Inilah Pengertian Jajanan Pasar Dan Beberapa Contohnya

Pengertian jajanan pasar dan contohnya – Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, adat istiadat, bahasa daerah, dan kuliner atau makananya. Dari pulau sabang sampai dengan pulau merauke setiap daerah memiliki kuliner makanannya masing-masing, maka tak heran jika jajanan pasar di Indonesia sangatlah banyak dan beragam jenisnya. Bagi kamu yang ingin tau arti dari jajanan pasar dan contohnya, kamu dapat membacanya di bawah ini.

A. Inilah pengertian atau definisi jajanan pasar

Jajanan pasar adalah makanan tradisional Indonesia yang di perjual-belikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Atau definisi lain dari jajanan pasar adalah nama lain dari berbagai macam kue yang pada awalnya di perjual-belikan di pasar-pasar tradisional.

Sampai saat ini jajanan pasar masih diminati oleh masyarakat meskipun telah banyak makanan luar negeri yang sudah masuk di pasaran, tapi jajanan pasar masih banyak diminati karena jajanan pasar bukan cuma harganya yang terjangkau saja tapi rasanya juga enak dan jenisnya yang beragam serta mudah sekali untuk didapatkan, jadi sampai sekarang jajanan pasar masih tetap eksis. Baca juga artikel: Pengertian pasar tradisional dan ciri-cirinya.

pengertian jajanan pasar

Kue surabi, salah satu jenis jajanan pasar.

B. Beberapa contoh jajanan pasar

Berikut ini contoh jajanan pasar yang sering kita temui:

Kelepon, yaitu jajanan pasar yang berbahan dasar dari tepung ketan, bentuknya bulat, dan isinya gula merah, lalu diatasnya suka ditaburi kelapa yang di parut.

Kue putu, kue puti memiliki banyak persamaan denga kelepon tapi kue ini sangat lembut karena berbahan dasar tepung beras saja dan terdapat gula di dalamnya. dan sering disajikan dengan ditaburi parut kelapa di atasnya, dan aromanya harum daun pandan.

Lalu ada juga getuk, yaitu berbahan dasar dari singkong yang dihaluskan umumnya dengan cara di tumbuk. Makanan ini memiliki rasa yang manis, getuk ada 2 (dua) jenis diantaranya yang berwarna coklat karena dicampur dengan gula jawa,dan yang berwarna putih ke kuning-kuningan yang dicampur menggunakan gula pasir.

Terus jajanan pasar yang tak kalah enak yaitu Lemper, adalah suatu makanan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan dan biasanya di dalamnya di isi dengan abon sapi, ataupun dengan daging baik itu daging ayam, daging sapi maupun daging ikan yang sebelumnya telah diolah atau dimasak, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih dan enak, karena beras ketannya yang dimasak mencampur dengan santan kelapa.

Sebenarnya masih banyak jajanan pasar yang enak-enak rasanya diantaranya seperti: surabi, pisang molen, putu ayu, kue lapis, cenil dan lain sebagainya.

Itulah artikel tentang pengertian jajanan pasar, dan semoga artikel ini biasa bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya…

Tags: Pengertian Umum

Related Post "Inilah Pengertian Jajanan Pasar Dan Beberapa Contohnya"

Pengertian Planet, Namanya, Urutannya, Dan Jenisnya Di Tata Surya
Langsung saja jika kamu ingin memahami tentang
Pengertian Matahari, Manfaat, Karakteristik, Dan Bagiannya Terlengkap
Inilah pengertian matahari dan manfaatnya beserta bagian-bagiannya.
Pengertian Tata Surya, Anggotanya, dan Susunannya Paling Lengkap
Berikut ini pengertian tata surya dan anggotanya,
Pengertian Pertumbuhan Secara Umum Dan Contohnya
Mari kita pahami pengertian pertumbuhan secara umum