Pengertian Aktiva Tetap Dan Contohnya Secara Jelas

Untuk memahami tentang pengertian aktiva tetap, karakteristik yang dimiliki, sifat dan contohnya kamu dapat membaca penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

A. Beberapa Pengertian Aktiva Tetap

Yang dimaksud dengan aktiva tetap adalah kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang dimana kekayaan tersebut didapatkan dalam bentuk siap pakai atau telah dibangun terlebih dahulu, sifatnya permanen dan dapat digunakan dalam kegiatan normal perusahaan untuk jangka waktu yang relatif panjang serta memiliki nilai cukup material.

Aktiva tetap yaitu sumber daya ekonomi yang didapatkan dan dikuasai oleh perusahaan sebagai hasil dari transaksi masa lalu, salah satunya yaitu aktiva tetap yang digunakan oleh perusahaan dalam kegiatan operasionalnya dalam menghasilkan produk atau jasa. Itulah beberapa penjelasan mengenai aktiva tetap.

pengertian aktiva tetap
Sumber gambar: noobakuntan.info

B. Karakteristik Aktiva Tetap

Adapun karakteristik dari aktiva tetap diantaranya sebagai berikut di bawah ini:

  • Tidak untuk di jual kembali.
  • Memiliki wujud fisik.
  • Memiliki nilai material, harga dari aset cukup signifikan misalnya seperti: harga tanah, harga mesin, harga bangunan dan lain sebagainya.
  • Memiliki periode manfaat dengan jangka waktu yang panjang (lebih dari 1 tahun).
  • Dapat memberikan banyak manfaat di masa yang akan datang.
  • Aset dapat digunakan secara efektif dalam aktivitas normal perusahaan (tidak untuk di jual kembali seperti halnya produk, persediaan dan investasi).
  • Dimiliki oleh perusahaan tidak sebagai investasi.

C. Aktiva Tetap Berdasarkan Sifatnya dan Contohnya

1. Aktiva Tetap Berwujud

Yang dimaksud dengan aktiva tetap berwujud (tangible fixed assets) yaitu merupakan aktiva tetap yang memiliki bentuk fisik, terdapat 3 (tiga) jenis aktiva tetap berwujud, diantaranya seperti di bawah ini:

Yang pertama, aktiva yang merupakan sumber dari penyusutan atau depresiasi, contohnya seperti: bangunan atau gedung, peralatan, kendaraan, inventaris, mesin-mesin produksi dan lain sebagainya. (Baca Juga: Pengertian Kantor dan Fungsinya)

Yang kedua, aktiva yang merupakan sumber dari deplesi atau penyusutan, contohnya seperti: tambang mineral, mineral deposits atau sumber alam dan lain sebagainya. Sumber alam atau tambang dapat habis melalui kegiatan-kegiatan eksploitasi pada sumber-sumber tersebut, oleh sebab itu sumber alam harus dapat dialokasikan kepada periode-periode yang dimana sumber alam atau tambang tersebut dapat memberikan hasilnya.

Yang ketiga, aktiva yang tidak mengalami penyusutan atau tidak mengalami deplesi, contohnya seperti: tempat atau tanah dimana bagunan perusahaan di dirikan dan lain sebagainya.

2. Aktiva Tetap Tidak Berwujud

Sedangkan yang dimaksud dengan aktiva tidak berwujud (Intangible Assets) yaitu merupakan aktiva yang tidak memiliki wujud fisik, akan tetapi memiliki manfaat yang besar untuk perusahaan yang dinyatakan dalam bentuk jaminan tertentu, contohnya seperti: hak cipta, hak paten, hak monopoli, biaya untuk riset, merek dagang, biya untuk mendirikan perusahaan dan lain sebagainya. (Baca Juga: Pengertian Lisensi Dan Manfaatnya)

Itulah dibagian atas penjelasan mengenai pengertian aktiva tetap, jika dalam pembahasan ini terdapat suatu kekurangan atau kesalahan perbaiki saja oleh kamu sendiri, dan kalau penjelasan ini memiliki manfaat mohon untuk dimen- Share ke sahabat kamu yang lainnya.

Bagikan Ke: