Pengertian Wireless dan Cara Kerjanya Lebih Lengkap

Berikut ini pengertian wireless, dilengkapi dengan kelebihan, kekurangan, dan cara kerjanya sebagai teknologi jaringan. Istilah wireless sering ditemukan di jaman serba cepat ini, istilah ini selalu berkaitan dengan cara menghubungkan perangkat komputer maupun gadget tanpa menggunakan kabel.

Apa Pengertian Wireless?

Wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya dapat dilihat dapat dilihat dengan semakin banyaknya yang menggunakan telepon sellular, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang dipakai untuk mengakses internet.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Wireless?

1. Kelebihan Wireless

  • Pembagunan jaringan yang cepat.
  • Mudah dan murah untuk direlokasi.
  • Biaya pemeliharaannya murah.
  • Infrastruktur berdimensi kecil.
  • Mudah untuk dikembangkan.
  • Sumber-sumber file bisa pindahkan dengan mudah tanpa menggunakan media kabel.
  • Mudah sekali untuk di-setup, dan juga handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor maupun di rumah.
pengertian wireless
pixabay.com

2. Kekurangan wireless

  • Keamanan atau kerahasiaan data data rentan.
  • Interferensi gelombang radio.
  • Delay (kelambatan) yang besar.
  • Biaya peralatan rata-rata mahal.
  • Produk dari produsen yang berbeda-beda kadang tidak kompatibel/cocok.
  • Mahal dalam investasinya, kalau dibanding dengan menggunakan media kabel.
  • Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, jika dibandingkan dengan menggunakan media kabel.
  • Kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh keadaan udara maupun cuaca, artinya kualitas dari koneksinya saat cuaca bagus akan berbeda, saat kualitas koneksi cuaca buruk (kalau dipakai diluar gedung/ruangan) dan dipengaruhi juga oleh batas-batas dinding gedung atau ruangan.

BACA: Pengertian Gadget adalah: Contoh, Fungsi, dan Dampaknya

Perinsip Kerja Wireless

Cara kerja wireless ini disebabkan karena komputer mempunyaii built transreceiver seperti wakly-talky. Transreceiver yang disebut dengan adapter wireless. Adaptor wireless melakukan sejumlah pekerjaan. Yang pertama, mendeteksi apakah terdapat jaringan wireless disekitar komputer melalui radio dan  juga tuning menghubungkan penerima untuk mendeteksi setiap ada sinyal yang masuk. Setelah ada sinyal terdeteksi, untuk menghubungkannya yaitu melalui sign dan otentikasi pengguna. Apapun data yang dikirimkan dari komputer atau melalui laptop/notebook diubah melalui adaptor wireless, dari bentuk digital (0s & 1s) menjadi sinyal radio (bentuk analog).

Konversi sinyal data digital kebentuk analog disebut dengan “modulasi”. Sinyal data digital ditumpangkan ke gelombang radio analog. Beberapa prinsip kerja wireless yang berbeda untuk melakukan hal ini, sehingga bagian data digital akan lebih banyak dapat dibawa oleh gelombang radio analog. Teknik yang dipakai untuk modulasi menentukan kecepatan dari transfer data jaringan wireless. Lalu sinyal radio yang disalurkan biasanya mempunyai frekuensi lebih dari 2,4 GHz diterima oleh sebuah router wireless ataupun sebuah wireless adapter.

Sebuah router witeless yaitu suatu stasiun penerima dari jaringan wireless. Hal tersebut direkonversi dari sinyal data radio ke dalam bentuk sinyal digital, oleh sinyal “demodulating” dan mengirimkannya melalui koneksi kabel Ethernet ke jalur super informasi yang disebut dengan internet.

BACA: Pengertian Hotspot dan Fungsinya

Cara kerja dari wireless selanjutnya adalah proses sebaliknya saat menerima informasi pada komputer melalui jaringan wireless. Kali ini router menerima data digtal dari internet dan juga memodulasi kedalam bentuk analog. Lalu kemudian antena adapter wireless menerima sinyal analog dimodulasi dan demodulates kembali kedalam bentuk digital lalu ditransfer kedalam komputer.

Sebuah teknologi yang membuat semua ini terjadi karena adanya jaringan wireless, link yang penting dalam jaringan wireless adalah router dan adapter wireless/Wi-Fi. Pada saat ini, kebanyakan laptop maupun komputer sudah dilengkapi dengan hardware dan juga software wireless/WiFi. Jaringan Hotspot wireless daerah di sekitar router wireless yang mempunyai kekuatan sinyal yang tinggi. Tentu saja cara kerja wireless melakukan transfer data yang lebih cepat di jaringan wireless ini.

Akhir kata, Itulah artikel mengenai pengertian wireless dan cara kerjanya, semoga penjelasan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kamu.

Bagikan Ke: