Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya

Seputar tentang pengertian analisis SWOT dilengkapi penjelasan setiap skomponennya, dan manfaat atau fungsinya secara umum. Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.

Jelaskan yang dimaksud Analisi SWOT!

Pengertian analisis SWOT adalah suatu jenis analisa mengenai situasi maupun kondisi yang sifarnya deskriptif (gambaran situasi). Dengan melakukan analisa ini seorang penusaha atau pembisnis bisa mendapatkan situasi atau masukkan yang dapat memebrikan kotribusi untuk perkembangan bisnisnya.

Jadi analisis SWOT memberikan suatu analisa yang memberikan gambaran situai yang dihadapi terutama dalam mengembangkan bisnis jadi bukan selalu analisa yang mampu memberikan solusi mengenai permasalahan yang seedang dihadapi. SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (hambatan).

pengertian analisis swot adalah
pixabay.com

Penjelasan Komponen Analisis SWOT

1. Strenght (S)

Analisa yang menggambarkan kekuatan maupun kondisi yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. Pada analisis ini perusahaan maupun organisasi perlu melakukan penilaian mengenai kekuatan yang dimiliki dengan para kompetitornya. Misalkan perusahaan kita memiliki keunggulan dlam fasilitas teknologi yang digunakan maka kekuatan tersebut dapat di manfaatkan untuk mengisisi pasar yang memerlukan teknologi dengan kualitas produk yang lebih baik.

2. Weaknesses (W)

Merupakan analisa kelemahan yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan lalu bandungkan dengan para pesaingnya. Analisis ini dapat memberikan gambaran mengeai kelemahan pada perusahaan misal kelemahan pada sektor pemasaran, lau bandingkan dengan sektor pemasaran pesaing. Dengan mengetahui kelemahan perusahaan maka dapat dilakukan evaluasi untuk memperbaikinya.

3. Opportunity (O)

Didalam analisa SWOT adalah opportunity yang artinya adalah peluang, merupakan cara untuk mencari peluang sehingga organisasi maupun perusahaan dapat berkembag dalam bisnis maupun di masa depan. Dengan menganaliisa peluang maka dapat memunculkan terobosan yang berpotensi menguntungkan bagi perkembangan bisnis di masa sekarang atau masa yang akan datang.

4. Threats (T)

Analisa mengenai ancaman atau gangguan yang akan atau harus dihadapi oleh perusahaan . Tnrtunya gangguan tersebut akan dirasa tidak menguntungkan karena akan berpengaruh pada perkembangan bisnis seperti menyebabkan kemunduran bahkan kegagalan bisnis. Oleh sebab itu analisis sSWOT dapat memberikan gambaran mengenai ancaman atau hambatan yang akan di hadapi baik di masa sekarang matau masa yang akan datang.

Analisis SWOT adalah metode analisis yang paling mendasar dalam analisis terutama untuk perkembangan bisnis, karena analisa ini akan memberikan empat gambaran dari permasalahan yang akan di hadapi. Hasil analisanya dapat berupa arahan untuk membentuk hingga mempertahankan kekuatan serta kauntungan dari peluang yang di dapatkan, seperti mengurangi kelemahan hingga menghindari hambatan.

Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Manfaat Analisis SWOT

1. Memberikan gambaran masalah internal

Analisa swot dapat memberikan gambaran mengeai masalah internal yang dihadapi pada suatu organisasi atau perusahaan sehingga dapat segera di carikan solusinya.

2. Mengurangi dan menghindari kerugian

Manfaat analisis SWOT dapat memberikan gambaran mengenai kelemahan atau kekurangan suatu perusahaan oleh sebab itu meka kerugian dapat di kurangi bahkan di hindari, dengan begitu perusahaan bisa menyusun strategi yang tepat untuk membantu mengembangkan bisnisnya.

3. Membuat trobosan baru

Banyak pesaing baru bermunculan dengan inovasinya, maka diperlukan analisis atau riset pasar untuk mengetahui tren yang sedang berkembang, sehinggga perusahaan dapat memunculkan terobosan atau inovasi baru seupaya tetap bersaing di pasaran.

4. Memberikan Analisa Keuangan Perusahaan

Keuangan perusahaan menjadi salahsatu sektor yang sangat penting karena dapat menggambarkan kondisi perusahaan. Kondisi keuangan perusahaan yang sehat dapat berpengaruh pada kediatan bisnis perusahaan. Secara tidak langsung analisis SWOT dapat mmemberikan gambaran hingga pengaruh pada keuangan perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Peluang Usaha Secara Umum

Dari pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bawah analisis SWOT dapat bermenfaat untuk melakukan analisis mengenai strategi bisnis hingga memberikan gambaran keadaan perusahaan. Dengan begitu kelemahan perusahaan dapat di tangani dan meminimalisir kerugian akibat bisnis.

Akhir kata, itulah di atas mengenai pengertian analisis SWOT dan manfaatnya, terimakasih telah membaca dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan.

Bagikan Ke: