Pengertian Kelompok Sosial Dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian kelompok sosial dan menurut para ahli secara lebih lengkap dapat kamu baca pada penjelasan di bagian bawah ini.

A. Penjelasan kelompok sosial

Yang dimaksud dengan kelompok sosial adalah suatu kumpulan orang yang saling bekerjasama, saling berinteraksi dan saling menyadari kepentingan antar sesama anggotanya. Atau definisi kelompok sosial yaitu suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua individu ataupun lebih untuk saling berinteraksi.

Kelompok dapat diciptakan oleh anggota masyarakat dan kelompok juga dapat memberikan pengaruh pada perilaku anggotanya. Contoh kelompok sosial misalnya jika berdasarkan tempat seperti RT dan RW, jika berdasarkan suatu ikatan darah seperti keluarga, kerabat dan lain-lain.

Adapun penjelasan tentang kelompok sosial menurut beberapa para ahli, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Menurut George Homans: Kelompok sosial yaitu kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi & memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi & berhubungan timbal balik.
  • Jika menurut Hendropuspito: Kelompok sosial sebagai suatu kumpulan nyata, teratur & tetap dari individu – individu yang melaksanakan peran – perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.
  • Dan menurut Paul B.Horton & Chester L.Hunt: Kelompok sosial sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya & saling berinteraksi.

Baca juga penjelasan tentang: Pengertian ilmu sosial dan menurut para ahli.

definisi kelompok sosial

Apa itu kelompok sosial??

B. Ciri-ciri kelompok sosial

Adapun ciri dari kelompok sosial, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Mempunyai kepentingan bersama.
  • Mempunyai norma atau peraturan yang tegas sebagai pedoman tingkah laku, sehingga dapat mengatur hubungan antar sesama anggota.
  • Mempunyai struktur sosial, yang dimana setiap anggotanya mempunyai status maupun peranan.
  • Terdapat interaksi dan komunikasi diantara anggotanya.
  • Mempunyai struktur sosial untuk membagi-bagi tugas bagi masing-masing anggotanya.
  • Merupakan satu-kesatuan nyata, yang dapat dibedakan dengan kelompok-kelompok lain.
  • Dan setiap anggota mempunyai motif yang sama dalam kelompok sosial.

C. Beberapa cara membedakan kelompok sosial dengan kelompok-kelompok yang lainnya

Terdapat beberapa persyaratan bagi kelompok sosial supaya dapat dibedakan dengan kelompok yang lainnya, persyaratan tersebut diantaranya sebagai berikut ini:

  • Setiap individu yang terdapat dalam kelompok harus sadar bahwa dirinya merupakan bagian dari kelompok tersebut.
  • Mempunyai suatu persamaan faktor untuk membentuk kelompok sosial seperti faktor tersebut adalah kesamaan pekerjaan, tujuan, politik, ideologi dan lain-lain. Faktor inilah yang dapat membuat hubungan menjadi lebih erat.
  • Di dalam kelompok terdapat hubungan timbal balik antar anggota yang satu dengan yang lainnya.
  • Dan mempunyai struktur, kaidah dan pola berperilaku.

D. Dan Inilah faktor pembentuk kelompok sosial

Dapat bergabung dengan suatu kelompok merupakan sesuatu yang murni berasal dari diri seseorang itu sendiri, atau bisa saja secara kebetulan bahkan bisa juga merupakan sebuah pilihan. Terdapat 2 faktor yang dapat membuat terbentuknya suatu kelompok sosial yang diantaranya:

1. Fakrot kedekatan

Pengaruh yang pertama adalah kedekatan, keterlibatan seseorang dalam suatu kelompok memang tidak dapat di ukur, dalam membentuk kelompok dengan orang-orang yang ada di sekitar kita, saat itu juga kita telah tergabung kedalam sebuah kelompok sosial. Kelompok dapat terbentuk atas susunan individu yang saling berinteraksi antar satu sama lain. Misalnya semaki dekat letak gografis antara dua orang atau lebih maka mereka akan sering berinteraksi dan bersosialisasi. Jadi kedekatan dapat meningkatkan peluang untuk saling berinteraksi lalu dapat memungkinkan terbentuknya kelompok sosial.

2. Faktor kesamaan

Pengaruh yang kedua adalah kesamaan antar anggota, telah menjadi suatu kebiasaan seorang individu lebih menyukai berinteraksi dengan individu lain yang mempunyai kesamaan yang sama. Misalnya kesamaan tersebut seperti kesamaan kepentingan, nasib, keturunan dan lain sebagainya yang sehingga dapat membentuk suatu kelompok sosial. Berikut dibawah ini penjelasannya:

  • Mempunyai kesamaan kepentingan: dengan memiliki kesamaan kepentingan antar individu maka akan terbentuklah suatu kelompok yang nantinya individu-individu dalam kelompok tersebut akan saling bekerja sama untuk mencapai kepentingan tersebut.
  • Mempunyai kesamaan nasib: misalnya seperti kesamaan pekerjaan, karena dengan atas dasar persamaan pekerjaan setiap individu akan membentuk kelompok sosial yang tujuannya telah ditentukan dalam kelompok tersebut.
  • Mempunyai kesamaan keturunan: suatu kelompok juga dapat terbentuk atas dasar persamaan keturunan sehingga setiap anggota yang ada dalam kelompok tersebut akan berkomitmen untuk menjaga ikatan persaudaraan supaya tidak terputus.

Demikian penjelasan mengenai pengertian kelompok sosial yang didapatkan dari berbagai macam sumber, jika terdapat kesalahan dalam pembahasan di atas mohon di maafkan dan semoga dapat bermanfaat…

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Kelompok Sosial Dan Menurut Para Ahli Terlengkap"

Pengertian Sinkronik dan Contohnya serta Ciri-Cirinya Secara Umum
Memahami secara umum pengertian sinkronik, contohnya dan
Pengertian Diakronik Beserta Contohnya Dilengkapi Juga Ciri-Cirinya
Berikut ini pengertian diakronik dan contohnya yang
Pengertian Logika dan Fungsinya serta Contohnya Yang Sederhana
Berikut ini pengertian logika secara umum dilengkapi
Memahami Pengertian Berfikir Kritis Dan Manfaatnya Secara Umum
Berikut ini pengertian berfikir kritis, manfaatnya, ciri-cirinya dan