Ketahui Pengertian Analisis Data dan Tujuannya: Langkah serta Jenis

Ketahui tentang pengertian analisis data, tujuan, prosedur, dan jenis-jenisnya. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama mengenai definisi analisis data, untuk memahaminya baca saja tulisa dibagaian bawah ini.

Definisi Analisis Data

Pengertian Analisis data adalah upaya atau cara untuk mengolah data menjadi informasi sehingga karakteristik data tersebut bisa dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan, tertutama masalah yang berkaitan dengan penelitian.

Bisa juga arti analisis data yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengubah data hasil dari penelitian menjadi informasi yang nantinya bisa dipergunakan untuk mengambil kesimpulan.

Adapun tujuan dari analisis data adalah untuk mendeskripsikan data sehingga bisa di pahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai data yang didapatkan dari sampel. Biasanya ini dibuat berdasarkan pendugaan dan pengujian hipotesis.

pengertian analisis data
pixabay.com

Langkah dan Prosedur Analisis Data

1. Tahap pengumpulan data

Tahap yang pertama adalah pengumpulan data bisanya data yang didapatkan berasal dari sample yang dikumpulkan bisa melalui wawancara, observasi, angket, hingga studi dokumen yang akan di teliti.

2. Tahap Editing

Pada tahap editing bisanya akan melakukan pemeriksaan terhadap kejelasan dan kelengkapan mengenai pengisian instrumen pengumpulan data.

3. Tahap koding

Pada tahap ini dilakukan proses identifikasi dan klasifikasi dari tiap-tiap pernyataan yang terdapat pada instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang sedang diteliti.

4. Tahap tabulasi

Melakukan kegiatan mencatat ataupun melakukan penginputan data kedalam tebel-tabel induk dalam penelitian.

5. Tahap pengujian

Pada tahapan ini data akan diuji kualitasnya yaitu menguji validitas maupun realiabilitas instrumen dari pengumpulan data.

6. Tahap mendeskripsikan data

Tahap prosedur analisis data selanjutnya yaitu menyajikan data dalam bentuk table, bisanya berbentuk diagram dengan tujuan memahami karakteristik data sample penelitian.

7. Tahap pengujian hipotesis

Tahap ini merupakan tahapan pengujian terhadap proposisi apakah ditolak atau bisa diterima dan memiliki makna atau tidak, atas dasar hipotesis inilah nantinya keputusan akan dibuat.

BACA: Pengertian Data dan Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Analisis Data dalam Penelitian

Teknik analisis data dalam penelitian ada 2 (dua) jenis, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Teknik analisis data secara deskriptif

Teknik analisis data deskriptif adalah tekhnik analisis yang dipakai untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data-data yang sudah dikumpulkan seadanya dengan maksud membentuk kesimpulan secara umum dari hasil penelitian. Adapun yang termasuk dalam teknik analisis data statistik deskriptif diantaranya seperti penyajian data kedalam bentuk grafik, tabel, presentase, frekwensi, diagram, mean, modus dll.

BACA: Pengertian Diagram dan Jenis-Jenisnya

2. Teknik analisis data secara inferensial

Teknik analisis data inferensia adalah statistik yang dipakai untuk melakukan analisis dengan cara membuat kesimpulan yang berlaku secara umum. Ciri dari analisi data inferensial yaitu digunakanya rumus statistik tertentu, lalu hasil perhitungan yang sudah dilakukan nantinya akan menjadi dasar dari pembuatan kesimpulan.

Dengan begitu statistik inferensial mempunyai fungsi untuk membentuk kesimpulan hasil penelitian sampel untuk populasi, sesuai dengan fungsinya maka statistik inferensial sangat berguna untuk penelitian sampel.

Sekian tulisan yang menjelaskan pengertian analisis data dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat serta jika terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam segala hal mohon di maafkan, terimakasih.

Bagikan Ke: