Pengertian Akuntansi Manajemen Dan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Berikut ini definisi atau pengertian akuntansi manajemen secara umum dan menurut para ahli dilengkapi juga dengan tujuannya yang dapat kamu baca lalu pahami di artikel kali ini.

A. Apa Pengertian Akutansi Manajemen?

Akuntansi manajemen adalah suatu sistem akuntansi yang berhubungan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer, atau untuk manajemen dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk memberikan dasar kepada manajemen dalam membuat atau mengambil keputusan bisnis yang dapat memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan juga melakukan fungsi kontrol.

Atau definisi akuntansi manajemen yang lainnya adalah bagian dari pengertian akuntansi yang memiliki tujuan untuk membantu manajer dalam menjalankan 3 (tiga) fungsi pokoknya diantaranya fungsi perencanaan, fungsi pengendalian dan fungsi pengambilan keputusan. Kehadiran sistem informasi manajemen didalam perusahaan merupakan suatu sistem yang dapat memberikan informasi kepada manajer untuk membantu pihak-pihak internal dalam mencapai tujuan atau target organisasinya.

pengertian akuntansi manajemen
sumber: pixabay.com

Sistem informasi akuntansi manajemen merupakan suatu sistem informasi yang dapat menghasilkan output dengan menggunakan input dengan cara memprosesnya, yang hasilnya berguna untuk mencapai tujuan atau target khusus dari manajemen. Inti dari sistem informasi akuntansi manajemen yaitu proses, yang bisa membuat input (masukan) menjadi output (keluaran). Adapun prosesnya diantaranya meliputi: pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, penganalisisan, pelaporan dan juga pengelolaan informasi. Keluarannya dapat berupa suatu laporan khusus, biaya produk, anggaran, biaya pelanggan, laporan hasil kinerja dan komunikasi personal. (Baca Juga: Pengertian Akuntansi Keuangan dan Fungsinya)

B. Pengertian atau Definisi Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Adapun pengertian akuntansi menejemen munurut beberapa ahli, diantaranya seperti dibawah ini:

  • Menurut Henry Simamora (1999:12) – Proses pengidentifikasian, pengukuran, penghimpunan, penganalisisan, penyusunan, penafsiran & penyampaian informasi yang membantu para manajer dalam mencapai tujuan – tujuan organisasi.
  • Dan menurut, Charles T. Homgren (1993) – Akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, & komunikasi tentang informasi yang membantu masing – masing eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

C. Tujuan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen

3 (tiga) tujuan utama dari sistem informasi akuntansi manajemen yang diantaranya meliputi:

  • Yang pertama, untuk menyediakan informasi yang dapat berguna dalam penghitungan biaya jasa, biaya produk dan tujuan lainnya yang diperlukan manajemen.
  • Yang kedua, untuk menyediakan informasi yang dapat berguna dalam perencanaan, pengendalian maupun pengevaluasian.
  • Dan yang ketiga, untuk menyediakan informasi yang dapat berguna untuk pengambilan suatu keputusan bisnis.

Tujuan diatas menunjukkan bahwa semua manajer sangat mememerlukan informasi akuntansi manajemen, sebab informasinya dapat membantu dalam mengidentifikasi, menyelesaikan berbagai masalah dan untuk melakukan evaluasi.

Dapat diambil kesimpulan yang dimaksud dengan akuntansi manajemen yaitu sistem akuntansi yang berkaitan dengan penggunaan informasi akuntansi dengan tuuan untuk beberikan informasi pada menejemen dalam mengambil keputusan.

Demikian atikel mengenai pengertian akuntansi manajemen dan menurut para ahli, semoga artikel yang lumayan singkat ini dapat memberikan ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat…

Hanya seorang yang suka menulis dan membagikan ilmu pendidikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Moto Hidup saya Hemat, Simple, dan Sederhana.