Pengertian Keyboard dan Jenis-Jenisnya maupun Fungsinya

Pengertian keyboard dan jenis-jenisnya maupun fungsinya pada komputer. Mungkin di jaman yang serba modern ini kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, karena bagi yang sering menggunakan komputer pasti akan menggunakan benda ini. Di pembahasan ini dibuat bagi kamu yang ingin mengetahui definisi, jenis-jenis dan fungsi dari keyboard, berikut ini pembahasannya.

Jelaskan Pengertian Keyboard!

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol, atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

BACA: Pengertian Komputer dan Sejarahnya

Jenis-Jenis Keyboard Pada Komputer

1.    Keyboard QWERTY

Susunan pada kerboar QWERTY | Sumber gambar rezkipratama11.blogspot.com
Susunan tombol keyboard QWERTY

Tata letak pada keyboard ini ditemukan pada tahun 1878. Lalu keyboard QWERTY ini menjadi standar pada mesin tik komersial pada tahun 1905. Nama QWERTY sendiri diambil berdasarkan 6 huruf yang berurutan pada baris ke-2 dari tombol alfanumerik keyboard tersebut.

2. Keyboard Dvorak

Susunan tombol pada keyboard Dvorak | Sumber gambar: jumran-xp.blogspot .com
Susunan tombol keyboard Dvorak

Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932. Susunan huruf pada keyboard Dvroak disusun sedemikian rupa. Pada keyboard ini tangan sebelah kanan akan lebih banyak di bebani pekerjaan jika dibandingkan dengan tangan sebelah kiri. Lalu tataletak dari keyboard Dvorak dirancang supaya 70% dari penakanan pada home row, jadi dapat mengurangi kelelahan ketika pengetikan.

3. Keyboard Alphabetic

Keyboard alphabetic | Sumber gambar: kel-i-imk.blogspot .com
Keyboard alphabetic

Tombol yang terdapat pada keyboard alphabetic ini disusun sama persis seperti pada keyboard QWERTY dan keyboard Dvorak, akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet. Keyboard ini jarang sekali digunakan, karena memperlambat kecepatan dalam pengetikan.

5. Keyboard Klockenberg

Bentuk keyboard klockenberg | Sember gambar: yosanthetrouble.wordpress .com
Bentuk keyboard klockenberg

Keyboard klockenberg ini dibuat dengan tujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan pada keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta dibuat miring ke bagian bawah.Dan keyboard ini memiliki tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja.

4. Keyboard Numeric

Bentuk keyboard Numeric | Sumber gambar: ajiaryaraditya.blogspot .com
Bentuk keyboard Numeric

Keyboarrd numeric merupakan jenis keyboard yang digunakan untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar, orang-orang lebih menyukai menggunakan tombol numeric yang tata letaknya dapat dengan mudah dijangkau menggunakan tangan, sehingga lebih nyaman di gunakan.

Fungsi Keyboard Pada Komputer

Fungsi keyboard secara umum pada komputer, yaitu untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang di ketikkan lalu kemudian menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit) dan selanjutnya perintah tersebut akan di ubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga perintah tersebut dapat dimengerti oleh processor. BACA: Pengertian Processor dan Cara Kerjanya

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian keyboard dan jenis-jenisnya, dilengkapi juga dengan fungsinya. Jika postingan ini memang bermnanfaat bagi kamu janganan lupa untuk men-share ke teman-teman yang lain… dan terimakasih telah membaca pembahasan ini.

Bagikan Ke: