Pengertian Cagar Alam dan Contohnya: Fungsi serta Manfaatnya

Pengertian cagar alam dan contohnya dilengkapi juga dengan fungsi serta manfaatnya. Apa itu cagar alam? lalu apa contoh, fungsi dan manfaatnya untuk kehidupan makhluk hidup? Untuk penjelasannya secara lengkap dapat kamu baca di artikel ini.

Definisi Cagar Alam

Pengertian Cagar Alam adalah kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan akan tumbuhan dan ekosistem tertentu yang harus di lindungi atau dilestarikan, yang dimana perkembangannya berlangsung secara alami sesuai dengan kondisi aslinya.

Flora dan fauna yang terdapat di cagar alam dapat digunakan untuk keperluan di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Cagar alam memiliki nilai yang sangat penting untuk pengembangan penelitian, pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan kepentingan lainnya.

pengertian cagar alam
pixabay.com

Beberapa Contoh Cagar Alam

Beberapa contoh cagar alam yang ada di Indonesia misalnya seperti: Cagar alam arjuno lalijiwo, cagar alam bukit kelam sintang, cagar alam pulau kaget, cagar alam kepulauan karakatau, cagar alam kebun raya cibodas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karakteristik Cagar Alam

Setelah memahami Pengertian Cagar Alam, berikut ini karakteristik yang menjadi penentuan kawasan cagar alam diantaranya:

  • Mempunyai keanekaragaman jenis tumbuh-tumbuhan dan ekosistem.
  • Mewakili formasi dari biota tertentu dan unit penyusunnya.
  • Mempunyai kondisi alam yang alami dan belum terganggu oleh campur tangan manusia.
  • Mempunyai komunitas tumbuh-tumbuhan dan ekosistem yang langka ataupun keberadaannya hampir punah.
  • Mempunyai ciri khas potensi sehingga menjadi contoh bagi ekosistem yang akan keberadaannya membutuhkan upaya pelestarian dan perlindungan.
  • Luasnya yang cukup dalam bentuk tertentu, yang nantinya untuk mendukung pengelolaan dan menjamin kelangsungan ekologis secara alami.

BACA: Ekosistem Buatan dilengkapi Pengertian, Ciri, Contoh, dan Manfaat

Tujuan, Manfaat, dan Fungsi Cagar Alam

1. Tujuan Cagar Alam

Tujuan cagar alam yaitu untuk melindungi ekosistem yang terdapat di wilayah cagar alam agar tetap lestari dan tidak punah.

BACA: Pengertian dan Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis

2. Manfaat dan Fungsi Cagar Alam

Manfaat dan fungsi cagar alam diantaranya seperti:

a. Melestarikan flora dan fauna

Pembentukan cagar alam atau suaka alam salah satu tujuan yang paling utamanya yaitu untuk melestarikan jenis tumbuhan dan hewan terutama hewan yang terancam punah.

b. Menjaga kesuburan tanah

Cagar alam dapat menjada kesuburan lapisan tanah karena, karena tanah yang ditanami berbagai jenis tumbuhan dapat terjaga kesuburannya.

c. Dapat dijadikan sebagai tempat wisata

Selain bisa menjaga kelestarian alam, ternyata banyak cagar alam yang dijadikan sebagai tempat wisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah setempat.

d. Untuk mengatur tataan air

Manfaat Cagar alam selanjutnya dapat membantu melestarikan kandungan air tanah, selain itu cagar alam dapat menjaga kelestarian kandungan air terutama dalam tanah. Sering ditemukan sumber mata air tanah yang berlimpah dekat cagar alam.

e. Cagar alam dapat menambah devisa negara

Cagar alam yang dijadikan sebagai tempat rekreasi atau wisata dapat menarik perhatian wisatawan luar negri sehingga dapat menambah devisa negara.

f. Menjadi tempat  belajar atau praktek

Maksudnya menjadi tempat penelitian dalam uapaya melestarikan flora dan fauna.

Kesimpulan

Jadi dapat diambil kesimpulan pengertian cagar alam adalah suaka alam atau tempat yang di dalamnya terdapat flora dan fauna yang harus dilindungi dan dilestarikan supaya tidak punah yang keberlangsungannya harus secara alami.

Demikian pembahasan tentang definisi  cagar alam dan contohnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dipahami juga oleh pembaca, sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: