Pengertian Biogas dan Biodiesel dilengkapi Manfaatnya

Posted on

Inilah pengertian biogas dan biodiesel dilengkapi kelebihan dan kekurangannya serta manfaatnya dari segi penggunaan dan dampaknya pada lingkungan – Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama mengenai apa itu biogas dan biodiesel yang menjadi sumber energi alternatif dan ramah lingkungan.

A. Apa Pengertian Biogas ?

Yang dimaksud dengan Biogas adalah jenis gas yang berasal dari aktivitas anaerobik atau Fermentasi bahan-bahan organik, termasuk diantaranya seperti: kotoran hewan ternak sapi, limbah domestik, sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama pada biogas yaitu gas metana dan karbondioksida.

Biogas yaitu campuran gas yang dihasilkan oleh bakteri penghasil metan yang disebut dengan Metanogenik, hal ini dapat terjadi pada material-material yang bisa terurai secara alami dalam kondisi Anaerobik.

Biogas merupakan gas yang dapat dihasilkan dari proses bahan-bahan organik oleh mikroorganisme dalam kondisi tanpa bantuan oksigen (anaerobik). Biogas merupakan campuran dari beberapa gas dengan komponen utama seperti gas metana dan gas karbondioksida. Itulah diatas beberapa penjelasan mengenai biogas.

Adapun beberapa contoh biogas seperti penggunaan: kotoran hewan ternak sapi untuk membuat api dari gas metana, kotoran hewan untuk membuat pupuk, penggunaan biogas juga bisa untuk pembangit tenaga listrik.

pengertian biogas
sumber: pixabay.com

B. Kelebihan dan Kelemahan Biogas

1. Kelebihan Biogas

  • Mengurangi efek rumah kaca karena biogas ramah lingkungan.
  • Dapat menjadi metode untuk pengolahan limbah.
  • Proses pembakaran tidak mengeluarkan asap.
  • Dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi, gas alam dan batu bara).
  • Rellatif lebih aman.
  • Dan lain-lain.

2. Kelemahan Biogas

  • Membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk plikasinya.
  • Tidak dapat dikemas di dalam tabung.
  • Saat pengolahannya, dibutuhkan waktu yang cukup lama.

C. Apa Pengertian Biodesel ?

Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang berasal dari minyak nabati, atau biodiesel merupakan bahan bakar untuk mesin diesel yang berasal dari minyak nabati setelah melalu proses kimia. Biasanya sumber minyak nabati berasal dari minyak kelapa, minyak biji jarak, minyak sawit dan sebagainya. Biodiesel merupakan bahan bakar yang dapat mengurangi kerusakan pada lingkungan artinya bahan bakar ini sangat ramah terhadap lingkungan. >>Baca Juga: Keseimbangan Lingkungan

D. Kelebihan dan Kelemahan Biodiesel

1. Kelebihan Biodiesel

Keunggulan atau kelebihan dari biodiesel yaitu bahan bakar ini tidak beracun dan tidak dapat menyebabkan efek rumah kaca, jadi biodiesel ini sangat ramah lingkuangan. Lalu biodiesel mudah sekali terurai dan bisa diperbaharui dan biodiesel dapat membuat mesin menjadi lebih awet atau tidak cepat rusak.

2. Kelemahan Biodiesel

Dimana ada kelebihan selalu ada kekurangan, kekurangan biodiesel yaitu karena bahan bakar ini berasal dari tanaman pangan, maka jika di gunakan secara berlebihan dapat menimbulkan peningkatan harga pangan dan bahkan dapat meningkatkan angka kelaparan, mungkin itu merupakan salah satu alasan dari mengapa sampai saat ini biodiesel belum banyak digunakan sehingga masih mencari bahan baku utama yang potensial lainnya.

E. Manfaat Biogas dan Biodiesel

Manfaat yang utama dari biogas dan biodiesel adalah sebagai pengganti dari bahan bakar, khususnya pengganti bahan bakar fosil dan manfaat lain dari bahan bakar tersebut yaitu sangat ramah lingkungan sehingga pencemaran udara dapat dikurangi.

Itulah artikel mengenai pengertian biogas dan biodiesel, jika terdapat kekurangan dalam pembahasan ini harap dilengkapi saja oleh kamu sendiri. Kalau pembahasan ini bermanfaat Share saja kepada teman yang lainnya, terimakasih banyak telah berkunjung.

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.