Pengertian Polutan Dan Contohnya Terlengkap

Posted on

Pengertian polutan, zat, jenis sifatnya, dan contohnya terlengkap – Apakah yang dimaksud dengan polutan? berikut di bawah ini adalah penjelasan mengenai definisi polutan secara lengkap.

A. Apa Pengertian Polutan ?

Polutan adalah bahan atau zat yang dapat menjadi penyebab pencemaran. Bahan yang menyebabkan pencemaran tersebut bisa berasal dari pabrik atau industri, rumah tangga, hasil dari sisa-sisa kegiatan atau aktivias pekerjaan misalnya seperti bekas galian bahan tambang.

B. Zat-Zat Yang Disebut Polutan

Adapun zat yang terdapat di alam yang bisa disebut dengan polutan atau pencemar jika bahan tersebut:

  • Jumlah dari zat tersebut sudah melampaui batas keadaan normal. Jika suatu benda atau zat yang jumlahnya sudah tidak bisa terkontrol maka benda atau zat tersebut dapat menjadi polutan yang nantinya merugikan.
  • Benda atau zat tersebut berada di waktu yang tidak tepat.
  • Benda atau zat tersebut berada di tempat yang tidak tepat.

Baca Juga Mengenai: Pengertian Polusi Udara atau Pencemaran Udara.

pengertian polutan
sumber: pixabay.com

Adapun beberapa sifat dari polutan yang dapat memberikan pengaruh pada lingkungan, diantaranya Dapat menyebabkan kerusakan khususnya pada lingkungan sementara, akan tetapi jika telah bereaksi dengan zat lingkungan dapat tidak merusak lagi dan dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan dalamjangka waktu yang lama.

Bahan pencemar tersebut dapat dibedakan dalam beberapa bentuk diantaranya seperti cairan, gas, padat (partikel) serta dapat berupa juga organisme, seperti misalnya bakteri atau virus, ataupun dapat juga berupa sebagai senyawa kimia organik dan anorganik. Selain itu dapat pula berupa suara (polusi suara) dan panas. Polutan sering disebut juga dengan kontaminan/Contaminant.

Baca Juga Mengenai: Pengertian Pencemaran Air.

B. Jenis-Jenis Polutan dan Berdasarkan Sifatnya

Adapun jenis-jenis dari polutan berdasarkan sifatnya, polutan dapat dibedakan menjadi 2 diantaranya:

  • Yang pertama, Polutan biodegredable adalah suatu jenis polutan yang bisa diuraikan oleh proses alam, Seperti contohnya: kertas, kayu, dedaunan, dan bahan organik lainnya.
  • Yang kedua, Polutan non biodegredable adalah suatu jenis polutan yang tidak dapat diuraikan oleh proses alam sehingga polutan tersebut akan tetap ada pada lingkungan untuk jangka waktu yang lama. Seperti contohnya: pecahan gelas atau kaca, kaleng-kaleng bekas, logam, residu radioaktif, dan lain-lain.

Itulah pembahasan mengenai definisi atau pengertian polutan, contoh dan jenis-jenisnya. Terimakasih telah membaca artikel ini mohon maaf jika ada kesalahan dan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan kamu…

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.