Pengertian Brainware dan Contohnya Lengkap

Berikut ini pembahasan tentang pengertian brainware, contoh, dan pentingnya brainware pada sistem komputer. Komputer tersusun dari beberapa perangkat seperti perangkat keras yang disebut hardware, pernagkat lunak yang disebut software dan pernagkat brainware yang bisa dikatakan sebagai pemikir atau penggunanya. Untuk memahami tentang brainware mari kita bahas bersama-sama di artikel ini.

Jelaskan Pengertian Brainware!

Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Bebeapa contoh brainware yaitu programmer, admin, netter, dan sebaginya yang menggunakan perangkat kompter. Bisa juga definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian dan mengatur sistem dalam perangkat komputer.

Brainware dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan sekaligus mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, banyak juga yang beranggapan orang mengoprasikan komputer disebut dengan user.

pengertian brainware adalah
pxhere.com

3 Contoh Brainware

1. Programer

Progaramer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

2. Administrator

Administrator Adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.

3. Operator

Operator yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.

BACA: Pengertian Hardware dan Contohnya

Pentingnya Brainware Pada Sistem Komputer

Sesuai Pengertian Brainware, bagian ini termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah sistem komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekerja tanpa adanya brainware. Jadi 3 (tiga) komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.

BACA: Pengertian Sistem Komputer

Konsep antara perangkat keras/hardware – perangkat lunak/softwareBrainware, merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam perangkat komputer. Lalu setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaannya.

Akhir kata…, Itulah diatas artikel yang singkat mengenai definisi braiwere dan contohnya, semoga postingan kali ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan kamu, cukup sekian dan terimakasih.

Bagikan Ke: