Pengertian Satelit Dan Contohnya Dilengkapi Fungsinya

Pengertian satelit dan contohnya dilengkapi fungsinyadapat kamu baca dan pahami di artikel ini – Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Terdapat 2 (dua) jenis satelit yaitu satelit alam dan satelit buatan.

Atau definisi satelit yang lainnya yaitu suatu benda di ruang angkasa yang mengitari benda lain dan tetap berada dalam gaya tarik benda lain yang ukurannya lebih besar. Satelit debedakan menjadi dua macam yaitu satelit alami dan buatan.

A. 2 Jenis-Jenis Satelit

1. Pengertian Satelit Alami

Satelit alami adalah benda-benda di luar angkasa yang bukan buatan manusia yang mengorbit suatu planet atau benda lain yang berukuran lebih besar daripada dirinya, contohnya seperti Bulan. Bulan adalah satelit alami planet bumi. Sebenarnya terminologi ini berlaku juga bagi bagi planet-planet yang mengelilingi sebuah bintang, ataupun sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, Akan tetapi jarang sekali digunakan. Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami untuk matahari.

2. Pengertian Satelit Buatan

Sedangkan satelit buatan adalah benda-benda buatan manusia yang beredar di ruang angkasa yang mengelilingi benda lain. Seperti misalnya satelit palapa yang mengelilingi bumi. Berikut di bawah ini beberapa contoh satelit buatan, diantaranya yaitu:

pengertian satelit
sumber: pixabay.com

a). Satelit Komunikais

Satelit komunikasi adalah suatu satelit buatan manusia yang dipasang di ruang angkasa, bertujuan untuk telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Umumnya satelit ini menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner, meskipun beberapa tipe yang terbaru menggunakan satelit pengorbit bumi rendah.

b). Satelit Astronimi

Satelit astronimi adalah suatu jenis satelit buatan yang digunakan untuk mengamati galaksi, planet, dan benda luar angkasa yang lainnya.

c). Satelit Pengamat Bumi

Satelit pengamat Bumi adalah jenis satelit buatan yang dirancang khusus untuk mengamati bumi dari orbit, misalnya seperti satelit reconnaissance tetapi ditujukan untuk penggunaan non-militer seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, pembuatan peta, dan yang lainnya.

d). Satelit Mata-Mata

Satelit mata-mata adalah jenis satelit buatan pengamat bumi atau satelit komunikasi yang digunakan untuk tujuan militer atau untuk mata-mata.

e). Satelit Pemantau Cuaca

Satelit cuaca adalah jenis satelit buatan yang diguanakan untuk mengamati cuaca dan iklim di bumi. (Baca Juga: Pengertian Cuaca Dan Unsurnya)

f). Satelit Tenaga Surya

Satelit tenaga surya adalah jenis satelit buatan yang diusulkan dibuat di orbit bumi tinggi yang memakai transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya kepada antena sangat besar di bumi yang dapat dipakai untuk menggantikan sumber tenaga konvensional. (Baca Juga: Pengertian Matahari)

g). Satelit Navigasi

Satelit navigasi adalah jenis satelit yang menggunakan sinyal radio disalurkan ke penerima di permukaan tanah, yang bertujuan untuk menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan bumi.

B. Beberapa Fungsi Satelit

  • Sebagai transmisi sinyal jarak jauh. Seperti contohnya pada sistem jaringan WAN (World Area Network), yang dimana sinyal internet secara global.
  • Sepagai repeater di langit. Yaitu sebagai penguat sinyal, Seperti misalnya jarak sinyal yang akan dikirimkan sangat jauh, maka diperlukan yang namnya repeater atau pembantu sinyal istilah lainnya adalah penambah daya sinyal ataupengeuat sinyal.
  • Untuk mengkaji benda-benda yang ada dilangit. Maksudnya yaitu fungsi satelit sebagai alat yang digunakan untuk meneliti benda yang terdapat di alam ini, baik itu benda yang ada dibumi maupun diluar angkasa.
  • Untuk melihat keadaan cuaca dan iklim. Biasanya digunakan pada BMKG yaitu untuk memantau keadaan alamat seperti angin, air laut, tanah, gunung merapi, gempa bumi dan yang lainnya, yang dapat dipantau melalui satelit.
  • Dan masih banyak lagi fungsi satelit yang lainnya.

Akhir kata, Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian satelit, dan semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu…

Bagikan Ke: