Pengertian Piramida Makanan Dan Contohnya

Pengertian piramida makanan dan contohnya – Piramida makanan adalah sebuah piramida yang menggambarkan suatu perbandingan komposisi antara jumlah biomassa dan jumlah energi dari produsen sampai dengan konsumen puncak (konsumen tingkat akhir) di dalam suatu ekosistem.

Komposisi biomassa yang terbesar terdapat pada penghasil (produsen) yang menempati dasar dari piramida makanan. Demikian juga jumlah energi yang terbesar terdapat pada dasar dari piramida. Komposisi biomassa dan energi ini semakin ke atas akan semakin kecil sebab selama proses perpindahan energi terjadi penyusutan jumlah energi pada setiap tingkat trofik.

Di dalam sebuah ekosistem yang seimbang tentunya jumlah produsen jika dibandingkan dengan jumlah konsumen, jumlah produsen relatif lebih banyak daripada jumlah konsumen tingkat ke 1, jumlah konsumen tingkat ke 2, lebih banyak daripada konsumen tingkat ke 3, dan seterusnya.

Hal tersebut disebabkan karena hilangnya energi pada setiap tingkatan makanan. Jika pada rantai makanan digambarkan dari produsen sampai dengan konsumen tingkat tertinggi atau puncak, maka terbentuklah suatu piramida makanan.

A. Contoh piramida makanan

Berikut di bagian bawah ini adalah salah satu contoh dari piramda makanan:

pengertian piramida makanan

Apa itu piramida makanan?

Penjelasnnya:

  1. Phytoplankton, yaitu sebagai produsen karena di perairan plankton ini dapat berfotosintesis dan menghasilkan cadangan makanan.
  2. Ikan, sebagai konsumen tingkat 1 diperairan ikan akan memakan phytoplankton sebagai makanannya.
  3. Anjing laut, sebagai konsumen tingkat 2 di perairan, anjing laut ini akan memakan ikan sebagai makanannya.
  4. Paus pembunuh, sebagai konsumen tingkat 3 atau tingkat akhir, salah satu makannya adalah anjing laut. Jadi paus jenis ini dapat digolongkan sebagai konsumen tingkat akhir.
Di dalam suatu ekosistem seringkali ada 2 konsumen bahkan lebih yang menempati puncak piramida makanan (konsumen tingkat akhir), sehingga ada juga piramida makanan dengan satu puncak dan dua puncak, tapi pada umumnya adalah satu puncak. Piramida makanan yang memiliki satu puncak berarti hanya terdapat satu jenis karnivora saja (konsumen tingkat akhir). Sedangkan piramida makanan dengan dua puncak berarti di puncak piramida makananya ditempati oleh dua jenis karnivora tetapi keduanya tidak saling makan-memakan.

Itulah artikel mengenai definisi atau pengertian piramida makanan dan contohnya, semoga bermanfaat dan dapat kamu pahami atau dimengerti. . .

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Piramida Makanan Dan Contohnya"

Pengertian Apresiasi Seni, Tahapan, Fungsi, dan Manfaatnya Secara Umum
Pengertian apresiasi seni, tahapan, fungsi, dan manfaatnya
Pengertian Seni Patung: Fungsi, Jenis, Bentuk, Contoh, dan Teknik Membuatnya
Inilah pengertian seni patung dilengkapi dengan fungsi,
Pengertian Ilustrasi: Fungsi, Jenis, dan Contohnya Secara Umum
Memahami pengertian ilustrasi dilengkapi fungsi, jenis, dan Contohnya