Pengertian Dialog dan Contohnya Secara Jelas

Berikut ini pengertian dialog, cara menyusun, syarat-syarat, dan contohnya yang dapat dengan mudah dipahami. Singkatnya definisi dialog adalah percakapan antara 2 orang atau lebih, atau dialog dapat diartikan juga sebagai komunikasi yang mendalam yang mempunyai tingkat dan kualitas yang tinggi yang mencangkup kemampuan untuk mendengarkan dan juga saling berbagi pandangan satu sama lain.

Jelaskan Pengertian Dialog Interaktif!

Yang dimaksud dengan dialog interaktif adalah suatu percakapan yang di lakukan di TV atau di radio yang dapat melibatkan pendengar dan pemirsa melalui komunikasi telepon. Terdapat narasumber yang dipilih yaitu orang yang sangat mengetahui mengenai informasi yang ingin di sampaikan. Yang menyaksikan atau yang mendengar dialog interaktif juga dapat memperoleh informasi yaitu dengan cara mendengarkannya dengan seksama suatu informasi, itulah definisi dialog interaktif.

pengertian dialog
pixabay.com

Cara Menyusun Dialog

Adapun cara atau langkah-langkah dalam menyusun dialog yang sederhana, diantaranya sebagaimana berikut ini:

  • Pertama-tama, menentukan tema tentang apa yang akan dibicarakan.
  • Lalu, menentukan tokoh yang ikut terlibat di dalam dialog tersebut.
  • Selanjutnya, menentukan posisi ataupun peran masing-masing tokoh tersebut.
  • Terus, membuat inti atau garis besar materi tentang pembicaraan.
  • Setelah itu, menyusun dialog berdasarkan garis besar dari pembicaraan.
  • Dan, memperlihatkan kaidah dari penulisan dialog dengan benar.

BACA: Pengertian Informasi dan Fungsinya

Syarat-Syarat Dialog

Supaya dialog mendatangkan hasil yang diinginkan, maka harus terpenuhi syarat-syarat dari dialog diantaranya seperti:

1. Memahami Tujuan dialog

Mengerti dengan benar makna, maksud, dan tujuan dari dialog dan juga harus memiliki kecakapan untuk melaksanakan dialog.

2. Memiliki Wawasan Tema

Memiliki pendidikan, pengetahuan, atau wawasan mengenai topik / tema yang akan dijadikan bahan dialog. Hal ini supaya pembahasannya tepat sesuai yang dibicarakan.

3. Tujuan Baik Berdialog

Memiliki kehendak yang baik untuk mencari kebenaran dalam dialog. Karena itu dalam mendengarkan dialog sebaiknya harus bersikap terbuka, tidak berprasangka buruk, dan tidak memihak.

4. Menyempaikan Gagasan Dengan Baik

Menciptakan suasana yang damai dan tenang, jauh dari emosi dan rasa paling hebat. Harus dapat menyampaikan gagasan dengan baik, jelas dan boleh juga dengan semangat, akan tetapi dengan nada yang enak dan bijak tidak dengan nada yang sedang emosi.

5. Pembahasan Yang Jujur

Dalam keseluruhan dialog harus bersikap jujur, tidak manipulatif, tulus, dan tidak mencarai-cari kelemahan dan kekurangan rekan dialog, dan juga harus percaya bahwa berbagai hal yang dibahas didalam dialog tidak dimanfaatkan di luar dialog untuk tujuan lain demi keuntungan diri sendiri atau kelompok tertentu.

Dialog dapat digunakan sebagai cara untuk langsung membahas suatu hal ataupun sebagai pendahuluan untuk pembahasan materi yang memang berat dan sulit. Adapun hal-hal yang dijadikan sebagai bahan untuk dialog diantaranya meliputi berbagai macam bidang kehidupan, seperti: sosial, moral, ekonomi, budaya, politik, etika, agama dan lain sebagainya.

BACA: Pengertian Komunikasi Verbal Dan Non Verbal

Contoh Dialog Interaktif

Tema dialog: Budidaya Tanaman Hias Adenium

Narasumbernya: Pakar tanaman hias adenium dari salah satu tabloid tanaman.

Narasumber: Berbagai hal yang perlu disiapkan untuk membudidayakan tanaman adenium yaitu menyiapkan bibit tanaman adenium, manyiapkan media yang sesuai dengan tanaman adenium, mempelajari sifat dari tanaman adenium dan memahami cara-cara merawat tanaman adenium.

Peserta: Saya seorang pemula dalam budi daya tanaman adenium, bagaimana caranya mempercepat percabangan pada tanaman adenium ?

Narasumber: Untuk dapat mempercepat percabangan pada tanaman adenium, biasanya dengan cara pemotongan batang/pruning. Supaya mendapatkan percabangan yang bagus, anda perlu memerhatikan mata tumbuh yang terdapat pada batang supaya cabang yang tumbuh tidak asal-asalan. Lalu untuk pembangunan akar lebih cepat jika kebutuhan sinar matahari dapat terpenuhi dengan cukup. Pada saat musim kemarau, anda dapat memberikan pupuk dengan pembungaan yang slow release misalnya seperti: dekastar dan anda juga terlalu banyak melakukan penyiraman pada tanaman andenium.

Jadi kesimpulan dialog tersebut: Untuk dapat membudidayakan tanaman adenium, dibutuhkan ketelatenan serta pengetahuan mengenai sifat-sifat dan cara merawat tanaman tersebut dengan baik dan benar.

Akhir kata, Demikian pembahasan mengenai definisi atau pengertian dialog, semoga dapat di pahami dan tentunya dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan kamu.

Bagikan Ke: