Pengertian Saham Dan Jenisnya Lebih Jelas

Inilah pengertian saham dan jenisnya – Kamu bisa membaca dan memahami tentang definisi saham dibagian bawah ini.

A. Penjelasan mengenai saham

Apa itu yang dimaksud dengan saham?

Yang pertama, Saham adalah surat berharga milik suatu perusahaan yang dimana surat tersebut dapat diperjualbelikan lalu nilai finansialnya bisa naik dan turun setiap saat.

Yang kedua, Saham merupakan surat berharga yang menunjukan adanya kepemilikan seseorang ataupun badan hukum terhadap perusahaan yang menerbitkan saham.

Yang ketiga, Saham adalah surat berharga yang bisa diperjualbelikan oleh lembaga atau perorangan terhadap perusahaan yang telah menerbitkan saham.

Dan yang keempat, Saham merupakan sertifikat yang menunjukan bukti dari kepemilikan suatu lembaga atau perusahaan dan pemegang saham mempunyai hak klaim atas penghasilan aktiva perusahaaan atau lembaga tersebut. Saham merupakan surat berharga yang sifatnya kepemilikan maksudnya pemilik saham tersebut merupakan pemilik dari perusahaan, semakin besar saham yang dimiliki makan akan semakin besar juga kekuasaan pada perusahaan atau lembaga tersebut.

Itulah penjelasan tentang saham, pilih yang mana saja karena semua intinya sama. Baca juga: Pengertian aktiva tetap dan contohnya secara jelas.

Penje;asan mengenai apa itu saham? | sumber gambar: toplintas .com

Penjelasan mengenai apa itu saham? | sumber gambar: toplintas .com

B. Bursa saham

Apa itu bursa saham? Bursa saham adalah suatu tempat dimana lembaga atau perusahaan dapat menawarkan sahamnya untuk dijual, bursa saham hanya semacam tempat untuk menampung saham yang nantinya akan di perdagangkan. Baca juga pembahasan: Pengertian bursa efek lebih jelas.

C. Jenis-jenis saham

a. Cara peralihannya

Jika dilihat dari cara peralihannya, saham dapat dibedakan menjadi dua macam diantaranya di bawah ini:

1. Bearer stock

Yaitu merupakan saham yang tidak ditulis nama dari pemiliknya, tujuannya supaya mudah untuk dipindahtangankan dari suatu investor ke investor yang lainnya.

2. Registered stock

Yaitu saham yang ditulis nama siapa pemilik dari saham tersebut, yang dimana cara untuk peralihannya harus melalui cara atau prosedur tertentu.

b. Berdasarkan kemampuan hak klaim

1. Common stock

Merupakan saham biasa yaitu tanda penyertaan modal seseorang atau instansi dalam suatu perusahaan, mewakili klaim kepemilikan terhadap penghasilan maupun aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. Pemegang saham mempunyai kewajiban yang sangat terbatas maksudnya jika perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan, kerugian maksimal yang akan ditanggung oleh pemegang saham yaitu sebesar investasi yang terdapat pada saham.

2. Preferred stock

Yang dimaksud dengan saham preferred stock yaitu penyertaan modal ataupun kepemilikan perusahaan pada tingkat yang terbatas, saham ini mempunyai tambahan hak lebih daripada saham biasa (Common stock). itulah penjelasan mengenai saham preferred stock.

c. Adapun saham-saham yang diperjualbelikan di pasar bursa saham, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Growth stock yaitu jenis saham yang mempunyai pertumbuhan diatas pertumbuhan yang rata-rata.
  • Cylical stock yaitu jenis saham yang dimana pertumbuhan dari pendapatanya sama ataupun di bawah pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.
  • Value stock yaitu jenis saham yang mempunyai harga pasar saham relatif lebih kecil dari nilai bukunya, maksudnya rasio dari harga saham terhadap pendapatan sangatlah kecil jika dibandingkan dengan rasio pasar.
  • Defensive stock yaitu jenis saham yang secara umum bertambah dari pendapatannya pada rata-rata atau bisa juga di bawah rata-rata, tapi saham ini tidak terlalu sensitif dipengaruhi kondisi bisnis.
  • Aggresive stock yaitu jenis saham yang mempunyai resiko tinggi, maksudnya saham bisa mengalami kenaikan lebih tinggi dari kenaikan pasar itupun jika pasar naik ataupun bisa juga sebaliknya jika pasar turun maka saham ini akan mengalami penurunan juga.

Mungkin itulah penjelasan atau pembahasan mengenai pengertian saham dan jenis saham. Mohon maaf jika ada kesalahan, semoga bisa dimengerti dan tentunya semoga bisa memberikan manfaat…

Bagikan: Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on Pinterest

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Saham Dan Jenisnya Lebih Jelas"

Secara Umum Pengertian Profesi Dan Contohnya
Secara umum definisi atau pengertian profesi dan contohnya.
Pengertian Produk Dan Contohnya Yang Dihasilkan Perusahaan
Pahami secara baik-baik definisi atau pengertian produk
Pengertian Pariwisata Dan Jenis-Jenisnya Rangkuman Lengkap
Kenali definisi atau pengertian pariwisata dan juga
Pengertian Etika Bisnis Dan Contohnya Lebih Umum
Definisi atau pengertian etika bisnis dan contohnya