Pengertian Prinsip Ekonomi Dan Contohnya Dalam Kehidupan

Pembahasan pengertian prinsip ekonomi, contoh, ciri-ciri, jenis-jenis, dan akibat yang ditimbulkan – Jika kita amati kebutuhan manusia seperti tidak memiliki batas, karena kebutuhannya begitu banyak dan biaya atau pengorbanan untuk membeli kebutuhan tersebut terbatas maka terjadilah sesuatu yang disebut dengan prinsip ekonomi, apakah itu prinsip ekonomi? Berikut ini penjelasannya.

A. Apa Pengertian Prinsip Ekonomi ?

Prinsip ekonomi adalah usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan yang sekecil mungkin. Atau definisi prinsip ekonomi yang lainnya yaitu suatu usaha atau tindakan dalam mendapatkan kepuasan kebutuhan tertentu dengan pengorbanan yang seminim mungkin, prinsip ekonomi mengarahkan kepada tindakan supaya dapat mencapai keektifan serta keefesienan yang tinggi.

B. Contoh Prinsip Ekonomi

Misalnya jika kita hendak membeli suatu barang pasti kita akan membandingkan harga barang tersebut dari toko yang satu dengan toko yang lainnya. Selanjutnya mencari barang yang harganya diskon atau ada potongan harga, dan belajar hidup hemat. Itulah beberapa contoh penerapan prinsip ekonomi.

pengertian prinsip ekonomi
Sumber: Pixabay.com

C. Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

  • Selalu hemat.
  • Selalu mentukan kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu atau kebutuhan yang mendesak dan di urutkan sampai dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting.
  • Bertindak dengan rasional dan ekonomis, menentukan kebutuhan melalui perencanaan yang sudah matang.
  • Bertindak dengan prinsip “pengeluaran biaya diikuti dengan hasil yang di dapatkan.

Baca Juga: Pengertian Motif Ekonomi dan Macamnya

D. 3 Jenis Prinsip Ekonomi

Adapun jenis-jenis dari prinsip ekonomi, diantaranya ada 3 macam berikut ini penjelasannya:

1. Prinsip produsen.

Yaitu prinsip ekonomi yang menentukan bahan baku, alat produksi maupun biaya produksi dari bahan baku menjadi bahan jadi, yang tentunya akan ditekan serendah mungkin dengan dapat menghasilkan produk atau barang yang berkualitas bagus.

2. Prinsip penjual atau pedagang.

Yaitu prinsip ekonomi yang melakukan berbagai macam usaha untuk dapat memenuhi selera dari kosumen, tentunya dengan promosi atau dengan berbagai macam iklan, reward hadiah, dan lain sebagainya untuk meraup banyak keuntungan dari kegiatan tersebut.

3. Prinsip pembeli

Yaitu prinsip ekonomi bagaimana cara mendapatkan produk atau barang maupun jasa yang bermutu dan memiliki kualitas yang baik dengan harga serendah mungkin atau dengan mengeluarkan jumlah uang yang sedikit.

Baca Juga: Pengertian Kegiatan Ekonomi

E. 2 Akibat Yang Di Timbulkan Prinsip Ekonomi

Yang dapat ditimbulkan karena prinsip ekonomi, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Bertindak ekonomis

Bertindak secara ekonomis merupakan tindakan seseorang atau manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, dengan tindakan yang rasional yaitu setiap tindakan melalui pemikiran atau dipikirkan secara matang terlebih dahulu dan selalu berpegang pada prinsip ekonomi. Seseorang dikatakan bertindak secara ekonomis jika berhasil mendapat keseimbangan antara hasil dan pengorbanan yaitu kebutuhannya dapat terpenuhi sebaik mungkin dan pengorbanan atau biaya yang dikeluarkannya sekecil mungkin.

2. Berpikir ekonomis

Maksud dari berpikir ekonomis bukan hanya bagaimana cara memakai sumber yang telah ada (dari alam), misalnya seperti: menggunakan hasil yang di dapatkan dari alam lalu di habiskan begitu saja di konsumsi untuk memenuhi keperluan sehari-hari, akan tetapi bagaimana cara melakukan nilai hasil dari apa yang didapat dari alam supaya memiliki nilai guna yang lebih baik lagi, untuk mengimbangi keperluan atau kebutuhan yang akan semakin kesini semakin meningkat. Dan seseorang dapat di katakana ekonomis jika orang tersebut telah melakukan tindaka produksi.

Mungkin itulah artikel tentang pengertian prinsip ekonomi dan contohnya, semoga artikel ini dapat berguna dalam menambah pengetahuan kamu, jika ada kesalahan dalam pembahasan ini mohon maaf…

Bagikan Ke: