Pengertian Pasar Tradisional Dan Ciri-Cirinya

Pengertian pasar tradisional dan ciri-cirinya – Apa itu yang dimaksud dengan pasar tradisional? bagaimana ciri-cirinya? Yang namanya pasar mungkin sudah tidak asing lagi di benak kita, karena setiap kita hendak membeli bahan – bahan untuk memasak, kebutuhan dapur ataupun kebutuhan keluarga pasti kita membelinya ke pasar. Pasar itu ada dua jenis diantaranya pasar tradisional dan pasar modern. Pada artikel atau tulisan ini saya akan membahas seputar pasar tradisional, jadi bagi yang belum mengetahui apa itu pasar tradisional harap baca dan simak baik-baik di bawah ini.

A. Apa itu pasar tradisional?

Pasar tradisional adalah pasar yang pelaksanaannya bersifat tradisional tempat bertemunya penjual pembeli, terjadinya kesepakatan harga dan terjadinya transaksi setelah melalui proses tawar-menawar harga. Biasanya pasar tradisional umumnya menyediakan berbagai macam bahan pokok keperluan rumah tangga, dan pasar ini biasanya berlokasi di tempat yang terbuka.

Bangunan di pasar ini berbentuk toko dan kios. Toko semi permanen umumnya digunakan untuk berjualan aneka kue, pakaian, dan barang atau perabotan lainnya. Adapun los-nya yang digunakan untuk berjualan buah-buahan, sayuran, ikan, daging dan sebagainya. Penerangan di pasar tradisional secukupnya, dan tidak ber-AC. Kebersihan juga kadang kurang terjaga, seperti sampah banyak berserakan dan bertumpukan sehingga sering menimbulkan bau. Akibatnya jika turun hujan, akan becek dan kotor. Tapi semakin kesini kebersihan di pasar tradisional mulai di tingkatkan, bahkan sekarang ada pasar tradisional yang rapi dan bersih sehingga nyaman untuk dikunjungi. Baca juga tentang: Pengertian pasar modern dan ciri-cirinya terlengkap.

pengertian pasar tradisional

Apa yang dimaksud dengan asar tradisional?

B. Ciri-ciri pasar tradisional

Berikut ini ciri dari pasar tradisional:

  • Proses jual beli barang dll. melalui proses tawar menawar harga.
  • Barang yang dijual umumnya keperluan memasak,dapur dan rumah tangga.
  • Harga barang yang di perjualbelikan relatif murah dan terjangkau.
  • Area pasar tradisional biasanya di tempat yang terbuka.

C. Lalu inilah syarat-syarat pasar

Berikut ini syarat dari pasar atau terbentuknya pasar, dapat kamu baca di bawah ini;

  • Adanya penjual dan pembeli.
  • Adanya barang yang di jual-belikan.
  • Terjadinya kesepakatan harga dan transaksi.

Itulah artikel yang membahas tentang pengertian pasar tradisional, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat…

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Pengertian Pasar Tradisional Dan Ciri-Cirinya"

Siklus Hidrologi dilengkapi: Pengertian, Komponen, Macam-macam, dan Gambarnya
Inilah pengertian siklus hidrologi (siklus air) yang