Pengertian WLAN Atau Wireless LAN

Posted on

Berikut definisi atau pengertian WLAN atau sering disebut juga Wireless LAN lengkap, yang dapat kamu baca lalu pahami di artikel kali ini.

A. Apa pengertian WLAN?

WLAN adalah singkatan dari Wireless Local Area Network yaitu suatu jenis jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai alat atau media transmisi data. Informasi atau data ditransfer dari satu komputer ke komputer yang lainnya menggunakan gelombang radio. WLAN juga sering disebut dengan Jaringan Nirkabel atau jaringan wireless.

B. 4 Komponen WLAN

Komponen-komponen WLAN, pada umumnya seperti:

1. Mobile atau Desktop PC

Perangkat akses untuk user, mobile PC biasanya sudah terpasang pada port PCMCIA. Tetapi untuk Desktop PC umumnya harus ditambahkan wireless adapter melalui PCI card ataupun USB.

pengertian wlan
sumber: pixabay.com

2. Access Point

Perangkat yang menjadi sentral koneksi dari user ke ISP, Access-Point memiliki fungsi untuk mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui media kabel, ataupun disalurkan ke perangkat WLAN yang lainnya dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.

3. WLAN Interface

Peralatan yang dipasangkan di Mobile atau desktop PC (Personal Computer), peralatan yang dikembangkan secara massal yaitu dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card, PCI card maupun melalui port USB.

4. Antena

Antena external (optional) yang dipakai untuk memperkuat daya pancar. Antena tersebut dapat dirakit sendiri oleh pengguna/user.

C. 5 Kelebihan WLAN

1. Mobilitas Tinggi

Memungkinkan pemakainya untuk mengakses informasi dimana pun dia berada tentunya dalam jangkauan WLAN, tak terpaku pada satu tempat saja. Mobilitas yang tinggi tentunya bisa meningkatkan kualitas layanan dan kualitas produktivitas.

2. Mudah dan kecepatan instalasi

Instalasi WLAN tergolong mudah dan juga cepat, sebab dapat dilakukan tanpa harus memasangkan kabel di atap/dinding.

3. Sangat Fleksibel

Memungkinkan untuk membuat jaringan komputer dimana kabel tidak memungkinkan untuk digunakan.

4. Menurunkan biaya kepemilikan

Meskipun biaya investasi awal untuk perangkat keras WLAN lebih mahal daripada LAN, tapi biaya instalasi dan perawatan jaringan WLAN lebih murah, sehingga secara total dapat menurunkan besar biaya kepemilikan.

4. Scalable

Dapat menggunakan berbagai macam topologi jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Pengertian Wireless dan Cara Kerjanya.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer.

D. 5 Kekurangan WLAN

  • Kerahasian dan keamanan data kurang terjamin.
  • Biaya peralatannya rata-rata mahal.
  • Delay (penundaan) yang besar.
  • Adanya masalah propagasi radio misalnya seperti: terhalang, terpantul & banyak sumber interferensi.
  • Kapasitas dari jaringan menghadapi keterbatasan spektrum (pita frekuensi tak dapat diperlebar akan tetapi dapat dimanfaatkan secara efisien).

Itulah artikel pembahasan mengenai definisi atau pengertian WLAN, dan semoga dapat dipahami oleh kamu yang telah membacanya…