

Jika ingin memiliki tabungan di bank, tentunya terlebih dahulu kamu harus membuka rekening tabungan di bank dan melampirkan beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak bank, selanjutnya akan di proses oleh pegawai bank. Baca Juga: Pengertian Bank Sentral dan Bank Umum.

B. Cara Menambah Saldo Tabungan di Bank

Untuk menambah saldo yang ada pada tabungan, nasabah atau pemegang tabungan harus melakukan setoran pada tabungannya. Apa itu setoran tabungan? Setoran tabungan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh nasabah bank dengan tujuan untuk menambah saldo yang ada pada tabunagannya. Adapun setoran yang dapat dilakukan diantaranya:

1. Setoran tunai

Merupakan setoran yang dilakukan oleh nasabah bank secara langsung dengan menyetorkan sejumlah uang tunai kepada pihak bank.

2. Setoran non-tunai

Setoran non-tunai akan dicatat jika dana atau uang tersebut telah benar-benar diterima oleh pihak bank. Setoran ini merupakan setoran yang dilakukan oleh nasabah bank ataupun pihak tertentu dengan menyerahkan sejumlah uang tunai dengan cara sebagai berikut ini:

a). Pemindah bukuan

Merupakan aktivitas yang dilakukan oleh pihak bank atas permintaan nasabah untuk memindahkan dana atau uang dari satu rekening ke rekening yang lain, tapi pemindah bukuan ini harus dilakukan pada bank yang sama.

b). Transfer yang masuk

Merupakan kiriman uang yang sumbernya berasal dari nasabah bank yang sama ataupun yang berbeda, dengan maksud untuk menambah saldo rekening nasabah dari bank yang menerima dana atau uang tersebut.

c). Setoran kliring

Merupakan suatu setoran non-tunai yang dapat dilakukan oleh nasabah misalnya dengan menyerahkan warkat bank (seperti cek) lain untuk keuntungan rekening tabungan deposito ataupun giro. Baca Juga: Pengertian Giro Singkat dan Jelas

C. Cara penarikan tabungan di bank

Nasabah dapat melakukan penarikan tabungan dengan beberapa cara, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Penarikan tunai

Merupakan penarikan tabungan yang dilakukan oleh nasabah secara langsung ke pihak bank, yaitu dengan cara membawa buku tabungannya, kartu ATM, kartu identitas dan bisanya harus mengisi slip penarikan. Atau bisa juga dengan melakukan penarikan uang lewat mesin ATM, tentunya dengan menggunakan kartu ATM bank tersebut.

2. Penarikan non-tunai

Merupakan penarikan tabungan yang dapat dilakukan dengan menggunakan sarana lain yang disediakan oleh bank selain kartu ATM dan tabungan. Salah satu contoh penarikan non-tunai adalah transfer uang keluar atau mengirim uang. Seperti transfer keluar yang merupakan penarikan uang yang sumbernya berasal dari rekening nasabah yang melakukan penarikan dan dikirimkan ke rekening nasabah lain. Baca Juga: Pengertian Deposito dan Jenis Deposito.

D. Faktor Yang Mempengaruhi Tabungan

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tabungan diantaranya sebagai berikut ini:

  • Pendapatan yang diterima, jadi semakin banyak pendapatan yang diterima maka akan semakin banyak juga pendapatan yang akan disisihkan oleh nasabah dan nantinya akan ditabungkan.
  • Hasrat untuk menabung, hal ini merupakan keinginan pada masing-masing individu dalam menyisihkan pendapatannya untuk ditabung.
  • Tingkat suku bunga pada bank, jika semakin tinggi tingkat suku bunga dari simpanan uang di bank maka akan semakin banyak individu-individu untuk menabung.

Mungkin hanya itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang definisi atau pengertian tabungan, dan jika ada kesalahan atau kekurangan pada artikel ini mohon dimaafkan, sekian terimakasih….

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.