Pengertian Adaptasi Morfologi Dan Contohnya Ringkasan Terjelas

Posted on

Berikut ini pengertian adaptasi morfologi dan contohnya – Pada kesempatan sebelumnya kami telah memberikan penjelasan tentang adaptasi secara umum, lalu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang definisi adaptasi morfologi beserta beberapa contohnya, berikut ini penjelasannya:

A. Penjelasan tentang adaptasi morfologi

Yang dimaksud dengan adaptasi morfologi adalah cara makhluk hidup menyesuaikan bentuk tubuh terhadap lingkungannya, dengan tujuan untuk bertahan hidup. Atau dapat juga diartikan sebagai cara penyesuaian bentuk tubuh dan alat-alat tubuh organisme terhadap lingkungannya. Adaptasi jenis ini cukup mudah untuk diamati karena terjadi hanya pada bagian luar tubuh makhluk hidup saja.

B. Contoh adaptasi morfologi

1. Pada hewan

Bentuk gigi pada hewan berbeda-beda. Misalnya seperti hewan pemakan daging (karnivora) umumnya memiliki empat gigi taring yang cukup besar serta runcing yang digunakan untuk menangkap mangsanya, lalu memiliki gigi graham dengan ujungnya yang tajam digunakan untuk memotong atau mencabik-cabik daging hewan yang dimangsanya.

Baca juga: Pengertian adaptasi dan jenisnya beserta contohnya paling jelas.

Cara burung beradaptasi dengan lingkungannya.
Cara burung beradaptasi dengan lingkungannya.

Bentuk paruh dan kaki pada burung yang berbeda-beda. Misalnya seperti burung pipit dan burung elang. Burung pipit bentuk paruhnya pendek dan kuat yang digunakan untuk memakan biji-bijian, lalu jari-jari kakinya panjang dan telapak kakinya yang datar digunakan untuk hinggap di dahan atau ranting pohon. Sedangkan Burung elang memiliki paruh yang agak melengkung kebawah, tajam dan rahang yang kuat digunakan untuk mencabik-cabik daging mangsanya. Sedangkan kakinya yang pendek dan bercakar digunakan untuk mencengkram mangsanya supaya tidak terlepas.

Bentuk mulut pada serangga yang berbeda-beda. Misalnya seperti kupu-kupu yang memiliki mulut penghisap yang bentuknya panjang seperti belalai, sehingga kupu-kupu dapat menghisap nektar yang terdapat pada bunga. Lalu mulut penusuk dan penghisap seperti nyamuk yang bentuknya panjang dan tajam, digunakan untuk menghisap darah manusia dan hewan. Ada juga serangga yang memiliki mulut penjilat misalnya seperti lalat dan serangga yang memiliki mulut penggigit misalnya seperti jangkrik dan belalang.

Baca juga: Ringkasan pengertian adaptasi fisiologi dan contohnya.

2. Pada Tumbuhan

Tempat hidup  tumbuhan umumnya berbeda-beda, ada yang di tempat kering, ber air dan lembab. Jadi tumbuhan akan melakukan adaptasi yang berbeda-beda sesuai dengan tempat hidupnya. Dan berikut dibawah ini beberapa contoh adaptasi yang dilakukan oleh tumbuhan sesuai tempat hidupnya:

Kaktus bentuk daunnya duri karena tumbuh dan hidup di tempat kering. Kaktus memiliki akar yang panjang digunakan untuk mencari air di dalam tanah. Kaktus disebut tumbuhan Xerofit karena hidup dan tumbuh di tempat kering dan tandus.

Bunga teratai yang tumbuh dan hidup di air, beradaptasi dengan cara daunnya yang tipis dan lebar sehingga dapat terapung di air. Adapun tumbuhan eceng gontok yang sama seperti teratai dapat hidup di air, beradaptasi dengan cara memiliki akar banayak yang fungsinya supaya tidak terbalik saat di air. Bunga teratai dan eceng gondok disebut dengan tumbuhan Hidrofit karena hidup di air.

Adapun tumbuhan paku atau lumut yang tumbuh dan hidup di tempat lembab. Karena hidup di daerah yang lembab maka tumbuhan paku dan lumut disebut dengan tumbuhan Higrofit.

Demikian ringkasan tentang pengertian adaptasi morfologi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu dan mohon maaf jika terdapat kesalahan maupun kekurangan, sekian dan terimakasih…